Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segiempat

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segiempat - Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelasnya tentang rumus volume bangun limas segiempat dan rumus luas permukaan limas segiempat. Rumus limas segiempat tersebut pada dasarnya hampir sama dengan rumus limas pada umumnya.

Namun yang berbeda ialah perhitungan luas alas dari limas itu sendiri. Hal ini dikarenakan limas segiempat memiliki bentuk alas yang berbeda beda seperti jajar genjang, persegi, persegi panjang, dan sebagainya. Untuk itu cara menghitung volume limas segiempat dan cara menghitung luas permukaan limas segiempatnya harus disesuaikan dengan bentuk alasnya.

Limas segiempat merupakan satu dari sekian jenis limas yang memiliki rumus luas permukaan dan volume di dalamnya. Jika anda ingin memahami tentang bangun limas segiempat tersebut, maka diharapkan anda mengetahui apa itu limas secara umum terlebih dahulu. Maka dari itu rumus volume dan luas permukaan limas segiempat tersebut dapat dipahami dengan mudah.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segiempat

Pengertian limas secara umum ialah bangun ruang yang mempunyai satu titik puncak runcing dengan sisi samping berbentuk segitiga serta saling berhimpitan dan memiliki bentuk alas bersegi n.

Kemudian pengertian limas segiempat ialah bangun limas yang bentuk alasnya segiempat dan memiliki titik puncak meruncing dengan sisi samping yang berhimpitan dan bentuknya segitiga. 

Setiap bentuk alas limas segiempat ini akan mempengaruhi rumus limas segiempatnya, baik rumus volume limas segiempat maupun rumus luas permukaan limas segiempat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Volume Limas Segiempat

Rumus limas segiempat yang pertama akan saya bahas ialah rumus volume bangun limas segiempat. Cara menghitung volume limas segiempat dapat menggunakan rumus umum seperti di bawah ini:

Volume = 1/3 x Luas Alas x Tinggi

Selain rumus limas segiempat secara umum di atas. Saya juga akan membagikan beberapa rumus volume bangun limas segiempat sesuai dengan bentuk alasnya. Kemudian saya akan membagikan contoh soal terkait cara menghitung volume limas segiempatnya.

macam-macam bentuk alas limas segiempat

Karena alas limas terdiri dari beberapa bentuk, maka rumus volume limas segiempatnya juga berbeda beda. Maka dari itu saya akan menjabarkan rumus limas segiempat sesuai dengan bentuk alasnya. Dengan begitu cara menghitung volume limas segiempatnya lebih mudah. Berikut penjelasan rumus rumusnya:

Limas Segiempat Alas Persegi Panjang

Volume = 1/3 x p x l x tinggi limas

Limas Segiempat Alas Belah Ketupat

Volume = 1/3 x 1/2 x d1 x d2 x tinggi limas

Limas Segiempat Alas Persegi

Volume = 1/3 x s x s x tinggi limas

 Limas Segiempat Alas Layang Layang

Volume = 1/3 x 1/2 x d1 x d2 x tinggi limas

 Limas Segiempat Alas Jajargenjang

Volume = 1/3 x a x t x tinggi limas

Limas Segiempat Alas Trapesium

Volume = 1/3 x 1/2 (a + c) x t x tinggi limas

Rumus Luas Permukaan Limas Segiempat

Rumus limas segiempat yang akan saya bahas selanjutnya ialah rumus luas permukaan limas segiempat. Cara menghitung luas permukaan limas segiempat dapat menggunakan rumus dibawah ini:

Luas Permukaan = Luas Alas + Luas Semua Sisi Tegak

Agar anda lebih memahami tentang rumus limas segiempat tersebut. Maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus luas permukaan limas segiempat di atas. Berikut contoh soal limas segiempat dan pembahasannya yaitu:

Contoh Soal Volume dan Luas Permukaan Limas Segiempat

Contoh Soal Volume dan Luas Permukaan Limas Segiempat

1. Apabila PQ panjangnya 18 cm dan TO memiliki panjang 12 cm. Berapakah luas permukaan limas T.PQRS di atas?

Pembahasan
Diketahui : PQ = 18 cm; TO = 12 cm
Ditanyakan : Luas Permukaaan = ?
Jawab :
Pertama ialah menghitung tinggi sisi sampingnya (segitiga TQR). Caranya menggunakan sistem phytagoras seperti di bawah ini:
TB² = OB² + TO²
       = 9² + 12²
       = 81 + 144
       = 225
 TB = √225 = 15 cm

Kemudian hitung luas permukaannya menggunakan rumus limas segiempat dibawah ini:
LP = Luas Alas + Luas Semua Sisi Tegak
      = (s x s) + (4 x 1/2 x a x t sisi samping)
      = (18 x 18) + (4 x 1/2 x 18 x 15)
      = 324 + 540
      = 864 cm²
Jadi luas permukaan limas T.PQRS ialah 864 cm².

2. Sebuah limas yang bentuk alasnya persegi memiliki sisi alas dengan panjang 8 cm dan tinggi limasnya 24 cm. Hitunglah volume limas segiempat tersebut?

Pembahasan

Diketahui : sisi alas = 8 cm; tinggi limas = 24 cm
Ditanyakan : Volume = ?
Jawab :
Volume = 1/3 x s x s x tinggi limas
             = 1/3 x 8 x 8 x 24
             = 512 cm³
Jadi volume limas segiempatnya ialah 512 cm³.

Next Post Previous Post