Cara Menyimpan dan Memutar Pesan Suara (Voice Note) WhatsApp

Cara Menyimpan dan Memutar Pesan Suara (Voice Note) WhatsApp

TEKNOBAE.COM – Ada banyak sekali jenis dokumen yang bisa kita kirimkan melalui WhatsApp. Mulai dari dokumen dalam bentuk teks, video, gambar dan lainnya, termasuk voice note tentunya.

Voice Note WhatsApp
Source: clevguard.com

Fitur pesan suara atau voice note ini sangat sering digunakan oleh pengguna WA ketika mereka sedang malas untuk mengetik pesan secara manual, entah karena memang terlalu panjang pesan yang akan ditulis atau memang karena sulit diungkapkan hanya dengan melalui tulisan saja.

Nah, terkadang kita mendapat sebuah pesan suara atau voice note penting dan ingin menyimpan VN tersebut agar tidak hilang atau terhapus dan file tersebut bisa diputar kapanpun berkali-kali.

Apakah hal tersebut bisa dilakukan? Tentu saja hal tersebut bisa dilakukan, di sini mimin akan membagikan tutorial cara menyimpan voice note atau pesan suara WA kemudian menjadikannya musik atau MP3 di android. Buat kamu yang penasaran, silahkan simak ulasannya berikut.

Cara Menyimpan Pesan Audio (Voice Note) WhatsApp

Mungkin kamu pernah bertanya file pesan suara whatsapp tersimpan dimana? Sebenarnya file tersebut secara otomatis tersimpan saat kamu mendengarkan atau mendownloadnya di WA.

Lalu, kenapa file tersebut tidak tersimpan pada pemutar musik? Hal itu karena beberapa hp tidak mendukung format dari voice note sehingga tidak terbaca di pemutar musik.

Voice note sendiri memiliki format file .opus, jadi agar dapat tersimapan di galeri, kita harus mengconvert voice note ke mp3. Nah, mimin akan bagikan dua metode yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan pesan audio yakni dengan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Lokasi Penyimpanan Voice Note WhatsApp

Sebelum mengubah voice note ke mp3, kamu harus mengetahui dulu dimana letak VN Whatsapp di save, agar nantinya kamu mudah menemukan file yang diinginkan. Adapun caranya dapat dilihat di bawah ini:

  • Silahkan kamu pergi ke menu Penyimpanan Hp android.
  • Kemudian kamu cari dan pilih folder Whatsapp.
  • Di dalamnya kamu pilih Media kemudian tap folder Whatsapp Audio.
  • Maka kamu akan mendapati beberapa file voice note yang tersimpan.
  • Tandanya adalah file tersebut memiliki format .opus.

Cara Mengubah Voice Note WA ke Mp3 Tanpa Aplikasi

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, agar Vn dapat di putar dan simpan di musik, kita harus convert format opus to mp3. Kamu dapat melakukannya secara online tanpa aplikasi, yang mana kita akan memanfaatkan ditus bernama Aconvert. Adapaun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Chrome atau web browser apapun yang ada di smartphone kamu.
  • Kemudian kunjungi situs aconvert.com.
  • Setelah masuk ke dashboard awal, tap garis tiga di pojok kiri atas lalu pilih menu Audio.
  • Selanjutnya gulir ke bawah, pilih Choose File kemudian cara Vn yang akan di convert.
  • Atur bagian Target format menjadi Mp3 selebihnya bisa kamu atur sesuai keinginan atau biarkan saja.
  • Jika sudah tekan tombol Convert Now di bagian bawah.
  • Tunggu sampai proses convert selesai. Kemudian tekan Download untuk menyimpan file.

Cara Mengubah Voice Note WA ke MP3 Dengan Aplikasi

Selain itu kamu juga dapat melakukannya menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi yang kita pakai adalah Opus to Mp3 Convert. Dari namanya saja sudah jelas kalau aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengconvert opsu ke Mp3.

Sebenarnya tidak hamya ke Mp3 tapi kamu juga bisa conver ke format lain seperti aac, amr, m4a, wav dan ogg. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di play store. Untuk caranya ada di bawah ini.

  • Download aplikasi Opus to Mp3 Convert di play store atau melalui link di atas.
  • Kemudian install aplikasinya sampai selesai.
  • Buka aplikasi Opus to Mp3 Convert, pada tampilan awal klik Select OPUS File kemudian cari file voice note lalu tekan Ok.
  • Jika sudah berikutnya tekan tombol Convert to Mp3.
  • Tunggu sampai proses convert selesai.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara menyimpan voice note WA paling mudah dan simpel yang bisa kamu lakukan. Dengan begini kamu tidak perlu takut kehilangan file pesan suara. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …