Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop

Kadang, kita memerlukan sebuah file yang ada di hp untuk dipindahkan ke laptop. Cara memindahkan file dari handphone ke laptop juga sebenarnya mudah. Hanya saja, bagi beberapa orang yang masih baru, mungkin sedikit kesulitan untuk melakukan ini.

Untuk itulah, diperlukan beberapa tutorial singkat, padat, dan lengkap untuk mengajarkan bagaimana cara memindahkan file dari hp ke laptop. Berikut ulasan lengkapnya:

Cara Memindahkan File dari Handphone ke Laptop

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan file dari hp ke laptop :

1. Memindahkan data HP ke Laptop dengan Menggunakan USB

Cara yang paling umum dilakukan untuk memindahkan data handphone ke laptop adalah dengan menggunakan USB. Biasanya, kabel USB bisa ditemukan di charger ponsel bawaan yang bisa dilepas. Nah, lepasannya itulah yang dinamakan USB.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Talkback OPPO Semua Tipe

cara memindahkan file dari handphone ke laptop menggunakan kabel USB

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Hubungkan HP dengan laptop milik kamu dengan menggunakan USB. Kepala yang besar dicolokkan ke tempat flashdisk sementara yang kecil dicolokkan ke tempat biasa kamu melakukan proses pengisian baterai.
  • Nanti, di bagian atas layar ponsel akan muncul beberapa pilihan seperti: Hanya untuk Pengisian Daya, Transfer File (MTP), dan Transfer Foto (PTP). kamu hanya perlu memilih Transfer File (MTP). Hal ini agar laptop mendapat izin untuk membaca semua data yang ada di ponsel Anda.
  • Buka Dokumen dari laptop, dan pilih Computer
  • Nanti, di sana akan muncul nama perangkat ponsel kamu sesuai dengan merk dan tipe ponsel yang dimiliki. Misalnya adalah Redmi Note 4.
  • Double klik pada nama perangkat yang muncul.
  • Nanti, akan muncul dua pilihan. Yang pertama karu SD dan yang kedua penyimpanan internal. Jika file yang ingin kamu pindahkan berada di perangkat internal, maka pilih itu. Tetapi jika file yang akan kamu pindahkan berada di kartu SD, maka pilih kartu SD dengan cara melakukan double klik.
  • Nanti akan muncul beberapa folder yang ada di ponsel kamu ke layar laptop. Carilah file yang ingin dipindahkan.
  • Setelah ketemu, copy file yang ingin kamu pindahkan dari HP ke Komputer dengan menekan CTRL+C lalu pilih Local Disc D dan tekan CTRL + V.
  • Jika file cukup besar, maka akan ada pop up proses di layar laptop. Tunggu sampai proses itu mencapai 100% dan file di ponsel milik kamu telah tercopy ke laptop.

2. Cara Memindahkan File dari Laptop ke HP Menggunakan Bluetooth

Jika kamu tidak ingin memindahkan file dengan menggunakan USB ataupun kabel data, maka kamu bisa mencoba cara memindahkan file dari hp ke laptop tanpa kabel data. Cara ini menggunakan perangkat bluetooth yang ada di laptop dan ponsel untuk memindahkan file.

cara memindahkan file dari handphone ke laptop menggunakan bluetooth

Cara ini bisa dilakukan jika ponsel dan laptop kamu masing-masing memenuhi syarat berikut:

Baca juga : Cara Melacak HP OPPO Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Handphone dan laptop sama-sama memiliki bluetooth yang terinstall dengan baik.

Jika masih belum mengetahui caranya, berikut tutorial lengkap yang bisa kamu lakukan:

  • Aktifkan bluetooth di HP Anda. Biasanya ini dapat dilakukan di jendela android atau di setelan sambungan.
  • Aktifkan Bluetooth di perangkat laptop. Caranya berbeda antara laptop yang satu dan laptop yang lain. Biasanya dengan menekan fn + f2 bluetooth sudah aktif. Tapi di beberapa laptop cara singkat seperti itu justru untuk mengaktifkan mode penerbangan. Untuk mengetahui cara lengkapnya silahkan googling dengan menggunakan keyword cara mengaktifkan bluetooth di laptop (tuliskan merk laptop milik Anda)
  • Setelah Bluetooth laptop terbuka, klik Bluetooth File Transfer di laptop
  • Nantinya akan muncul kotak dialog yang memberi pilihan ingin menerima atau mengirim file, pilih menerima
  • Di ponsel Anda, carilah file yang ingin dikirim melalui laptop
  • Setelah itu, silahkan tekan lama pada file dan pilih ikon bagikan. Nanti akan muncul pilihan ingin dibagikan melalui apa. Silahkan pilih dibagikan via bluetooth.
  • Nanti akan muncul beberapa pilihan nama perangkat lagi. Pilih nama perangkat yang sesuai dengan nama laptop Anda. Klik OK.
  • Akan ada permintaan izin dari laptop dan ponsel dengan meminta memasukkan beberapa angka. Masukkan saja sesuai dengan angka yang tertera
  • Proses pengiriman file dari hp ke laptop melalui bluetooth sudah selesai!

Sebenarnya, cara copy file dari laptop ke hp ataupun sebaliknya sangat mudah dilakukan. kamu hanya perlu membaca dan memahami dengan seksama step by step yang ada di atas lalu mempraktikannya dengan baik dan benar. Jika sudah benar, maka tidak mungkin file tidak tertransfer.

cara memindahkan file dari handphone ke laptop

Nah itulah 2 cara memindahkan file dari handphone ke laptop. Cara ini juga bisa dilakukan dalam memindahkan file ke PC, komputer, atau bahkan dari laptop ke ponsel. Asalkan kedua perangkat bisa terhubung, maka pertukaran file juga bisa dilakukan dengan cepat. Sangat mudah dan cukup jelas untuk diikuti, bukan?

Semoga bermanfaat dan selamat memindahkan file dari hp ke laptop, ya!

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …