Pengertian Bisnis Online : Manfaat, Jenis, & Tips Memulai

Pengertian Bisnis Online : Manfaat, Jenis, & Tips Memulai

Pengertian Bisnis Online : Manfaat, Jenis, & Tips Memulai

Pengertian Bisnis Online – Perkembangan internet pada era saat ini memang mempermudah banyak orang dalam mencari data / informasi yang diperlukan. Tetapi bukan cuma itu, internet juga bisa menjadi tempat datangnya rezeki bagi sebagian orang yang memang paham mengenai peluang usaha.

Zaman modern dengan perkembangan teknologinya yang semakin pesat membuat banyak orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berjualan melalui internet meski hanya memiliki modal yang kecil.

Belum lama ini, bisnis online semakin marak dan menjadi sebuah trend sebab memang bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, serta kapan saja asalkan memiliki perangkat yang tersambung dengan internet. Baik itu dari bisnis online yang hanya berskala kecil dan juga sederhana, atau hingga bisnis online yang mempunyai omset miliaran rupiah.

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, ayo ikuti ulasan berikut mengenai pengertian bisnis online sampai dengan seluk beluk pembuatan serta peluang yang ada di dalamnya.

Baca juga : Pengertian Bisnis :  Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis & Macam Macam Bisnis

Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online secara universal / umum yaitu, seluruh aktivitas ataupun kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau melalui internet. Tidak hanya itu, bisnis online juga dapat diartikan sebagai suatu metode yang dilakukan untuk mempromosikan atau menawarkan barang dan jasa dengan memanfaatkan jaringan internet.

Oleh sebab itu, tiap orang yang mempunyai suatu usaha serta melaksanakan kegiatan usaha ataupun bisnisnya dengan memakai internet, maka bisa dikatakan bahwa mereka adalah pelaku bisnis online.

Kegiatan ataupun aktivitas bisnis online ini mempunyai berbagai macam tipe, antara lain :

  • Jual beli online
  • Menyediakan jasa secara online
  • Dan berbagai jenis lainnya yang dapat ditemukan secara online di berbagai bidang perindustrian.

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Selain pengertian bisnis online secara umum, para ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian bisnis online. Lalu, apa saja pengertian bisnis online yang dikemukakan oleh para ahli dan pakar tersebut? Berikut ulasannya.

1. Pengertian Bisnis Online Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian bisnis online adalah suatu usaha komersial di dalam bidang perdagangan baik yang menjual produk ataupun jasa, yang dimana menjadikan internet sebagai wadahnya.

2. Pengertian Bisnis Online Menurut Jasmadi dan Solusindo

Menurut Jasmadi dan Solusindo, bahwa bisnis online bisa dijadikan sebagai komunitas. Sehingga dapat diartikan, sebagai tempat untuk berbagi informasi yang dimana kita bisa menyumbangkan kemampuan kita untuk membuat komunitas yang solid melalui internet.

3. Pengertian Bisnis Online Menurut Yudhi Wicaksono

Menurut Yudhi Wicaksono, pengertian bisnis online adalah suatu kegiatan atau aktivits jual beli di dalam sambungan internet dan fitur belanja online yang sudah tersedia.

4. Pengertian Bisnis Online Menurut Dedik Kurniawan

Sedangkan menurut Dedik Kurniawan, Bisnis adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang menggunakan atau memanfaatkan fasilitas jaringan internet untuk melakukan segala yang dapat dilakukan secara online.

Dari pengertian bisnis online menurut beberapa ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa, bisnis online merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara perseorangan atau komunitas untuk mendapatkan suatu keuntungan dan juga berbagai informasi dengan memanfaatkan jaringan internet yang telah tersedia.

Baca juga : Cara Bisnis Online : Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online

Jenis Bisnis Online

Jika ditelusuri secara mendalam kita akan menemukan banyak sekali jenis bisnis online yang menjanjikan prospek yang bagus di masa yang akan datang. Beriut beberapa jenis bisnis online yang perlu kamu ketahui.

1. Berjualan Menggunakan Website

Berdasarkan data dari Cluch.co, Di antara usaha kecil yang belum memiliki situs web, lebih dari setengahnya 58% berencana untuk membangun sebuah website.

Ada banyak alasan mengapa membangun website menjadi salah satu pilihan bagi para pebisnis online, salah satu alasannya adalah karena dengan membangun website akan membuat bisnis kita menjadi lebih mudah ditemukan melalui mesin pencarian Google. Selain itu, dengan adanya website akan membuat bisnis kita terlihat lebih profesional.

2. Usaha Dagang di Marketplace

Marketplace merupakan tempat di mana berkumpulnya banyak pihak yang melakukan proses transaksi jual beli melalui internet. Bisa dikatakan bahwa marketplace merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai tempat untuk menjual barang. Selain untuk menjual barang, di sana kamu juga bisa membeli barang-barang yang kamu butuhkan.

Perlu kamu ketahui juga bahwa saat ini jumlah marketplace baik untuk produk dalam dan luar negeri terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini bisa terjadi karena seiring berjalannya waktu masyarakat mulai memercayai sistem jual beli yang dilakukan secara online. Jadi jangan heran jika saat ini banyak orang yang semakin tertarik untuk mengikuti marketplace.

3. Jual Beli di Media Sosial

Buat kamu yang sedang mencari bisnis dengan modal yang tidak begitu besar, maka bisnis yang satu ini sangat cocok untuk kamu jalankan. Pasalnya, selain hanya membutuhkan modal kecil, bisnis ini juga bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan.

