Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Rumahan

Strategi marketing untuk usaha rumahan seringkali dikesampingkan oleh banyak orang ketika memulai usaha rumahan. Padahal strategi marketing untuk usaha rumahan ini bisa membawa banyak keuntungan. Karena usaha rumahan dapat berkembang dengan pesat, jadi banyak pesaing yang menawarkan produk sejenis, maka anda harus bisa dan mampu bersaing dengan sehat untuk mengambil hati para konsumen.

Usaha rumahan memang terbilang cukup mudah untuk dijalankan, tetapi sangat sulit agar bisa bersaing dengan para competitor di sekelilingnya. Maka dari itulah anda harus memperhatikan beberapa cara yang akan anda tempuh untuk menuju kesuksesan bisnis, dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi suksesnya sebuah bisnis adalah strategi marketing yang kuat. Marketing atau pemasaran merupakan proses yang berkelanjutan dan anda harus memastikan bahwa usaha rumahan yang anda kelola bisa diminati oleh banyak orang. Karena tujuan dari marketing adalah menjual produk maupun jasa dengan memberikan keuntungan yang maksimal.

Strategi marketing untuk usaha rumahan bisa menjadi faktor yang penting untuk kesuksesan usaha anda. Strategi marketing yang anda terapkan harus bisa membuat konsumen berbicara mengenai produk maupun jasa anda. Berikut ini beberapa strategi yang dapat anda praktikkan.

Strategi Marketing Untuk Mengembangkan Usaha Rumahan

Strategi Dari Mulut Ke Mulut

Strategi pertama yang bisa anda  terapkan adalah strategi dari mulut ke mulut. Bisa dibilang strategi ini cukup sederhana tetapi juga sangat ampuh. Kekuatan dari srategi ini berpusat pada cara persuasive yang anda gunakan untuk meyakinkan konsumen. Maka jika konsumen sudah loyah dan juga percaya dengan produk yang anda tawarkan, dia akan menjadi loyal dan akan menyebarkan berita bagus mengenai produk dan jasa anda kepada calon konsumen yang lain di sekitarnya. Strategi ini akan berhasil jika dilakukan dengan kekuatan penuh empati, intuisi dan juga sikap baik anda.

Pemasaran Secara Online

Strategi yang kedua adalah dengan melakukan pemasaran secara online. Strategi marketing jenis ini sangatlah penting karena sekarang semua orang sudah memanfaatkan media online untuk kehidupan sehari-hari, entah itu membaca berita, mencari informasi, membeli sesuatu, dan lainnya. Untuk melakukan pemasaran dengan strategi ini, tentu anda harus memiliki home base di website. Hal ini akan memudahkan pengguna internet untuk menjangkau produk atau jasa yang anda promosikan. Situs website untuk usaha merupakan modal profesional yang akan mempengaruhi minat seorang calon konsumen. Sebuah website memiliki keunggulan, yaitu iklan gratis untuk produk anda, memberikan informasi kepada pelanggan tentang perubahan pada produk anda, memberikan informasi kepada pelanggan tentang penawaran khusus, promosi dan diskon yang anda berikan.

Cantumkan Alamat Pada Produk

Strategi marketing yan selanjutnya adalah dengan mencantumkan alamat pada produk yang anda jual. Pada setiap kemasan produk atau jasa anda, cantumkan alamat URL website anda, alamat dan nomor telepon usaha anda. Cara ini bertujuan untuk menjaga image produk atau jasa anda di mata konsumen secara berkelanjutan. Strategi keempat adalah dengan memasang iklan di media lokal. Media lokal memegang peranan yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat. Untuk itulah anda harus memanfaatkan media lokal ini untuk mempromosikan usaha anda. Media lokal yang paling efektif adalah harial lokal dan radio. Tentu sebelum itu anda harus memastikan dahulu apakah radio yang ada pilih sudah sesuai dengan target market usaha anda. Misalnya jika anda membuka usaha rumah makan dengan style cafe, tentu anda harus mempromosikannya ke radio yang mayoritas pendengarnya adalah anak muda.

Flyer atau Selebaran

Strategi yang kelima adalah dengan flyers atau selebaran. Untuk mencetak selebaran ini membutuhkan budget yang lebih murah dibandingkan dengan brosur dan bisa disebarkan jika anda mempunyai promo khusus dalam jangka waktu tertentu. Misalnya anda menuliskan dalam flyer ” Dapatkan Diskon Khusus 50% dengan membawa flyer ini”. Strategi yang keenam yaitu dengan brosur. Fungsi utama dari brosur adalah mengenalkan produk atau merek dagang yang anda jual. Strategi yang terakhir adalah dengan membuat kartu nama atau business card. Meskipun sering dianggap sepele, namun kartu nama tetap memegang peranan penting di dalam bisnis. Karena dengan memberikan kartu nama anda akan membuat penerima terus mengingat anda dan produk anda.

Check Also

Usaha Online dengan Modal Kecil yang Cukup Menjanjikan di Tahun 2022, Wajib Dicoba

Usaha Online dengan Modal Kecil yang Cukup Menjanjikan di Tahun 2022, Wajib Dicoba

Seiring dengan pesatnya peningkatan pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini, perkembangan …