Pengertian Bisnis Konvensional dan contoh Bisnis Konvensional

Pengertian Bisnis Konvensional dan contoh Bisnis Konvensional
Pengertian Bisnis Konvensional dan contoh Bisnis Konvensional

Bisnis konvensional atau lebih sering dikenal sebagai bisnis offline adalah bisnis yang dilakukan dengan cara lama atau konvensional tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi, artinya kegiatan jual beli akan dilakukan secara langsung atau tatap muka antara penjual dan pembeli di tempat usaha. Meski dilakukan secara offline, tetapi ada begitu banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis konvensional. Apa saja? simak penjelasan di bawah ini mengenai keunggulan bisnis konvensional dan perbedaan antara bisnis konvensional dan online.

Baca juga : Pengertian Bisnis :  Konsep, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis & Macam Macam Bisnis

Keunggulan dan Kekurangan Bisnis Konvensional

Keunggulan Bisnis Konvensional

Berikut beberapa keunggulan dari bisnis konvensional :

  • Pembeli dapat secara langsung melihat produk yang akan dibeli sehingga pembeli tidak akan merasa ragu akan produk yang akan dibeli.
  • Umumnya bisnis konvensional memiliki toko atau kios sendiri sehingga memudahkan pembeli yang ingin datang untuk mengunjungi kios atau toko dan dapat secara langsung bertemu dengan penjual.
  • Memiliki banyak stok sehingga apabila sewaktu-waktu pembeli ingin membeli produk, mereka tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan.
  • Kualitas barang terjamin, karena selain dapat melihat barang secara langsung, pembeli juga dapat mengetahui penjual secara langsung, sehingga tindakan semacam penipuan minim terjadi.

Kekurangan Bisnis Konvensional

Berikut beberapa kekurangan dari bisnis konvensional :

  • Membutuhkan modal yang lumayan besar karena bisnis konvensional memerlukan tempat untuk memasarkan produknya.
  • Lingkup pemasaran yang terbatas, jika ingin memperluas lingkup pemasaran, maka harus membuka cabang di berbagai daerah.
  • Membutuhkan banyak stok, hal ini juga akan berpengaruh terhadap modal yang dikeluarkan sehingga modal menjadi bertambah.
  • Apabila pembeli ingin membeli barang, maka diharuskan untuk pergi ke toko tempat dijualnya barang tersebut.

Perbedaan Bisnis Konvensional dan Bisnis Online

Perbedaan antara bisnis konvensional dan bisnis online adalah terletak pada cara kerja bisnis, modal, tempat usaha dan cara pemasaran produk. Dalam menjalankan bisnis konvensional, pelaku bisnis harus mempunyai tempat usahanya sendiri, seperti kios atau toko untuk tempat memasarkan produk. Sedangkan pada bisnis online, pelaku bisnis tidak perlu pusing memikirkan tempat usaha karena bisa dilakukan di rumah.

Untuk modal yang dikeluarkan, bisnis konvensional mengeluarkan lebih banyak biaya dibandingkan dengan bisnis online. Modal tersebut tidak lain digunakan untuk biaya sewa tempat usaha dan juga untuk menggaji karyawannya.

Cara Kerja bisnis konvensional yaitu melakukan kegiatan jual beli secara langsung di tempat dengan pembeli. Bisnis online bisa melakukan transaksi dan promosi produknya hanya melalui media sosial. Sedangkan media promosi bisnis konvensional yaitu brosur dan penawaran dari mulut ke mulut.

Baca juga : Menjadi UKM atau Freelancer ? Inilah Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis Bisnis Konvensional

Berikut beberapa jenis bisnis konvensional yang perlu anda ketahui sebelum memulai bisnis :

  • Bisnis kelontongan – Jenis bisnis ini banyak dilirik oleh masyarakat dari mulai membuka usaha kelontongan di rumahan hingga toko besar.
  • Bisnis rumah makan – Bisnis rumah makan salah satu bisnis konvensional yang masih laris hingga sekarang apalagi didukung dengan menu yang enak dan variatif juga pelayanan yang ramah.
  • Bisnis menjahit baju – Bisnis menjahit pakaian masih menjadi pilihan bagi sebagian orang meskipun saat ini banyak bisnis fashion online yang semakin marak.
  • Bisnis bimbingan belajar – Bisnis bimbingan belajar mungkin bisa dipasarkan secara online. Namun, tidak mungkin antara murid dan guru belajar online untuk anak-anak yang masih berada di sekolah dasar ataupun menengah.
  • Bisnis jasa salon atau cukur rambut – Tentunya bisnis yang satu ini tidak mungkin dilakukan secara online. Sehingga bisnis ini akan tetap eksis di tengah maraknya bisnis online.

Check Also

Usaha Jasa Mencuci Mobil dan Cara Mudah Untuk Mengembangkannya

Sekarang ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa cuci mobil dan motor. Setiap pemilik …