5 Cara Screenshot Panjang di HP Android Semua Merk

TEKNOBAE.COM - Screenshot merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan pengambilan gambar pada layar smartphone. Fitur ini sudah ada di semua smartphone, mulai dari Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi dan lainnya.

Biasanya screenshot akan langsung mengambil gambar satu layar penuh dari layar hp. Jadi jika ada banyak halaman yang ingin di screenshot, kamu harus melakukannya satu persatu. Hal ini tentu merepotkan karena harus melakukan screenshot berulang kali.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan fitur screenshot panjang. Dengan begitu kita bisa melakukan screenshot meskipun dokumen yang akan kita ambil gambarnya sangat panjang.

Penasaran? Yuk! langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Screenshot Panjang di Android

Tidak semua smartphone support dengan fitur screenshot panjang ini. Fitur ini hanya support untuk hp android versi tinggi seperti 9, 10 atau 11. Sedangkan untuk bersi di bawahnya masih belum mendukung tangkapan layar panjang ini.

Tapi tak perlu khawatir jika ponsel kamu masih belum mendukung karena kamu bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut rekomendasi aplikasi screenshot panjang di android.

1. LongShot

LongShot untuk menangkap layar panjang

Sesuai dengan namanya, aplikasi LongShot bisa kamu gunakan untuk menangkap layar panjang dari sebuah halaman web ata tulisan. Aplikasi ini akan secara otomatis menggabungkan gambar yang di tangkap baik dengan posisi vertikal ataupun horizontal.

Tak hanya itu saja, di dalam aplikasi LongShot terdapat fitur yang bernama auto capture yang dapat melakukan screenshot dengan metode scrolling seperti saat kita mengunjungi sebuah halaman web hanya dengan dua klik saja. Aplikasi LongShot bisa kamu gunakan secara gratis tanpa adanya watermark.

Gambar yang dihasilkan dari tangkapan layar LongShot memiliki kualitas yang cukup bagus dan tidak pecah walaupun di zoom dengan sangat dekat. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa mengunduhnya di play store atau klik disini.

2. Screen Master

Tangkapan layar hp & anotasi foto: ScreenMaster

Jika dilihat secara sekilas, aplikasi Screen Master ini mirip dengan aplikasi edit foto. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang aplikasi ini multifungsi. Salah satu fitur unggulan yang ada di aplikasi ini adalah screenshot panjang. Dengan fitur tersebut kamu bisa melakukan tangkapan layar pada dokumen atau tulisan yang panjang.

Dengan aplikasi Screen Master, hasil screenshot tadi bisa langsung kamu edit seperti menambahkan stiker, tanda panah, garis, teks dan sebagainya. Tangkapan layar yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang cukup tinggi. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung gambar dengan format PNG serta penyimpanan dapat diubah ke SD eksternal.

Jika ada bagian yang tidak kamu inginkan dari hasil screenshot, kamu bisa menghilangkannya dengan fitur crop yang ada di dalam aplikasi Screen Master. Di play store sendiri aplikasi ini sudah didownload lebih dari 5 juta orang. Nah, buat kamu yang ingin mencobanya bisa langsung mengunduhnya di play store atau klik disini.

3. Screenple

Screenple Screenshot dan Perekam Layar

Selanjutnya ada aplikasi Screenple yang menjadi salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik yang memiliki banyak fitur salah satunya fitur screenshot panjang. Hasil tangkapan layar tersebut juga bisa kamu edit secara langsung seperti menambahkan teks atau garis.

Agar file foto tidak hilang, aplikasi Screenple sudah menyediakan fitur dimana file foto tersebut akan langsung dicadangkan secara otomatis ke Google Drive secara gratis. Ukuran dari aplikasi ini pun cukup ringan, tidak sampai 10MB sehingga cocok untuk hp dengan spesifikasi yang rendah.

4. Stitch & Share Longer Screenshot

Stitch & Share Longer Screenshot

Berikutnya ada aplikasi Stitch & Share Longer Screenshot yang bisa kamu gunakan untuk melakukan tangkapan layar panjang. Aplikasi ini mudah untuk digunakan, cukup buka aplikasinya lalu pilih tombol Start untuk memulai proses. Kemudian tinggal kamu scroll ke bawah sampai ke bagian yang ingin di screenshot.

Setelah itu tekan tombol Save dan kamu akan mendapatkan satu tangkapan gambar layar panjang. Hasil screenshot tadi bisa kamu edit terlebih dahulu, misalnya kamu ingin menambahkan stiker, mengubah warna, menambahkan teks dan lainnya.

Apakah kamu tertarik mencobanya? Langsung saja download aplikasinya di Play Store atau klik link berikut ini.

5. Web Scroll Capture

Web Scroll Capture

Terakhir ada aplikasi Web Scroll Capture. Fitur yang ada di aplikasi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, dimana kamu bisa melakukan screenshot panjang dengan metode scrolling.

Misalnya kamu ingin mengambil gambar dari Facebook, Instagram, Twitter atau yang lainnya dalam satu screenshot saja. Sehingga tidak banyak gambar yang tertangkap satu persatu. Kamu bisa melakukan tangkapan layar secara horizontal ataupun vertikal ke bawah.

Akhir Kata

Sekian tutorial kali ini mengenari cara screenshot panjang di android dengan aplikasi. Semoga tutorial di atas dapat membantu kalian semua yang tidak tahu cara untuk melakukan tangkapan layar panjang.


Next Post Previous Post