2 Cara Membuat Font di Android Dengan Mudah dan Simpel

2 Cara Membuat Font di Android Dengan Mudah dan Simpel

Cara Membuat Font di Android – Font merupakan sebuah rupa huruf yang memiliki bentuk, ukuran dan gaya tertentu. Nah, pastinya kamu pernah menggunakan berbagai macam font, entah itu dalam desain grafis, font android ataupun font pada tulisan di word.

2 Cara Membuat Font di Android Dengan Mudah dan Simpel

Ada banyak sekali font yang bisa kamu temukan, disetiap bentuk dan gaya dari masing-masing font juga memiliki nilai dan rasa tersendiri. Jadi tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya. Terlebih lagi kalau kamu membuat desain grafis seperti poster, pamflet, spanduk dan lain sebagainya.

Nah, untuk mendapatkan font yang unik untuk digunakan dismartphone atau PC. Kita perlu mengunduhnya di internet seperti dafont, fontsquirrel, 1001fonts dan masih banyak lagi. Tapi bagaimana jika kita membuat font sendiri? Apakah bisa?

Untuk tahu jawabannya, silahkan simak ulasannya berikut ini sampai selesai.

Cara Mudah Membuat Font di Android

Membuat font di komputer atau laptop merupakan hal yang sudah biasa. Namun, sekarang kamu juga bisa buat font sendiri hanya dengan hp android saja. Caranya pun terbilang cukup mudah, ada dua cara yang akan mimin bagikan yaitu dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Aplikasi Fonty

Aplikasi Fonty adalah aplikasi yang diperuntukan bagi mereka yang ingin membuat font. Pengguna diberi kebebasan untuk menggambar huruf. Memotong dan membuat tipografi sendiri sesuai keinginan.

Konsepnya kamu akan membuat huruf per huruf dari tulisan tangan yang kamu buat sendiri. Di sini kamu tidak perlu takut kehilangan project, karena aplikasi ini sudah menyediakan fitur auto-save.

Selain itu. Aplikasi Fonty juga bisa digunakan tanpa root hp. Sehingga jadi lebih mudah dan dapat meminimalisir kerusakan ponsel akibat root. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di play store.

Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Fonty di platstore dan install di Hp android.
  • Jika sudah, buka aplikasinya kemudian kamu akan melihat beberapa font yang sudah ada yang bisa kalian edit atau pakai. Namun di sini kalian pilih New di bagian kiri bawah.
  • Setelah itu akan muncul sebuah form yang mana kamu harus melengkapi beberapa data seperti nama font, pembuat font, bahasa dan negara.
  • Langkah selanjutnya kalian tinggal membuat font yang diingikan. Kamu akan diminta untuk menulis huruf dari A-Z satu persatu.
  • Agar lebih menarik, pengguna bisa melakukan pengeditan lebih lanjut menggunakan tool yang ada di bagian bawah, seperti memberi warna, menambah kontur, ukuran dan sebagainya.
  • Jika sudah, berikutnya tap tanda panah di pojok kanan atas untuk mem-preview. Kemudian tekan ikon share untuk menyimpan project.
  • Selesai.

2. Membuat Font Sendiri di Android Tanpa Aplikasi

Cara yang kedua ini bisa kita lakukan tanpa aplikasi tambahan. Disini kita akan memanfaatkan layanan situs web pembuat fotn secara online. Ada beberapa situs yang memberikan tool dan fitur-fitur lengkap.

Dengan begitu kamu tidak perlu melakukan penginstalan aplikasi apapun. Situs-situs ini sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun yang belum memiliki skill sama sekali.

Ada banyak website yang bisa kamu coba untuk membuat font, namun mimin merekomendasikan 3 website ini karena gratis digunakan, diantaranya:

Akhir Kata

Itulah 2 cara membuat font di android dengan mudah dan simpel. Hasil dari font yang telah kamu buat, bisa diupload di berbagai media jual font atau yang lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …