Doa Nurbuat (Cahaya Kenabian) : Bacaan Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Doa nurbuat

Doa Nurbuat (Cahaya Kenabian) – Doa Nurbuat atau dikenal juga dengan doa nurbuwwah (nurun nubuwaah) yang berarti “Cahaya Kenabian“. Doa nurbuat adalah salah satu doa yang memiliki banyak sekali keutamaannya. Selain itu, doa ini juga disebut sebagai doa pengasihan.

Dengan mengamalkan doa ini akan membuat seseorang disayangi oleh orang-orang yang memusuhinya. Tidak hanya itu, masih banyak lagi keutamaan dari doa nurbuah ini.

Doa ini biasanya terdapat dalam doa majemuk yang merupakan doa pegangan para santri. Doa nurbuat juga seringkali dikenal dengan nama doa jibril.

Sebagian dari doa ini berasal dari hadist Riwayat Ibnu Asakir namun sebagian yang lainnya tidak berdasarkan hadist. Banyak orang yang masih mempertanyakan mengenai kandungan dari doa ini.

Doa Nurbuat memang masih menjadi pro dan kontra di kalangan kaum muslim. Sebagian orang melarangnya dan sebagiannya lagi membolehkannya.

Terlepas dari pro dan kontra doa nurbuah, berdoa merupakan salah satu hal yang mendekatkan diri kepada Allah. Meskipun demikian, doa nurbuat tetap dikenal oleh orang islam sebagai doa yang memiliki banyak keistimewaan.

Jika doa ini diamalkan secara istiqomah dengan diiringii keikhlasan karena Allah semata, maka berkah-pun akan didapatkan.

Bacaan Doa Nurbuat

Doa nurbuwwah

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

“Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqoal qaulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqan.

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzaalimiina illaa khasaaraa. Subhaana rabbika rabbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahirabbil‘aalamiin.”

Artinya : “Wahai Tuhanku, pemilik kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Al Quran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila.’ Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah : “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Al Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Dengan mengamalkan doa nurbuat akan memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia. Banyak orang yang telah merasakan secara langsung keutamaan dari doa ini. Simak penjelasan berikut mengenai manfaat atau keutamaan dari doa nurbuwaah.

Manfaat Doa Nurbuat

Untuk merasakan manfaat dan keutamaan dari doa ini, seseorang harus mengamalkannya dengan penuh keikhlasan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengamalkannya.

Mengingatkan Diri Kita Kepada Allah

Dengan mengamalkannya secara rutin akan membuat kita selalu ingat kepada Allah.

Doa nurbuwaah diawali dengan kalimat-kalimat pujian terhadap Allah. Kalimat-kalimat tersebut memiliki arti yang sangat indah.

Baca juga : Bacaan shalawat nariyah lengkap dengan artinya

Membantu Kita Bertemu Rasulullah Muhammad

Setiap umat muslim pasti sangat menginginkan untuk bisa berjumpa dengan Rasulullah kelak.

Nabi Muhammad bersabda bahwa siapa saja yang ingin berjumpa dengan para nabi, maka amalkanlah doa ini selama 100 kali sebelum tidur. Insha Allah, bagi siapa saja yang mengamalkannya akan bermimpi bertemu dengan para nabi.

Dimohonkan Ampun Oleh Para Malaikat

Setiap manusia tentunya pernah berbuat kesalahan dan dosa. Kesalahan dan dosa bisa diampuni jika seorang hamba dengan tulus memohon ampun kepada Allah.

Dengan mengamalkan doa nurbuat, akan membuat malaikat memohonkan ampun atas dosa-dosa yang pernah diperbuat, dan bahkan memohonkan ampun atas hal-hal yang bisa menghapus amal ibadah.

Hajat Akan Dikabulkan

Setiap orang yang mempunyai hajat dan ingin hajatnya cepat dikabulkan maka harus berdoa secara istiqomah.

Ketika kita mengamalkan doa nurbuwah, maka insha Allah hajat yang kita miliki akan cepat terkabul.

Disukai Oleh Banyak Orang

Dalam kalimat yang terdapat dalam doa ini, salah satunya adalah memohon cintakanlah semua manusia di alam dunia. Maka, doa ini benar-benar memiliki keutamaan untuk membuat orang-orang sayang kepada kita.

Mendamaikan Orang yang Bertengkar

Kalimat yang tercantum dalam doa-doa ini memiliki makna yang gamblang untuk memohonkan kedamaian bagi semua anak-anak Adam. Anak-anak Adam diharapkan bisa hidup di dunia dengan saling kasih mengasihi dan sayang menyayangi.

Dilindungi dari Sihir

Ilmu sihir adalah ilmu syirik yang menyekutukan Allah. Sudah sejak jaman dahulu, ilmu sihir telah menyesatkan banyak manusia.

Agar bisa terhindar dari serangan ilmu sihir, maka seseorang bisa mengamalkan doa nurbuwah. Bacalah doa nurbuat sebelum matahari terbenam, Anda akan terlindungi dari sihir.

Membuat Wajah Nampak lebih Cerah

Dengan mengamalkan doa nurbuat secara istiqomah dengan niat yang ikhlas karena Allah akan membuat wajah nampak lebih cerah. Wajah menjadi cerah karena mengamalkan doa-doa dengan memberikan pujian kepada Allah dan Rasul Allah.

Ditambahkan Kekayaannya

Doa nurbuat dikenal sebagai pembuka rezeki bagi umat muslim yang mengamalkannya. Dengan mengamalkan doa nurbuat akan membuat seseorang ditambah kekayaannya oleh Allah.

Ditunjukkan Kebenaran

Salah satu makna yang terkandung dalam doa nurbuat adalah untuk ditunjukkan kebenaran serta mencegah kebatilan. Doa ini akan menuntun setiap yang mengamalkannya agar dijauhkan dari hal yang bathil.

Baca juga : Bacaan shalawat Munjiyat lengkap beserta latin dan terjemahnya

Demikianlah ulasan mengenai doa nurbuat yang memiliki manfaat yang luar biasa. Amalkanlah doa ini dengan penuh keikhlasan. Isha Allah, apapun yang Anda inginkan akan dikabulkan oleh Allah. Tentu hal tersebut juga harus diiringi dengan usaha dan kesabaran yang tulus.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …