Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi

Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi - Globalisasi menurut para ahli adalah sebuah proses sosial yang disebabkan kemajuan zaman dan dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Menurut bahasanya globalisasi terdiri dari dua frasa yakni global dan sasi, global memiliki arti mendunia dan sasi berarti proses. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian globalisasi adalah proses kemajuan yang mengikuti arus perkembangan jaman.

Faktor penyebab globalisasi umumnya datang dari berbagai arah. Namun penyebab utama terjadinya globalisasi adalah perkembangan jaman yang semakin cepat. Perkembangan jaman ini menuntut manusia untuk beradaptasi agar dapat tetap bertahan hidup dengan kondisi jaman yang semakin maju dan modern.

Dampak globalisasi dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari penggunaan smartphone, penggunaan internet, munculnya peralatan masak serba canggih, ditemukannya tenaga listrik dengan tenaga matahari dan lain sebagainya. Pada dasarnya globalisasi dapat memberikan dampak positif dan negatif jika dikaji lebih dalam.

globalisasi

Pengaruh globalisasi memang tidak dapat kita hindari, hal ini disebabkan karena arus perkembangan jaman terus meningkat. Semakin lama jaman semakin modern begitu juga dengan globalisasi yang terjadi. Akhirnya globalisasi kan terus terjadi dan berkembang seiring dengan arus perkembangan jaman.

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk dan berbagai aspek kebudayaan lainnya.

Baca juga : 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Secara etimologi kata globalisasi berasal dari bahasa inggris, yakni globalize yang artinya universal atau menyeluruh. Penambahan imbuhan "ization" pada kata Globalization memiliki arti proses mendunia. Jadi, arti globalisasi adalah proses sesuatu (informasi, pemikiran, gaya hidup dan teknologi) yang mendunia.

Proses globalisasi dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti teknologi internet, infrastruktur telekomunikasi dan transportasi, pertukaran pelajar dan lain sebagainya. Pada umumnya globalisasi berhubungan dengan perubahan menyeluruh pada bidang ekonomi, industri, gaya hidup dan aspek-aspek kehidupan lainnya.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Selain definisi globalisasi secara umum di atas, adapula beberapa pengertian globalisasi menurut para ahli. Para ahli menafsirkan pengertian globalisasi sebagai berikut:

Thomas L Friedman

Menurut Thomas L Friedman, pengertian globalisasi adalah gabungan dari teknologi dan dimensi ideologi. Dimensi ideologi sendiri adalah pasar bebas dan kapitalisme, sedangkan dimensi teknologi adalah penggunaan informasi dan teknologi yang menghubungkan dunia.

Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel Ritcher, pengertian globalisasi adalah sebuah jaringan kerja dalam skala global yang menyatukan masyarakat dunia dalam suatu ikatan saling membutuhkan satu sama lain.

Malcom Waters

Menurut Malcom Waters, pengertian globalisasi adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan pikiran bahwa pembatasan geografis dalam hal sosial dan budaya menjadi kurang penting.

Achmad Suparman

Menurut Achmad Suparman, pengertian plobalisasi adalah sebuah proses untuk menjadikan perilaku maupun benda menjadi ciri khusu suatu individu tanpa dibatasi oleh geografis dan wilayah.

Martin Albrown

Menurut Martin Albrown, Globalisasi adalah proses menghubungkan masyarakat diseluruh dunia kedalam sebuah komunitas masyarakat tunggal dunia.

Anthony Giddens

Pengertian globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Laurence E. Rothernberg

Menurut Laurence E. Rothenberg, Globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab, kasus dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

Selo Soemardjan

Globalisasi merupakan suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

Baca juga : Hakikat Bangsa dan Unsur Terbentuknya Negara

Faktor Penyebab Globalisasi

Globalisasi yang terjadi bukanlah suatu kebetulan, faktor penyebab globalisasi dapat dibagi menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor faktor penyebab globalisasi yaitu diantaranya:

Faktor Internal Penyebab Globalisasi

  • Rasa ketergantungan suatu Negara dengan Negara lain.
  • Berkembangnya demokrasi dan transparansi pemerintahan.
  • Kebebasan berpendapat.
  • Munculnya berbagai lebaga swadaya masyarakat dan lembaga politik.
  • Perkembangan pola pikir dan pendidikan masyarakat.

Faktor Eksternal Penyebab Globalisasi

  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK.
  • Perkembangan sarana komunikasi.
  • Munculnya kesepakatan diselenggarakannya pasar bebas.
  • Meningkatnya fungsi dan peran lembaga Internasional.
  • Terjadinya modernisasi di berbagai bidang.
  • Perkembangan HAM yang berlaku.

Dampak Globalisasi

Terjadinya globalisasi tentunya akan menimbulkan dampak baik itu positif maupun negatif. Dampak dampak tersebut tidak dapat kita hindari karena bersifat konkret. Di bawah ini terdapat beberapa dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi yaitu sebagai berikut:

Dampak Positif Globalisasi

  • Meningkatnya kedisiplinan dan etos kerja yang dimiliki oleh masyarakat.
  • Meningkatnya produktivitas masyarakat yang akan mengarah pada penghidupan yang lebih baik.
  • Penggunaan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Kemajuan di bidang transpostasi, teknologi dan komunikasi.
  • Mobilas tinggi karena meningkatnya sarana transportasi.
  • Meningkatnya pembangunan suatu daerah.
  • Dapat menyebarluaskan kebudayaan melalui jalur pariwisata.
  • Meluasnya pasar dan peningkatan pendapatan negara.

Dampak Negatif Globalisasi

  • Semakin mudahnya kebudayaan asing dapat masuk ke Indonesia.
  • Semakin luntur rasa gotong royong yang dimiliki oleh masyarakat karena selalu bergantung pada teknologi.
  • Terjadinya penyelundupan barang ilegal masuk ke Indonesia.
  • Terjadinya kesenjangan sosial.
  • Menghambat pertumbuhan di sektor industri dalam Negeri.
  • Timbulnya kebiasaan boros dan suka menghambur hamburkan uang.

Itulah materi tentang globalisasi yang mencakup pengertian globalisasi , penyebab globalisasi dan dampak globalisasi yang terjadi di Indonesia. Globalisasi memang sangat penting untuk kelangsungan hidup dan mempermudah kehidupan.

Namun dengan adanya dampak negatif globalisasi kita sebagai seorang warga negara haruslah mawas diri dengan lingkungan sekitar kita agar tidak terpengaruh oleh dampak negatif ini.

Next Post Previous Post