Dengan menjalankan bisnis ini, kamu tidak perlu meninggalkan pekerjaan kamu sebagai karyawan atau pegawai kantoran. Buat kamu yang ingin memulai bisnis ini, kamu bisa memulainya dengan memasarkan produk yang ingin kamu jual melalui akun media sosial pribadi seperti akun facebook ataupun instagram.

4. Blogger

Kamu suka dengan aktivitas blogging? inilah saat buat kamu memanfaatkan aktivitas yang kamu lakukan tersebut untuk menghasilkan uang. Buat kamu yang belum tahu apa itu blogging?, blogging adalah sebuah aktivitas yang dimulai dari menulis atau membahas tentang hal-hal yang kamu sukai. Nah saat ini para blogger dapat menghasilkan uang dengan cepat dan mudah.

Buat kamu yang seorang blogger pastikan untuk melakukan kerja sama dengan pengiklan. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan penghasilan dari penyedia iklan tersebut. Perlu kamu ketahui juga bahwa penghasilan yang bisa didapatkan dari publisher iklan bisa dikatakan cukup menarik.

Baca juga : Menjadi UKM atau Freelancer ? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Bisnis Online

Buat kamu yang ingin memulai bisnis online, alangkah lebih baiknya pelajari caranya terlebih dahulu. Jangan asal masuk ke dalam bisnis online tanpa tahu apa apa mengenai bisnis online, karena hal itu bisa berujung pada kerugian. Ada beberapa langkah atau tahapan yang harus kamu lakukan agar bisnis online dapat berjalan dengan baik.

Bisnis Online Tanpa Modal

Salah satu hal yang menguntungkan dari bisnis online adalah kamu bisa memulainya tanpa modal uang. Tapi sebagai gantinya kamu memerlukan kerja keras agar bisnis online yang kamu jalankan bisa berhasil. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang dapat kamu jalankan tanpa harus mengeluarkan modal uang.

Keuntungan Belajar Bisnis Online

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis online jauh lebih banyak memberikan keuntungan dibandingkan dengan bisnis offline. Keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan? simak penjelasan berikut.

1. Menghemat Uang

Keuntungan pertama yang bisa kamu rasakan adalah modal yang kamu keluarkan jauh lebih hemat dibandingkan dengan bisnis offline. Karena dengan menjalankan bisnis online kamu bisa menyisihkan uang yang seharusnya digunakan untuk membayar sewa tempat dan berbagai tagihan lainnya jika kamu menjalankan bisnisnya secara offline.

2. Mudah

Keuntungan kedua yang bisa kamu dapatkan saat menjalankan usaha online yaitu lebih mudah. Seperti yang kita tahu bahwa dalam menyiapkan dan menjalankan bisnis menjadi tantangan yang terkadang membingungkan. Tetapi apabila kamu menjalankan bisnisnya secara online kamu tidak perlu mengalami tekanan dan kerumitan yang biasa muncul dalam bisnis offline.

3. Jangkauan Luas

Sepertinya ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa bisnis online merupakan salah satu bisnis yang memiliki jangkauan yang sangat luas. Bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet ini bisa menjangkau mulai dari puluhan hingga jutaan orang di seluruh dunia.

4. Transaksi Keuangan Jauh Lebih Cepat

Seperti yang kita tahu bahwa untuk mentransfer uang saat melakukan transaksi jual beli secara online dapat dilakukan dengan menggunakan mobile apapun. Layanan pembayaran kini juga semakin banyak dijumpai. Tidak hanya itu, layanan pembayaran tersebut juga bisa mencakup seluruh dunia.

Baca juga : Berikut Beberapa Daftar Affiliate Marketing yang Menjanjikan di Indonesia

Langkah Memulai Bisnis Online

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis online, yakni

  1. Menemukan Ide Bisnis Online
  2. Menentukan Target Pasar
  3. Traffic
  4. Conversion

Tantangan Bisnis Online

Seperti yang telah kita ketahui saat ini semakin banyak orang yang tertarik menjalankan bisnis online. Selain mudah dijalankan, bisnis online juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.

Sehingga jangan heran jika bisnis ini sangat cocok dijalankan bagi para pemula yang ingin memulai usaha atau bisnis.

Meski mudah untuk dijalankan, bukan berarti bisnis online tidak memiliki tantangan maupun rintangan. Lalu apa saja tantangan yang sering muncul pada bisnis online? berikut tantangan yang sering mucul pada bisnis online.

  1. Kompetitor
  2. Keamanan
  3. Konsumen
  4. Penipuan

Potensi Bisnis Online

Sebagian dari kita mungkin pernah berpikir bahwa menjalankan bisnis online di Indonesia merupakan hal yang mudah. Namun disisi lain juga banyak yang sudah mencoba tetapi gagal. Berbicara tanpa adanya data memang hanya sebuah omong kosong.

Namun jika kita melihat data transaksi perdagangan digital di Indonesia, maka dapat dilihat bahwa terjadi pertumbuhan yang sangat pesat. Mari kita lihat data potensi ekonomi digital Indonesia dari Katadata.

Dari data yang kita lihat, maka kita bisa tahu bahwa potensi yang negara kita miliki sangatlah besar, jadi anda tidak perlu ragu dan juga khawatir untuk memulai bisnis online.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian bisnis online, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kalian.

Check Also

Usaha Jasa Mencuci Mobil dan Cara Mudah Untuk Mengembangkannya

Sekarang ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa cuci mobil dan motor. Setiap pemilik …