Cara Screenshot Hp OPPO Paling Mudah dan Praktis

TEKNOBAE.COM - Cara screenshot Hp Oppo bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan screenshot kapanpun dan dimana pun. Seperti yang kita tahu kalau oppo merupakan salah satu brand smartphone yang memiliki cukup banyak pengguna di Indonesia.

cara screenshot hp oppo

Smartphone keluaran Tiongkok ini bisa menjadi pilihan karena menawarkan banyak fitur-fitur menarik bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang sudah dihadirkan oleh OPPO yaitu fitur screenshot atau tangkapan layar. Dengan fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan hasil tangkapan layar dalam bentuk JPG atau PNG.

Meskipun untuk melakukannya terbilang cukup mudah, namun masih ada juga pengguna yang belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur ini di Hp Oppo. Maka dari itu Teknobae akan membagikan tutorial cara screenshot di hp Oppo.

Cara Screenshot Hp Oppo dengan Mudah dan Cepat

Untuk melakukan tangkapan layar Hp Oppo, kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini. Tutorial ini support untuk semua tipe Hp Oppo. Simak penjelasannya berikut ini:

Baca juga : Cara Mengganti Tema Hp Xiaomi dengan Cepat

1. Screenshot Hp Oppo dengan Power + Volume Down

Cara ini merupakan yang paling sederhana dan umum digunakan oleh para pengguna smartphone Oppo. Dimana cara screenshot ini dilakukan dengan menggunakan tombol kombinasi tombol Power + Volume bawah.

Caranya cukup mudah bukan, kamu hanya perlu membuka tampilan layar yang akan di screenshot. Jika sudah, kamu bisa langsung tekan tombol Power + Volume down secara bersamaan selama beberapa detik.

Jika berhasil, maka layar Hp Oppo akan berkedip. Hasil dari screenshot tadi akan tersimpan secara otomatis ke dalam galeri HP.

2. Screenshot Hp Oppo dengan Tombol Power + Volume Up

Cara yang kedua ini sebenarnya hampir mirip dengan cara yang pertama. Dimana sama-sama menggunakan tombol power. Bedanya, di sini kita menggunakan tambahan tombol volume up.

Tidak hanya itu saja, jika pada cara pertama HP Oppo akan langsung melakukan screenshot, namun pada cara yang kedua ini terdapat fitur yang lebih lengkap. Misalnya kalau kamu ingin mengambil screenshot panjang, screenshot area tertentu dan lainnya.

Kamu hanya perlu menekan tombol power + volume up, maka nantinya akan muncul beberapa opsi screenshot seperti screenshot area, next page, dan save. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Cara Mempercepat Proses Download di Android

Screenshot Area

Kalau kamu ingin melakukan screenshot di area tertentu, kamu bisa pakai fitur ini. Caranya, silahkan arahkan pada tampilan yang akan di screenshot. Kemudian tekan tombol power + volume up.

Nanti akan muncul beberapa opsi di bagian kanan layar. Nah, kamu bisa pilih yang paling atas. Kemudian tentukan area yang diinginkan. Setelah itu pilih save untuk menyimpan.

Screenshot - Next Page (Screenshot Panjang)

Kalau kamu bingung cara screenshot panjang di hp Oppo, maka kamu bisa gunakan fitur Next page ini. Fitur next page memungkinkan kamu untuk melakukan proses screenshot lebih luas.

Untuk melakukannya, caranya hampir sama dengan yang sebelumnya. Kalian tekan tombol power + volume up. Pada opsi yang muncul dibagian kiri, tekan Next page.

Nah, kamu bisa melakukan maksimal hingga 8 kali next sebelum dicaptured. Terakhir tinggal kamu simpan saja hasilnya.

3. Pop UP Screenshot

Cara screenshot Hp Oppo berikutnya adalah dengan menggunakan fitur pop up screenshot. Sebelum menggunakan fitur ini, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkannya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pop up screenshot:

  • Pertama, masuk ke bagian Settings Hp Oppo.
  • Cari dan pilih menu Convenience AID.
  • Berikutnya, scroll ke bawah dan pilih Smart sidebar.
  • Selanjutnya akan muncul menu pop up di bagian kiri.
  • Pilih Tangkapan Layar atau Screenshot.
  • Selesai.

Sayangnya fitur ini hanya tersedia di beberapa ponsel saja seperti Oppo A33 dan seri terbaru lainnya.

Baca juga : Cara Membuat dan Salin Emoji Centang Biru di TikTok

4. Screenshot Hp Oppo dengan 3 Jari

Jika Hp Oppo yang kamu punya merupakan seri terbaru, maka kamu bisa menggunakan screenshot dengan 3 jari.

Kita bisa memanfaatkan fitur Quick Gesture untuk bisa melakukannya. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Silahkan pergi ke menu Settings terlebih dahulu.
  • Kemudian cari dan pilih menu Gesture and Motion.
  • Selanjutnya, buka opsi Quick Gesture.
  • Berikutnya, aktifkan menu Gesture Screenshot.
  • Jika suda, cari layar yang akan di screenshot.
  • Setelah itu coba sweep layar dengan tiga jari dari atas ke bawah.
  • Secara otomatis layar akan terscreenshot dan tersimpan di galeri.
  • Selesai.

Akhir Kata

Nah, kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan simpel untuk melakukan screenshot pada hp oppo. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!

Next Post Previous Post