Doa untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup dan Meninggal Lengkap Beserta Artinya

Doa untuk orang tua

Doa untuk  Kedua Orang Tua yang Masih Hidup dan Meninggal – Memiliki anak yang sholeh dan sholehah adalah dambaan dan harapan bagi setiap orang tua. Karena dengan memiliki anak yang sholeh dan sholehah, mereka akan senantiasi didoakan oleh anaknya.

Dengan memiliki anak yang sholeh dan sholehah bisa menjadi bekal bagi orang tuanya agar mendapatkan amalan yang tak pernah putus walau sudah meninggal. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah berikut ini.

Rasulullah bersabda:

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:

“Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.”(HR.Muslim)

Dan bagi seorang anak, berbakti kepada orang tua sejatinya merupakan akhlak yang harus diutamakan bagi setiap manusia. Karena ridho orang tua sangatlah penting untuk kesuksesan anaknya.

Mendoakan orang tua bisa dilakukan ketika orang tua masih hidup di dunia maupun ataupun ketika orang tua telah meninggal dunia. Dengan mendoakan orang tua bisa menjadi tanda bakti dari seorang anak.

Doa dari anak yang sholeh dan sholehah merupakan amal jariyah yang akan terus mengalir sampai ketika orang tua telah tiada. Adapun doa-doa yang bisa kita panjatkan untuk mendoakan orang tua kita. Simak ulasan mengenai doa untuk orang tua berikut.

Ajaran Islam tentang Doa untuk Orang Tua

Dalam Islam, kita telah diajarkan untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua kita. Berbakti kepada orang tua artinya kita tidak menyakiti hati orang tua dan selalu mematuhi perintahnya.

Allah berfirman dalam surah Al Israa Ayat 23:

وَ قَضٰی رَبُّکَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِیَّاہُ وَ بِالۡوَالِدَیۡنِ اِحۡسَانًا ؕ اِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِنۡدَکَ الۡکِبَرَ اَحَدُہُمَاۤ اَوۡ کِلٰہُمَا فَلَا تَقُلۡ لَّہُمَاۤ اُفٍّ وَّ لَا تَنۡہَرۡہُمَا وَ قُلۡ لَّہُمَا قَوۡلًا کَرِیۡمًا

Artinya:

“Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan “ah” dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan.”

Di dalam surat tersebut, Allah memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Termasuk dalam menjaga perasaan orang tua, kita dilarang untuk membentak orang tua dan juga tidak boleh berkata “ah” ketika diperintah.

Anak yang senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya akan mendapatkan jaminan surga. Begitu juga bagi seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya, neraka siap untuk menantinya.

Oleh sebab itu, selagi kita masih diberikan kesempatan hidup di dunia, marilah kita untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tua.

Doa untuk Orang Tua

Terdapat banyak doa yang bisa kita panjatkan untuk mendoakan orang tua. Mendoakan orang tua bisa dilakukan saat orang tua masih hidup ataupun saat orang tua telah tiada.

Dengan terus mendoakan orang tua, hal tersebut bisa menjadi bukti bakti kita sebagai seorang anak.

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup

Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan. Mereka rela merawat anak-anaknya dari kecil sampai dewasa dengan penuh kasih dan cinta.

Maka, sudah wajib hukummnya bagi seorang anak untuk senantiasa mendoakan kedua orang tuanya yang masih hidup.

Kita bisa memanjatkan doa untuk orang tua sehabis sholat wajib.

Doa untuk orang tua

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Doa untuk Orang Tua yang suda Meninggal

Ketika orang tua telah tiada, kita tetap masih bisa berbakti kepada mereka.

Cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia adalah dengan cara senantiasa mendoakannya serta memohonkan ampun atas dosa-dosanya.

Berikut doa untuk orang tua yang telah meninggal yang bisa Anda amalkan setiap hari.

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.

Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Doa untuk Orang Tua dan Saudaranya

Bukan hanya mendoakan orang tua saja. Namun alangkah baiknya kita juga mendoakan saudara dari orang tua.

Saudara orang tua seperti Pakdhe, Budhe, Paman, Bibi, juga harus kita doakan. Berikut doa untuk orang tua dan saudaranya.

Doa untuk orang tua dan saudaranya

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

“Allahummaghfirlii, Waliwaalidayya, War Hamhumma, Kamaa Rabbayaanii Shagiiraa. Walijami’il Muslimina, Walmuslimaati, Walmu’miniina, Wal Mu’minaati, Al Ahyaa’i Minhum Wal Amwati, Wataabi’ Wabainanaa, Wa Bainahum Bil Khairaati, Rabbighfir Warham Wa Anta Khairur Raahimiina.

Walaa Quwwata, Illa Biilaahi ‘Aliyyil Adzim.”

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana kedua orang tuaku megasihiku ketika aku masih kecil.

Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.

Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Mu.”

Doa untuk Orang Tua yang sedang Sakit

Ketika orang tua sedang sakit, tentunya kita sebagai seorang anak akan merasakan kesedihan yang mendalam.

Selain memberikan pertolongan secara medis, kita juga mendoakan orang tua yang sedang sakit. Berikut bacaan doa untuk orang tua yang sedang sakit.

Doa untuk orang tua yang sedang sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.”

Artinya:

“Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa untuk kedua Orang Tua yang sedang Sakit Parah

Semakin bertambahnya usia orang tua kita, maka semakin banyak kelemahan, kekurangan dan penyakit yang dialaminya. Ada kalanya orang tua mengalami sakit yang parah, yang membuat seorang anak merasa sedih.

Sebagai seorang anak, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa agar orang tua diberi kesehatan oleh Allah. Hal ini agar orang tua yang sedang dalam kondisi sakit dapat segera pulih dari sakitnya. Berikut bacaan doa untuk orang tua yang sakit parah.

Doa untuk orang tua yang akit parah

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

“Allahumma Ahyini Maa Kaa Natil Khayatu Khairalli, Watawaf Fanni Adza Kaanat Wafaatu khiralli.”

Artinya:

“Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jka itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Mendoakan orang tua merupakan perbuatan dan amalan yang mulia. Dengan mendoakan kedua orang tua, kita bisa mendapatkan ridha dari Allah Ta’ala dan juga membuat kita terhindar dari setiap kesulitan yang datang dalam kehidupan kita.

Demikianlah ulasan mengenai doa kepada orang tua, baik ketika mereka masih hidup atau sudah meninggal. Berusahalah untuk menjadi anak yang sholeh dan sholeh yang selalu berbakti kepada orang tua dan senantiasa membahagiakan orang tua. Jangan lupa untuk terus mendoakan orang tua agar kehidupan menjadi semakin damai.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …