Rumus Volume dan Luas Permukaan Prisma

Rumus Luas Permukaan dan Volume Prisma – Dalam Matematika terdapat materi mengenai bangun ruang. Salah satu bangun ruang yang sering kita jumpai ialah prisma. Bangun prisma merupakan bangun ruang yang memiliki alas dan tutup berbentuk segitiga serta sisi tegak yang bentuknya persegi/persegi panjang.

Ada yang mengatakan bahwa prisma merupakan bangun ruang yang mempunyai penampang melintang yang ukuran dan bentuknya hampir serupa. Bangun ruang ini memiliki rumus luas permukaan prisma dan rumus volume prisma seperti halnya bangun ruang lainnya.

Prisma pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis menurut bentuk ukurannya. Jenis jenis prisma ini dapat meliputi prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima, prisma segienam dan sebagainya.

Setiap jenis prisma ini memiliki karakteristik yang sama, tetapi bentuk alas dan atapnya saja yang berbeda. Bahkan rumus prisma yang digunakan juga sama, meskipun luas alasnya saja yang tidak sama.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Prisma

Ketika kita dibangku sekolah, terdapat materi mengenai bangun ruang ini. Bahkan para siswa diharuskan untuk mengetahui rumus rumus prisma lengkap. Hal ini dikarenakan prisma tersebut sering digunakan sebagai soal ujian.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas permukaan prisma dan rumus volume prisma. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri dan Sifat Prisma

ciri dan sifat prisma

Berikut ciri dan sifat prisma sebagai berikut :

  • Prisma memiliki bidang sisi yang berjumlah lima sisi.
  • Prisma memiliki titik sudut yang berjumlah enam buah.
  • Prisma memiliki rusuk yang berjumlah sembilan buah.
  • Alas dan tutup prisma memiliki bentuk yang sama dan kongruen.
  • Sisi samping prisma memiliki bentuk persegi panjang.
  • Prisma memiliki rusuk rusuk yang tegak.
  • Diagonal bidang sisi pada prisma memiliki ukuran yang sama.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Seperti yang telah saya bahas diatas bahwa prisma memiliki alas dan tutup yang bentuknya sama dan kongruen. Maka dari itu untuk menghitung luas permukaannya harus mengetahui nilai luas alas atau luas tutup dan luas selimutnya. Jika disimpulkan akan menjadi rumus luas permukaan prisma seperti dibawah ini :

Luas Permukaan = (2 x Luas Alas)+ Luas Selimut
Luas Selimut = Keliling Alas x Tinggi Prisma

Rumus Volume Prisma

Selanjutnya saya akan membahas tentang rumus volume prisma. Untuk menghitung volume prisma, anda hanya cukup mengalikan luas alas prisma dengan tinggi prisma. Jika disederhanakan akan menjadi rumus dibawah ini :

Volume = Luas Alas x Tinggi

Contoh Soal Volume dan Luas Permukaan Prisma

Bangun prisma mempunyai volume 480 cm3. Jika alas prisma berbentuk segitiga siku siku dengan panjang sisi 12 cm dan tinggi alas 16 cm. Hitunglah besar tinggi prismanya!

Pembahasan.
Diketahui : V = 480 cm3; a = 12 cm; t = 16 cm
Ditanyakan : Tinggi prisma = ?
Jawab :
Volume = Luas Alas x Tinggi
480 = (1/2 x a x t) x Tinggi
480 = (1/2 x 12 x 16)x Tinggi
480 = 96 x Tinggi
Tinggi = 480/96
Tinggi = 5 cm
Jadi tinggi prisma ialah 5 cm.

Check Also

Contoh Soal Luas dan Keliling Jajaran Genjang Beserta Pembahasannya

Contoh Soal Luas dan Keliling Jajaran Genjang Beserta Pembahasannya

Contoh Soal Luas dan Keliling Jajaran Genjang – Pada artikel ini akan disajikan pembahasan soal-soal …