Cara Cek IMEI Xiaomi Yang Terkunci

TEKNOBAE.COM – Setiap smartphone Android yang dikeluarkan tentu memiliki yang namanya IMEI atau International Mobile Equipment Identity. IMEI merupakan nomor identitas khusus yang dikeluarkan asosiasi GSM sebagai pencegahan adanya Hp dari black market.

cek IMEI yang Terkunci

IMEI ini dimiliki semua tipe smartphone termasuk Xiaomi. Nah, Xiaomi menggunakan kode IMEI pada setiap ponsel mereka sebagai identitas keaslian Hp Xiaomi. Tidak hanya itu, jika terjadi kehilangan, maka kode ini bisa dipakai untuk melacak keberadaan Hp Xiaomi yang hilang.

Nomor IMEI pada masing-masing Hp Xiaomi tidaklah sama dan nomor IMEI ini sangat penting. Bahkan pemerintah akan memblokir kartu SIM yang memiliki kode IMEI yang tidak terdaftar.

Jadi kalau kamu pengguna Hp Xiaomi, haruslah tahu nomor IMEI hp. Bagaimana cara mengetahuinya? Berikut Teknobae akan membagikan ulasannya di bawah ini.

Cara Cek IMEI Hp Xiaomi yang Terkunci

Dengan mengecek IMEI, kita bisa tahu keaslian hp Xiaomi. Akan tetapi mungkin karena sesuatu, IMEI jadi terkunci sehingga sulit untuk dicek.

Hal ini mungkin saja dilakukan Xiaomi untuk menjaga nomor agar tidak mudah disebar luaskan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek IMEI hp Xiaomi yang terkunci.

1. Cek Pada Casing Hp Xiaomi

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui kode imei Hp Xiaomi yaitu dengan melihat nomor di bagian casing belakang hp. Berbeda dengan smartphone kebanyakan, ketika membeli Hp Xiaomi, akan terdapat stiker yang menempel pada bodi belakang.

Nah, stiker tersebut biasanya memuat informasi tentang nomor IMEI hp. Kalau kamu masih menggunakan hp xiaomi lama yang belum menggunakan baterai tanam, nomor IMEI bisa kamu cek di bagian dalam, biasanya terletak di bawah baterai.

2. Cek Melalui Dus Xiaomi

Jika cara yang pertama tidak berhasil, kamu bisa coba cara yang kedua. Caranya cukup mudah yaitu kamu hanya perlu melihatnya melalui dusbook atau kotak box hp xiaomi.

Jadi, buat kamu yang masih menyimpan dusnya, kamu bisa mendapatkan kode imei dari sana. Mimin yakin, cara cek imei dengan metode ini pasti langsung berhasil, selagi dusbooknya masih tersimpan.

Selain itu, kamu bisa melihat informasi seputar hp mulai dari spesifikasi, mode, pengeluaran dan sebagainya. Jadi, saat beli Hp dusbooknya jangan dibuang.

3. Cek IMEI dengan Kode Dial *#06#

Selanjutnya ada cara yang biasa dilakukan untuk mengetahui nomor imei Hp yaitu melalui kode dial. Meskipun setiap merk hp punya kode rahasianya tersendiri yang berbeda. Tapi ada kode Universal yang bisa digunakan di semua smartphone Android.

Kode dial.USSD tersebut adalah *#06#. Kode ini dapat dipakai untuk cek kode dial Hp caranya kamu masuk ke papan nomor atau telepon. Kemudian, kamu tekan kode USSD tersebut, maka secara otomatis akan muncul pop up yang berisi informasi mengenai nomor IMEI hp xiaomi.

4. Cek IMEI dengan Kode Dial*#*#4636#*#*

Selain kode dial di atas, kamu juga bisa gunakan kode rahasia *#*#4636#*#*. Kode dial ini khsusus untuk Hp Xiaomi saja, namun tidak ada salahnya juga kalau kamu coba di merk lain.

Bedanya apa dengan kode sebelumnya? Nah dengan kode dial ini informasi yang ditampilkan lebih lengkap, bukan hanya nomor imei saja.

5. Cek IMEI melalui Pengaturan

Selain menggunakan cara sebelumnya, pengguna xiaomi juga bisa melihat IMEI melalui menu pengaturan ponsel. Dengan cara ini kamu akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan detail.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setelan atau pengaturan Hp Xiaomi.
  • Setelah itu scroll ke bawah, cari dan masuk ke About Phone.
  • Pada beberapa opsi yang muncul, tekan Status.
  • Kemudian masuk ke menu IMEI Information.
  • Selesai.

6. Cek IMEI Pada Mode Engineer

Pada hp xiaomi terdapat fitur Mode Engineer yang memiliki fungsi cek HP seperti informasi tentang kondisi hardware secara keseluruhan.

Namun, bukan itu saja, kamu bisa menggunakannya untuk mengetahui nomor IMEI. Hampir sama seperti cara sebelumnya, fitur ini sudah tersedia di menu pengaturan Hp.

Berikut caranya :

  • Silahkan masuk ke Pengaturan Hp.
  • Kemudian cari dan buka menu About Phone.
  • Lihat pada bagian Versi Kernel, silahkan tekan beberapa kali sampai muncul jendela Engineering Mode.
  • Nah silahkan lihat di software dan hardware version untuk cek IMEI.
  • Selesai.

7. Cek IMEI dengan Aplikasi

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa menggunakan Google Playstore untuk mencari aplikasi cek nomor IMEI hp Xiaomi.

Sudah tersedia berbagai aplikasi dan bisa diunduh secara gratis. Buat kamu yang ingin cepat, simpel dan praktis bisa coba cara ini.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk cek nomor IMEI Xiaomi yang terkunci atau hilang. Silahkan kamu catat di berbagai media agar tidak lupa pada saat dibutuhkan.

Jangan lupa untuk mengikuti terus update artikel lainnya dari teknobae.com. Terima kasih!

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …