Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Jenis dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna Beserta Jenis dan Contohnya – Definisi pasar persaingan tidak sempurna ialah pasar yang tidak terorganisir, dimana sangat banyak jumlah pembelinya dan sedikit penjualnya. Jumlah penjual pada inperfect competition market (pasar persaingan tidak sempurna) hanya beberapa saja dalam penguasaan pasarnya sehingga harga pasarnya dapat ditentukan penjual dan keuntungan yang diambil dapat lebih besar.

Pasar persaingan ini dinamakan tidak sempurna karena terdapat anggapan bahwa pasar ini cacat sehingga dalam pasar itu tidak tercipta ketidakadilan. Pada umumnya pasar persaingan tidak sempurna tersebut memiliki berbagai jenis jasa atau barang yang dijual atau heterogen, tetapi cukup terbatas. Pasar persaingan tidak sempurna tersebut pada dasarnya berbeda dengan pasar persaingan sempurna.

pasar persaingan tidak sempurna

Saat pasar tersebut tidak memenuhi ciri ciri khusus di dalamnya, maka persaingan tidak sempurna akan dialaminya. Kondisi pasar tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi menjadi tidak seimbang. Walaupun begitu, jenis pasar ini tetap dapat memperoleh keuntungan.

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Definisi pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu jenis pasar yang menjelaskan tentang sebuah situasi dimana hanya beberapa atau tunggal saja jumlah penjualnya. Untuk itulah pembeli pasar tersebut menjadi pasif. Produk yang terdapat dalam pasar tersebut bersifat tunggal sehingga tidak ada penggantinya atau tidak mempunyai cadangan lainnya. Jenis pasar persaingan tidak sempurna tersebut tentunya berbeda dengan pasar persaingan sempurna.

Selain itu adapula pengertian pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar yang sangat banyak perbedaan antara pembeli dan penjualnya, tetapi barang atau produknya sama dan serupa. Hal ini membuat harga pasarnya dipengaruhi oleh penjualan dan penawarannya secara drastis karena ketidakseimbangan.

Ciri Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Setelah menjelaskan tentang definisi pasar persaingan tidak sempurna, selanjutnya saya akan membagikan beberapa ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna. Jenis pasar ini memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya seperti di bawah ini:

  • Penjual dalam pasar tersebut hanya beberapa saja, tetapi sangat banyak jumlah pembelinya.
  • Mengandung unsur monopoli karena harga produk yang dijual dapat ditentukan sendiri oleh penjualnya.
  • Penentuan harganya kurang mengandung peran dari interaksi ekonomi seperti penawaran dan permintaannya.
  • Cenderung sulit masuknya penjual atau produsen baru dalam pasarnya karena lebih banyak pembeli yang memilih belanja di penjual lama.
  • Adanya kerjasama antara beberapa produsen lama sehingga timbul ketidakadilan dan produsen baru dapat dijatuhkan.
  • Memiliki banyak jenis jasa atau barang, tetapi barang alternatifnya sulit didapatkan dengan persamaan fungsinya.

Jenis Jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Setelah menjelaskan tentang pengertian pasar persaingan tidak sempurna dan ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna di atas. Selanjutnya saya akan membagikan macam macam pasar persaingan tidak sempurna tersebut. Setiap jenis pasar ini tentunya memiliki contoh pasar persaingan tidak sempurna yang berbeda beda. Adapun macam macamnya yaitu sebagai berikut:

Pasar Monopoli

Jenis pasar persaingan tidak sempurna yang pertama yaitu pasar monopoli. Pengertian pasar monopoli ialah pasar yang memiliki satu produsen besar untuk menguasainya sehingga semua permintaan konsumennya dapat dilayani. Produsen besar tersebut pada umumnya telah dikenal oleh masyarakat sehingga tidak perlu melakukan promosi lagi.

Pasar monopoli tersebut memiliki produsen yang dapat menetapkan hak ekslusif dan hak cipta pada produk mereka. Maka dari itu produk sejenis tidak dapat dibuat sehingga perusahaan lain dapat dibuat menjadi sulit berkembang. Di bawah ini terdapat beberapa contoh pasar monopoli yaitu meliputi:

  • Telkom Indonesia
  • PLN (Perusahaan Listrik Negara)
  • Perusahaan Gas dan Minyak Bumi

Pasar Monopolistik

Macam macam pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar monopolistik. Pasar monopolistik ialah pasar yang mengandung banyak produsen di dalamnya, dimana serupa produknya tetapi produk tersebut seluruhnya masih mempunyai keunikannya sendiri.

Para produsen dalam pasar ini dapat dengan mudah masuk dan keluar sehingga tidak terbatas jumlah penjualnya. Masing masing produsen dapat memperoleh kesuksesan karena kemampuannya dalam pelaksanaan promosi, inovasi dan kreativitasnya. Di bawah ini terdapat contoh pasar persaingan tidak sempurna berupa pasat monopolistik yaitu seperti:

  • Pasar makanan kemasan
  • Pasar aneka minuman rasa
  • Pasar perabotan rumah tangga
  • Pasar pakaian

Pasar Oligopoli

Jenis pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar oligopoli. Pengertian pasar oligopoli ialah pasar yang memiliki beberapa penjual atau produsen didalamnya dan banyak pula jumlah pembelinya. Dalam pasar tersebut terdapat produk yang dijual dengan sifat homogen meskipun berbeda beda penjualnya.

Dalam pasar oligopoli tersebut memang cukup ketat persaingannya karena banyak faktor yang mempengaruhi angka penjualan. Di pasar ini terdapat penjual baru yang sulit berkembang karena penjual lama cenderung lebih dipilih oleh pembelinya. Di bawah ini terdapat contoh pasar oligopoli yaitu meliputi:

  • Industri baja
  • Industri pasta gigi
  • Industri rokok
  • Industri sabun

Pasar Monopsoni

Macam macam pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar monopsoni. Pengertian pasar monopsoni yaitu pasar yang banyak penjual di dalamnya, tetapi sangat sedikit jumlah pembelinya atau pembeli tunggal. Dalam pasar tersebut terdapat produk yang dijual dengan kualitas baik sehingga banyak persaingan antar pedagang agar menjadi yang paling baik.

Dalam contoh pasar persaingan tidak sempurna ini tentunya ada keuntungan untuk pembelinya karena harga barangnya bisa ditentukan. Meski begitu keuntungan sebesar besarnya dapat diperoleh dengan usaha yang tetap diupayakan para penjualnya.

Pasar Oligopsoni

Jenis pasar persaingan tidak sempurna selanjutnya ialah pasar oligopsoni. Pengertian pasar oligopsoni ialah banyak yang memiliki banyak penjual di dalamnya, namun pembelinya hanya beberapa saja. Di pasar tersebut terdapat produk yang dijual berupa hasil alam atau bahan mentah. 

Demikianlah penjelasan mengenai contoh pasar persaingan tidak sempurna beserta pengertian pasar persaingan tidak sempurna dan jenis jenis pasar persaingan tidak sempurna. Definisi pasar persaingan tidak sempurna adalah suatu jenis pasar yang menjelaskan tentang sebuah situasi dimana hanya beberapa atau tunggal saja jumlah penjualnya.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …