7 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Diaktifkan

Bluetooth tidak bisa diaktifkan ?Tenang ada solusinya. Permasalahan pada bluetooth seringkali dialami oleh pengguna smartphone. Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab dan saya akan memberikan penjelasan lengkap mengenai cara mengatasinya.

Fitur Bluetooth pada perangkat sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum adanya smartphone Android, Banyak HP yang sudah menyematkan fitur Bluetooth ini. Karena Bluetooth cukup berperan penting di smartphone.

Komponen bluetooth pada smartphone cukup mempunyai peran penting. Dari dulu hingga sekarang bluetooth masih bisa diandalkan untuk mengirim file ke perangkat lain dan begitu juga sebaliknya.
Bluetooth

Penggunaan Bluetooth di smartphone saat ini juga bisa digunakan untuk headset tanpa kabel, speaker, gamepad dan lain-lain. Jadi komponen bluetooth ini sangat penting di smartphone.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Tapi terkadang ada beberapa pengguna yang mengalami masalah pada bluetooth seperti bluetooth tidak bisa diaktifkan dan error. Sehingga Bluetooth tidak bisa digunakan seperti biasanya.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Diaktifkan

Dan jika kamu mengalami masalah ini, Saya bisa memberikan beberapa cara untuk mengatasi Bluetooth tidak bisa diaktifkan. Cara berikut bisa kamu coba satu persatu.

1. Hapus Cache

Bluetooth juga termasuk pada aplikasi bawaan dan merupakan aplikasi sistem pada smartphone. Dan jika bluetooth tidak bisa diaktifkan, kamu bisa mencoba menghapus file cache pada Bluetooth.

Dan untuk menghapus cache pada Bluetooth, kamu bisa masuk ke pengaturan > apps > centang tampilkan sistem pada aplikasi > bluetooth dan kemudian kamu klik penyimpanan. Nantinya kamu pilih opsi hapus dan secara otomatis cache akan terhapus.

2. Hapus Data

Cara kedua yang bisa kamu coba ketika Bluetooth tidak bisa diaktfikan yaitu dengan menghapus data. Karena mungkin saja data pada Bluetooth terjadi error, Sehingga kamu cukup untuk menghapus data saja.

Untuk menghapus data caranya sama seperti menghapus cache yaitu menuju ke setelan > apps > tampilkan sistem > bluetooth > penyimpanan dan pilih opsi hapus data.

3. Restart Perangkat

Sobat juga bisa melakukan langkah restart perangkat. Dimana cara ini juga efektif ketika beberapa fitur di Smartphone tidak bisa diaktifkan terutama bluetooth.

Sobat restart sementara waktu dan tunggu sampai proses restart selesai. Dan jika sudah selesai, Maka kamu bisa test Bluetooth apakah sudah berfungsi atau tidak.

4. Factory Reset

Factory Reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik juga menjadi cara atau solusi untuk bluetooth yang tidak bisa diaktifkan. Cara ini juga ekstrem karena data-data pada smartphone akan hilang dan kembali seperti saat kamu baru pertama kali membeli smartphone.

Jika kamu melakukan cara ini, Usahakan untuk backup terlebih dahulu data-data yang penting agar tidak hilang.

5. Paksa Berhenti

Cara satu ini juga bisa kamu lakukan yaitu force close aplikasi atau paksa berhenti. Cara ini memungkinkan Bluetooth di non aktifkan sementara agar tidak berjalan di latar belakang. Dan nantinya kamu bisa membukanya kembali.

Untuk cara berhenti paksa yaitu Setelan > Aplikasi > Berbagi melalui bluetooth > Berhenti paksa. Lalu kamu bisa membuka Bluetooth kembali.

Baca juga : 3 Cara Cepat Menemukan HP yang Hilang Meski Dalam Keadaan Mati, Jangan Khawatir!

6. Unroot Smartphone

Mungkin saja Bluetooth tidak bisa diaktifkan karena kamu mengoprek smartphone dan melakukan tindakan root pada perangkat. Karena biasanya jika pengguna root tidak secara sempurna apalagi di oprek, Bisa jadi beberapa fitur mengalami error terutama Bluetooth. Sehingga kamu perlu unroot untuk mengembalikan smartphone seperti semula.

7. Gunakan Aplikasi Lain

Jika memang sudah tidak ada solusi untuk mengatasi ini. kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan aplikasi lain untuk mengirim atau menerima file. Contohnya saja Share It yang cukup cepat dalam mengirim file dengan ukuran besar sekalipun.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi Bluetooth tidak bisa diaktifkan. kamu bisa juga cek ke tukang service karena barangkali ada komponen perangkat yang rusak dan menyebabkan beberapa fungsi di smartphone tidak bisa berfungsi secara sempurna.

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …