7 Cara Mudah Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi, Pasti Berhasil!

7 Cara Mudah Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi, Pasti Berhasil!

TEKNOBAE.COM – Sistem keamanan pada smartphone sekarang ini sudah semakin canggih. Nah, untuk menjaga smartphone agar tidak bisa dibuka oleh sembarang orang, biasanya kita akan mengaktifkan kunci layar.

7 Cara Mudah Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi, Pasti Berhasil!

Ada beberapa mode kunci layar atau lock screen, misalnya dengan pola, PIN atau sandi. Akan tetapi sekarang sudah semakin canggih yaitu dengan fitur sidik jari atau fingerprint. Fitur ini memiliki fungsi untuk membuka Hp atau aplikasi yang kamu kunci hanya dengan menggunakan sidik jari saja.

Jadi tanpa menggunakan sidik jari kamu, maka smartphone tidak akan bisa dibuka. Teknologi ini tentu jauh lebih aman dibandingkan mode lainnya yang telah mimin sebutkan di atas.

Meskipun begitu, ternyata fitur ini juga memiliki beberapa masalah dimana sensor fingerprint tidak dapat berfungsi atau tidak dapat membaca sidik jari kita.

Nah, jika masalah itu terjadi pada hp kamu, jangan panik dan terburu-buru untuk membawanya ke tempat servis karena Teknobae memiliki beberapa solusi yang dapat kamu coba lakukan terlebih dahulu.

Cara mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi dan Error

Tutorial ini bisa digunakan untuk semua tipe hp yang sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint, baik itu hp Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi, Asus bahkan juga bisa untuk hp iPhone. Berikut pembahasan lengkapnya :

1. Membersihkan Sensor Fingerprint

Cara yang pertama yang dapat kamu coba adalah dengan membersihkan sensor fingerprint. Kotoran pada bagian fingerprint akan membuat sensor sulit merespon atau scaning jari kamu karena terhalang sehingga tidak bisa membaca dengan benar.

Maka dari itu sebelum menggunakan fingerprint untuk membuka kunci Hp, pastikan bagian fingerprint kamu bersihkan terlebih dahulu. Usahakan gunakan bahan yang lembut agar tidak menggores sensor, misalnya menggunakan tisu, kain tenun dan sebagainya.

Baca juga : Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di HP Xiaomi dengan Praktis

2. Bersihkan Jari Tangan

Cara yang selanjutnya adalah dengan membersihkan jari yang akan digunakan untuk scanning fingerprint. Bukan hanya fingerprint saja yang harus dibersihkan, tetapi juga tangan kamu harus dibersihkan terlebih dahulu baik dari debu, minyak ataupun air. Karena hal itu dapat menghalangi sensor fingerprint dengan jari kamu.

Hasilnya akan membuat sidik jari tidak terbaca. Usahakan jari tangan dalam kondisi bersih dan kering sebelum menempelkannya dengan sensor fingerprint. Akan tetapi jari yang terlalu kering hingga mengkerut juga akan sulit di baca oleh sensor fingerprint.

3. Restart Ponsel

Penggunaan Hp seharian penuh tanpa jeda, apalagi jika digunakan untuk bermain game, bisa membbuat performa Hp menurun atau bahkan muncul bug sehingga Hp jadi lebih lambat dan lag sehingga fingerprint tidak dapat merespon denga baik.

Solusinya adalah dengan merestart Hp Android atau iPhone, karena dengan begitu biasanya bug atau error akan terhapus secara otomatis dan smartphone akan kembali fresh. Selain itu, semua aplikasi yang sebelumnya sedang berjalan, akan berhenti secara otomatis.

Dengan begitu kinerja ponsel jadi lebih ringan dan berjalan normal kembali termasuk pada sistem fingerprint.

4. Menghapus Cache Fingerprint

Masih ada cara lain lagi yang bisa kamu coba untuk mengatasai fingerprint error yaitu dengan menghapus cache. Nah, biasanya ada bug yang tidak bisa terhapus hanya dengan melakukan restart Hp karena tersimpan dan menjadi cache.

Cache merupakan data yang disimpan sementara waktu. Nah, jika data bug masih tersimpan atau sudah terlalu menumpuk, bisa membuat fingerprint error. Jadi solusi yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghapus cache agar error juga menghilang dan fingerprint dapat berfungsi normal kembali.

Baca juga : 5 Cara Mudah Menghilangkan Bug Pada Android Paling Ampuh!

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke menu setting. Kemudian buka Manager Aplikasi dan cari aplikasi Fingerprint. Masuk ke bagian detail kemudian Klik Clear cache. Jika sudah, coba restart terlebih dahulu hp kamu dan kemudian coba kembali fitur fingerprintnya.

5. Rekam Ulang Sidik Jari

Walaupun kecil kemungkinananya, akan tetapi beberapa tipe Hp juga memang mengharuskan penggunanya untuk melakukan perekaman ulang sidik jari pada aplikasi fingerprint agar dapat berfungsi dengan normal. Namun sebelumnya pastikan kamu sudah menghapus cache dan data.

Tujuannya agar error bisa hilang. Setelah itu baru coba kamu masuk ke sistem keamanan dan rekam ulang sidik jari. Mimin sarankan untuk melakukan perekaman lebih dari satu jari agar jika satu jari bermasalah bisa menggunakan jari yang lainnya.

6. Lakukan Reset Smartphone

Berikutnya kamu juga bisa mengatasi fingerprint yang error dengan melakukan reset ulang Hp atau atur ulang ke pengaturan pabrik. Ini merupakan cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi yang cukup efektif. Karena biasanya Hp sudah terkena virus atau bug yang sangat parah.

Nah dengan mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik, virus serta bug tersebut akan terhapus total tanpa sisa dan hp akan kembali seperti semula. Akan tetapi agar data dan file kamu tidak hilang, pastikan terlebih dahulu melakukan backup data.

Atau bisa memindahkan semua data ke penyimpanan eksternal, dalam hal ini ke memori SD.

Baca juga : Cara Membuat Akun Mi

7. Bawa ke Tempat Servis

Nah, apabila semua cara di atas masih belum berhasil juga, maka solusi terakhir adalah dengan membawa hp ke tempat servis. Karena bisa jadi kerusakan terjadi pada hardware atau chip yang copot akibat smartphone yang terjatuh.

Nantinya hp kamu akan dilakukan pemeriksaan kira-kira sumber masalahnya terletak dimana. Usahakan bawa ke tempat servis yang sudah profesional atau langganan kamu agar bisa diperbaiki dengan benar. Untuk harga perbaikannya tergatung pada tingkat kerusakannya.

Penutup

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi dan error. Kalau kamu punya solusi lain untuk memperbaiki sensor fingerprint Hp, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali.

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …