Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan Modal Sedikit

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan Modal Sedikit
Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan Modal Sedikit

Apakah anda pernah merasa bahwa penghasilan yang anda dapatkan dari kantor masih belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bulanan? Bahkan terkadang harus ngutang sana sini untuk bisa memenuhi kebutuhan?

Jika anda mengalami hal tersebut setiap bulannya, itu tandanya anda harus memiliki penghasilan tambahan. Lalu, usaha atau bisnis apa yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan? Sebenarnya ada banyak ide usaha sampingan, namun yang paling cocok untuk seorang pegawai kantoran adalah dengan memulai bisnis online.

Bisnis online cocok dijadikan sebagai usaha sampingan karena dapat dijalankan kapan saja dan di mana saja. Usaha online dapat anda jalankan sewaktu senggang, sambil duduk di dalam bus atau ojek online saat menuju kantor. Nah, pada artikel ini saya telah menyajikan cara-cara memulai bisnis online dengan modal sedikit.

Baca juga : Peluang Menjanjikan Bisnis Kaos Polos Hasilkan Puluhan Juta

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan Modal Sedikit

1. Dapatkan Inspirasi dari Teman atau Keluarga

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis online adalah dengan melakukan riset produk apa saja yang memang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Anda bisa memulai riset produk saat sedang berkumpul dengan teman atau keluarga. Dengarkan setiap percakapan yang mereka utarakan mengenai produk yang sedang viral atau yang tengah ramai diperbincangkan oleh banyak orang.

Lalu, cari tahu di mana anda bisa mendapatkan produk tersebut. Termasuk untuk mendapatkan supplier yang bisa memberi harga termurah. Anda harus benar-benar memahami kebutuhan publik pada tahap awal. Perlu diingiat bahwa produk yang dijual harus yang dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Tetapkan Proudk yang Akan Dijual

Selanjutnya anda juga perlu melakukan riset secara online dengan mencari keyword atau kata kunci yang banyak dicari mengenai suatu produk. Semakin banyak dicari orang, Maka bisa disimpulkan bahwa poduk tersebut memang sedang dibutuhkan.

Perlu di ingat bahwa setiap produk yang sedang trend pasti akan memiliki tingkat persaingan yang tinggi. oleh karena itu, anda harus memikirkannya dengan matang produk apa yang akan anda jual sebagai penambah penghasilan.

Anda bisa memilih di antara dua tipe produk ini, yang pertama produk yang memang sedang trend atau viral, produk kedua adalah sesuatu yang bersifat long time atau jangka panjang, tidak pernah basi dan selalu dibutuhkan masyarakat. Selama harga yang ditawarkan cukup bersaing, maka jualan anda pasti akan tetap laku.

Baca juga : Ini Dia Tips Sukses Mendapatkan Uang dari bisnis afiliasi (Affiliate Marketing)

3. Pilih Sistem Penjualan

Ada banyak sistem penjualan yang dapat anda pilih untuk memulai usaha online dari awal. Salah satunya adalah dropshiper. Sistem ini membuat anda tidak perlu lagi menyimpan stok barang yang akan dijual. Biarkan suplier atau penjual utama yang melakukannya.

Anda hanya perlu mencari pembeli, untuk pengiriman barang akan menjadi usuran distributor. Namun, anda tetap harus cermat dalam memilih distributor yang memang memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai anda menerima banyak komplain atau keluhan dari pelanggan akibat kualitas barang yang tidak sesuai dengan yang dipromosikan.

4. Membangun Website

Jika anda memiliki modal di awal usaha, mungkin anda bisa mencoba sistem penjualan selain dropshiper. Anda dapat memilih untuk melakukan stok barang hingga pengiriman  barang oleh anda sendiri. Hal ini bisa menjaga dan meningkatkan kredibilitas anda sebagai penjual di mata konsumen.

Anda bisa memulainya dengan membangun website yang nantinya akan menjadi etalase jualan anda di dunia online. Website ini akan menjadi pusat dari aktivitas bisnis online yang anda kelola, dan menjadi tempat penyimpanan data kostumer yang suatu saat pasti akan anda butuhkan.

5. Membangun Jaringan di Media Sosial

Setelah membangun website, langkah selanjutnya adalah menyebarluaskannya. Anda bisa menyebarluaskannya dengan melakukan promosi melalui media sosial secara gratis. Ada begitu banyak media sosial yang bisa anda gunakan seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram. Media sosial ini bisa menjadi pilihan utama sebagai sarana promosi saat anda memulai bisnis online.

Baca juga : Jadi Freelancer Sukses, Begini Caranya

6. Buat Toko Online di Marketplace

Tidak hanya melalui media sosial saja, anda juga bisa memperluas area pemasaran produk melalui marketplace. Saat keberadaan website anda masih belum banyak di ketahui oleh publik, marketplace inilah yang akan dijadikan sebagai tempat untuk mendongkrak penjualan. Sekaligus menjadi sarana untuk membuat masyarakat menyadari kehadiran toko online anda.

7. Cari Asisten Jika Dibutuhkan

Jika bisnis anda mulai berkembang, tidak ada salahnya jika anda mencari asisten untuk membantu dalam mengurus bisnis online milik anda. Jadi, anda tidak perlu mengurus semuanya sendiri. Mulai dari mempromosikan barang, meneriman pesanan, mengepak, hingga menerima komplain atau keluhahan dari pelanggan, tentunya anda akan membutuhkan asisten untuk membantu menyelesaikan semua tugas tersebut.

8. Buat Rekening Baru Khusus Bisnis

Saat sudah mulai menjalankan bisnis, banyak dari kita yang sering mencampuradukkan pendapatan dalam satu rekening. Hal ini justru akan membuat bisnis anda sulit untuk berkembang. Karena anda tidak bisa mengukur sudah seberapa jauh penghasilan yang didapat dari bisnis online yang sedang dijalankan. Hal itu juga akan membuat pusing anda saat melakukan perhitungan neraca pendapatan. Jadi, ada baiknya saat memulai bisnis online anda sudah harus langsung membuka rekening terpisah.

9. Komitmen dengan Dua Kesibukan Anda

Salah satu hal yang sangat penting dalam memulai sebuah usaha adalah komitmen yang tinggi. Meskipun waktu yang anda miliki sudah banyak dihabiskan di kantor, tetaplah berkomitmen untuk meluangkan waktu di bisnis online anda.

Misalnya, jam kerja anda di kantor antara 8-9 jam per hari, maka anda bisa memberikan waktu untuk melakukan bisnis online sekitar 3-4 jam sehari. Pastikan hal itu dilakukan secara konsisten setiap harinya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan waktu libur di akhir pekan untuk menjalankan bisnis online anda.

Memulai bisnis online memang sangat dibutuhkan yang namanya kerja keras dan juga kerja cerdas. Karena anda harus pintar dalam membagi waktu antara pekerjaan utama dengan usaha sampingan tersebut. Jangan sampai anda ditegur oleh atasan karena banyak pekerjaan kantor yang terabaikan.

Check Also

Usaha Jasa Mencuci Mobil dan Cara Mudah Untuk Mengembangkannya

Sekarang ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa cuci mobil dan motor. Setiap pemilik …