Sukses Bisnis Menjadi Reseller atau Dropshipper

Sukses Bisnis Menjadi Reseller atau Dropshipper
Sukses Bisnis Menjadi Reseller atau Dropshipper

Di zaman sekarang ini, menjadi reseller atau dropshipper merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin memulai bisnis online. Ini disebabkan karena keduanya sangat memudahkan dalam urusan permodalan. Di mana keduanya merupakan bisnis online dengan modal sedikit. Sebelum membahas lebih lanjut, akan saya jelaskan terlebih dahulu, Apa itu reseller? Apa itu dropshipper?

Berikut pengertian dari reseller dan dropshipper :

  • Reseller adalah sebuah program penjualan kembali, artinya seorang pengusaha akan membeli sebuah produk dengan harga murah di bawah standar pasar agar produk tersebut bisa dijual kembali. Pada program reseller ini biasanya supplier atau distributor menentukan jumlah minimal produk yang harus dibeli untuk mendapatkan harga diskon seperti ini.
  • Dropshipper adalah skema penjualan produk tanpa perlu kulakan produk dagangan karena sang supplier atau distributor sendirilah yang bertugas sebagai penyuplai. Mereka menitipkan barang dagangannya ke toko seorang pengusaha atas permintaan sang pengusaha tersebut.

Dari pengertian di atas, tentunya masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Seperti misalnya dalam hal keuntungan yang didapatkan, program reseller biasanya akan memperoleh margin untuk yang lebih besar dibandingkan dengan program dropshipper. Namun dropshipper juga memiliki keunggulannya sendiri yaitu untuk menjalankan bisnisnya sama sekali tak membutuhkan modal, selain marketing.

Meski demikian, aspek marketing memang menjadi aspek nomor satu yang harus dikuasai oleh masing-masing pengusaha reseller maupun dropshipper. Baik itu marketing online maupun offline, keduanya harus dijalankan dengan baik. Meskipun bisnis ini lazimnya dijalankan melalui internet, namun para reseller dan dropshipper yang sukses biasanya menginjakkan dua kaki pada lahan market nyata maupun maya.

Baca juga : Pengertian Bisnis Online : Manfaat, Jenis, dan Tips Memulai

Sukses Bisnis Menjadi Reseller atau Dropshipper

5 Tips Sukses Bisnis Menjadi Reseller

Berikut beberapa tips sukses bisnis menjadi reseller, tips ini harus diterapkan sejak awal karena akan memudahkan anda dalam memulai bisnis reseller.

1. Memiliki Daftar Kontak Supplier Tangan Pertama

Bagi yang baru pertama kali terjun ke bisnis ini, tentu akan kesulitan untuk mencari kontak supplier tangan pertama. Namun hal ini tidak berlaku bagi pemain lama. Karena memang untuk memdapatkannya butuh pengalaman trial dan error. Meski begitu, saat ini terdapat banyak sekali daftar kontak yang dijual bebas seperti dalam penjualan program reseller pin konveksi yang iklannya banyak bertebaran di media sosial.

2. Menentukan Segmentasi Pasar Sebelum Kulakan

Segmentasi pasar merupakan pemetaan pelanggan berdasarkan kriteria tertentu, misalnya jenis kelamin, umur, tingkat pendapatan dan lokasi. Riset segmentasi ini sangat amat perlu dilakukan sebelum kulakan agar tahu nantinya barang apa yang cocok dibeli untuk dijual kembali.

3. Kulakan dalam Jumlah Banyak

Pada program reseller, ketika kulakan dalam jumlah banyak, maka artinya sama saja dengan mendapatkan harga paling murah. Memang program ini biasanya dikemas oleh supplier dengan konsep demikian, makin banyak beli makin banyak diskon.

4. Menggunakan Sistem Preorder

Preorder merupakan skema penjualan barang dengan cara membuat list pelanggan dulu. Artinya pengusaha harus mencari siapa-siapa saja yang menginginkan produk, kemudian mereka wajib membayarnya terlebih dahulu. Barulah setelahnya pengusaha kulak dengan uang tersebut.

5. Memiliki Toko Online dan Akun Media Sosial

Dalam menjalankan bisnis reseller ini, tentu anda diwajibkan untuk memiliki toko online dan akun media sosial. Membuat web online shop sendiri maupun membuka toko virtual di marketplace seperti tokopedia, shopee, lazada dan bukalapak dapat dicoba. Sedangkan akun medsos yang cocok digunakan adalah instagram dan facebook, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan whatsapp.

5 Tips Sukses Menjadi Dropshipper

Berikut tips untuk memulai bisnis dropshipper, tips di bawah ini akan sangat membantu bagi anda yang baru memulai ataupun bagi anda yang sudah lama di bisnis ini.

1. Memiliki Toko Online yang Sudah Siap dengan Segala Sistemnya

Hal penting yang menunjang kesuksesan seorang dropshipper adalah memiliki toko online dengan segala sistemnya. Mulai dari katalog, checkout hingga pembayaran.

2. Mengajukan Proposal Pada Banyak Supplier Tangan pertama

Jangan hanya terpaku pada satu supplier saja karena semakin banyak supplier tangan pertama yang bekerja sama, artinya akan semakin banyak produk dagangan yang akan muncul di display toko online. Implikasinya, keuntunganya yang didapatkan pun akan berlipapt ganda.

Baca juga : Jadi Freelancer Sukses, Begini Caranya

3. Mengambil Margin Untung yang Logis

Ambilah margin untung yang logis, tidak banyak tapi juga tidak sedikit. Pancinglah dulu pelanggan untuk datang dengan menawarkan harga yang murah. Kemudian naikkan secara perlahan.

4.Meningkatkan Jumlah Customer

Tidak ada cara pasti yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelanggan. Namun ada upaya yang bisa dilakukan oleh para pemula sekalipun, yaitu dengan memberikan pengalaman transaksi yang aman, mudah dan juga menyenangkan.

5. Senantiasa Mengecek Kualitas Produk

Kelemahan dari sistem dropshipper adalah kualitas produk yang terkadang kurang bagus karena para supplier tangan pertama tidak memiliki cukup waktu untuk mengecek kualitas produk mereka yang didistribusikan ke dropshipper. Maka para dropshipper ini harus mengeceknya sendiri.

Dari 10 tips sukses bisnis menjadi reseller dan dropshipper di atas, seharusnya sudah bisa untuk menambah nyali bagi anda yang ingin memulai bisnis ini. Ketika anda sudah memutuskan untuk mendaftar ke kedua program penjualan ini, maka artinya sama saja meminimalisir resiko kegagalan yang terkadang membuat takut semua pengusaha.

Check Also

Usaha Jasa Mencuci Mobil dan Cara Mudah Untuk Mengembangkannya

Sekarang ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa cuci mobil dan motor. Setiap pemilik …