Cara Masuk Safe Mode Windows 7, 8, dan 10 Dengan Mudah

Cara Masuk Safe Mode Windows – Mungkin kamu sedang mengalami black screen pada laptop yang kemudian membuat kamu ingin masuk ke dalam safe mode. Selain itu, safe mode juga digunakan saat windows sedang mengalami error seperti tidak bisa booting.

Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan, di sini akan dibahas berdasarkan penggunaan windows yakni windows 7, 8, dan 10.

Cara Masuk Safe Mode Windows 7, 8, dan 10 Dengan Mudah

Safe mode atau mode aman adalah salah satu pilihan untuk memecahkan permasalahan pada windows di komputer atau laptop dalam keadaan terbatas. Saat ingin masuk ke safe mode hanya beberapa file dasar dan driver yang dibutuhkan agar sistem bisa berjalan. 

Sederhananya, ketika windows kita masih bisa dibuka dengan jalan safe mode, maka bisa disimpulkan bahwa penyebab error pada windows adalah dari aplikasi atau driver yang terakhir masuk ke laptop.

Baca juga : Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Permanen dan Sementara, Auto Berhasil!

Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini cara masuk safe mode windows 7, 8, dan 10.

Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Berikut langkah-langkah untuk masuk ke safe mode windows 7 :

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghidupkan laptop. Jika laptop sudah dalam keadaan menyala, restart saja laptop kamu.
  2. Langkah kedua, saat laptop sudah kembali dihidupkan coba tekan tombol F8. Lakukan beberapa kali.
  3. Langkah ketiga pada cara masuk safe mode windows 7 adalah tunggu sejenak hingga ada menu Advanced Boot Options yang muncul. Jika cara-cara yang kamu lakukan tadi berhasil, maka menu tersebut akan muncul. Jika tidak muncul, coba ulangi mulai dari awal.
  4. Langkah keempat, arahkan panah untuk memilih jenis safe mode dengan menggunakan keyboard laptop kamu. Jika kamu ingin masuk ke mode basic pilih safe mode. Selain itu, ada pula pilihan untuk masuk dengan support networking. Jika kamu membutuhkan jenis safe mode tersebut maka pilih Safe mode with networking. Pilih, lalu enter untuk masuk.
  5. Langkah kelima, jika berhasil masuk ke dalam safe mode coba cari masalah yang ada pada laptop kamu. Setelah semua selesai, booting Windows ke mode normal. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengulangi langkah di atas kemudian pilih  Start Windows Normally saat menu Advanced Boot Options sedang tampil.

Cara Masuk Safe Mode Windows 8 dan 10

Pada windows 7 kamu bisa mulai masuk ke menu Advanced Boot Options dengan menekan F8, tetapi mulai dari windows 8 kita tidak bisa melakukan hal yang serupa.

Metode yang bisa kamu gunakan juga tidak susah, karena memag untuk masuk ke safe mode perlu melewati menu Advanced Boot Options. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah masuk melalui menu Settings.

Caranya cukup mudah, pertama buka menu Settings. Lalu, pilih Update & Security. Pilih Recovery, kemudian cari Advanced startup dan pilih restart now. Laptop kamu akan restart dan tunggulah menu Advanced Boot Options muncul.

Baca juga : 4 Cara Aktivasi Windows 10 Dengan Mudah

Bagaimana cukup mudah bukan? Sekarang kita akan memulai cara masuk safe mode windows 8 dan 10.

  • Langkah pertama, setelah kamu masuk ke dalam menu Troubleshoot, maka pilihlah Advanced options. Pada menu ini, pilih Startup Settings.
  • Langkah kedua, pilih Restart.
  • Langkah ketiga, tunggu sejenak jangan terburu-buru kalau bisa seruput teh atau kopi hehe. Saat laptop sedang restart jangan tekan tombol apapun. Tunggu hingga jendela Startup Settings muncul.
  • Langkah keempat atau cara masuk safe mode windows 10 dan 8 jika jendela Startup Settings sudah muncul kamu bisa memilih opsi Safe mode dengan menekan tombol F4. Kamu juga bisa langsung enter dengan mengarahkan pada nomor yang tampil di layar. Windows 8 atau 10 yang kamu gunakan akan segera masuk ke dalam safe mode.

Nah itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke safe mode windows 7, 8, dan 10. Semoga artikel mengenai cara masuk safe mode windows bisa membantu kamu ya.

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …