7 Tips dan Trik Telegram yang Harus Kalian Coba

Tips dan trik pada telegram – Aplikasi chatting yang satu ini memang tidak sepopuler aplikasi whatsapp. Namun asal kalian tahu, bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi pesaing yang sengit bagi whatsapp. Banyak fitur yang bisa kalian manfaatkan dan kalian gunakan pada aplikasi yang satu ini.

7 Tip dan Trik Telegram yang Harus Kalian Coba

Dimana aplikasi ini dilengkapi fitur berguna yang akan membantu ketika kalian menggunakan aplikasi ini dengan maksimal. Nah, dengan mendapatkan keuntungan dari opsi tersebut kalian akan bisa menyesuaikan dengan keinginan dan juga membantu menjaga privasi kalian. Dan berikut ini ada 7 tips dan trik yang perlu kalian coba pada aplikasi telegram.

7 Tips & Trik Telegram yang Harus Kalian Coba

1. Mengubah tema telegram atau mencustomnya sendiri

tips pada telegram

Membuka aplikasi perpesanan khususnya telegram biasanya kita lakukan hampir tiap waktu. Jika demikian maka melihat tampilan warna yang itu-itu saja biasanya akan membuat kita cenderung bosan dengan tampilan tersebut. Nah, semua rasa bosan tersebut kini bisa kalian obati dengan mengubah warna telegram kalian. Dan untuk cara nya silahkan kalian masuk ke menu pengaturan – tema – pilih salah satu warna default.

Namun jika ingin mengcostum warna tema-nya sendiri silahkan kalian pilih  temabuat tema baru – beri nama pada tema yang hendak kalian buat – klik pada 3 titik – edit – pilih opsi – tambahkan warna yang kalian inginkan.

2. Mengaktifkan obrolan rahasia

cara mengaktifkan obrolan rahasia pada telegram

Jika kalian ingin melakukan obrolan pribadi yang sifatnya sangat privasi.  Maka aplikasi telegram adalah aplikasi yang cocok untuk kalian gunakan. Karena dengan menggunakan aplikasi telegram ini kita dapat melakukan pengiriman pesan tersembunyi. Kalian bisa memilih nama kontak yang ingin kalian sembunyikan. Dimana dengan fitur secret chat maka semua obrolan rahasia kita tidak akan terdaftar pada server telegram. Karena obrolan rahasia kita akan hancur dengan sendirinya beberapa saat.

3. Fitur last seen yang lebih baik

tips dan trik pada aplikasi telegram

Sedikit berbeda dengan aplikasi whatsapp. Jika pada aplikasi whatsapp fitur last seen / terakhir dilihat memungkinkan agar bisa dilihat oleh semua orang, kontak, maupun tidak sama sekali. Namun pada aplikasi telegram ini fitur last seen memiliki pengembangan yang lebih baik dimana kalian bisa memilih dan menentukan siapa saja yang bisa melihat last seen kita. Untuk caranya silahkan kalian masuk pada menu pengaturan – privasi dan keamanan – waktu terlihat – kemudian tambahkan pengecualian – disana kalian bisa menambahkan pengguna.

4. Gambar tidak langsung tersimpan di gallery

7 tips menggunakan aplikasi telegram

Jika kalian menggunakan aplikasi whatsapp, maka kalian bisa mengatur fitur auto download. Kekurangan jika kita menonaktifkan auto download yaitu kita tidak bisa membedakan jika gambar yang masuk tersebut penting atau tidak karena gambanya terlihat. Sementara jika kita mengaktifkan fitur auto downlaod yaitu secara otomatis akan mengunduh semua foto atau video yang kita terima.

Namun pada telegram kita dapat mengatasi dari kedua hal tersebut. Karena kita dapat mengatur agar gambar yang dikirim melalui telegram tidak tersimpan dalam gallery walaupun tidak tersimpan namun gambar yang kalian terima tetap dapat kalian terima dengan jelas. Caranya yaitu cukup dengan matikan opsi save to gallery.kalian bisa mencarinya pada menu pengaturan

5. Memiliki berbagai foto profil bersamaan

fitur menarik pada aplikasi telegram

Berbeda dengan whastapp, telegram memungkinkan kalian memiliki gambar profil yang kalian unggah ke akun kalian. Nah, tentu hal ini akan memudahkan kalian untuk mengganti foto profil jika kalian bosan. Jadi fitur beralih diantara foto yang pernah kalian unggah akan menguntungkan kita. Jika kalian sempat mengupload foto profil lebih dari satu maka foto profil kalian akan terlihat oleh orang lain dari foto-foto yang sebelumnya sempat kalian unggah.

6. Melihat video youtube sambil tetap chatting

kelebihan telegram dibandingkan dengan whatsapp

Nah, jika kalian pernah mendapat kiriman video youtube dari teman kalian. Untuk memutarnya pasti kalian harus menutup aplikasi chattingnya dulu kan. Nah, dengan aplikasi telegram hal tersebut dapat dihindari pasalnya dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat menonton video youtube sambil teteap bisa chatting. Dan untuk caranya sangatlah mudah kalian buka video yang hendak kalian putar kemudian klik ikon picture in picture yang tersedia. Dan kalian bisa nonton video sambil chattingan deh.

7. Menambahkan stiker pada foto

fitur unik pada aplikasi telegram

Jika kalian suka mengedit dan juga suka menambahkan stiker pada foto, maka hal ini bisa kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi telegram. Banyak stiker yang dapat kalian temukan pada aplikasi telegram ini, tentunya proses edit foto akan menjadi lebih menarik.

Oke mungkin itu saja postingan artikel pada kesempatan kali ini tentang 7 tips dan trik pada telegram, semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan jika berkenan silahkan isikan komentar kalian mengenai artikel ini pada kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di postingan artikel selanjutnya. 

Check Also

Cara Menghemat Memori Smartphone dari Foto WhatsApp yang Menumpuk

Sudah jamannya teknologi semakin maju, dahulu sebelum ada whatsapp untuk chattingan , semua orang menggunakan …