Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Saat Berbuka Puasa Lengkap

Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Saat Berbuka – Puasa ramadhan merupakan salah satu jenis ibadah yang diwajibkan terhadap seluruh umat islam yang sudah memenuhi syarat untuk mengerjakannya , misalnya ibarat baligh , sehat , tidak sedang dalam perjalanan , cendekia atau tidak aneh serta yang lainnya. Jika setiap orang telah memenuhi hal tersebut , maka keharusan untuk berpuasa baginya , kalau beliau meninggalkannya maka berdosa hukumnya , bahkan hingga keislamannya pun perlu di pertangakan , alasannya ialah puasa ini termasuk rukun islam setelah shalat.

Kewajiban ini merupakan sebuah hal yang apabila di tinggalkan maka menjadi dosa besar , kalau meninggalkannya tersebut di sengaja tanpa ada halangan tertentu , meskipun terjadi halangan yang tidak memungkinkan pelaksanaannya , tetap harus di ganti di bulan lain. Bahkan kalau puasa ini termasuk pada salah satu rukun islam yang lima , sehingga apabila terdapat salah seorang yang mengatasnamakan muslim namun kenyataannya di secara sengaja tidak melakukan puasa maka islamnya perlu di pertanyakan , alasannya ialah apabila salah satu rukun di abaikan begitu saja keislamannya pun tidak akan sempurna.

Baca juga : Niat puasa sunah senin kamis

Puasa ini tidak hanya sebatas menahan lapar dan dahaga namun di dalamnya menyimpan aneka macam pesan tersirat dan keutamaannya , di lihat dari sisi kehidupan puasa ini menumbuhkan rasa toleransi antara satu dengan yang lainnya , menghilangkan rasa besar kepala dan sombong , melatih kesabaran dan lain sebagainya. Jika di lihat dari sisi ibadah dengan melakukan puasa maka mampu menjadi penyelamat dari api neraka , di ampuni dosa-dosanya serta banyak lagi yang lainnya.

Doa Niat Puasa Ramadhan Lengkap Berbuka Dan Makan Sahur

Tetapi di dalam berpuasa ada hal yang harus kita taati dan mesti di laksanakan yaitu salah satunya niat puasa ramadhan yang merupakan rukun yang tidak boleh di tinggalkan kareana kalau suatu ibadah tertinggal salah satunya , mampu di pastikan tidak sah , bahkan perlu kita ketahui bahwa niat ini merupakan ruh dari amal.

Yang menjadi pertanyaan , bagaimana kalau niat ini lupa di bacakan di malam hari sementara ingatnya sudah pagi atau setelah simpulan waktu subuh.?. Dalam hal ini di pastikan bahhwa puasanya tidak sah , meskipun kita melakukan sahur dan tujuan sahur itu untuk berpuasa , meskipun begitu tetap tidak boleh makan atau minum sebagai mana halnya orang yang berpuasa dan wajib qadha.

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini , karena Tuhan Ta’ala.

Sebaiknya niat puasa ramadhan ini di bacakan di waktu malam hari hingga sebelum datangnya waktu shubuh , serta di ucapkannya di dalam hati. Terserah mau sambil apapun asalkan baik itu saat tiduran dan sebagainya. Tetapi alangkah baiknya kalau kita ikut Shalat tarawih dan setelah simpulan membacakan niat.

Sedangkan doa berbuka dan sahur puasa termasuk dari kesunahan biar makanan yang di santap memberi keberkahan jadi sama pentingnya sehingga todak boleh juga di tinggalkan , namun kalau lupa tidak apa-apa karena tidak mengganggu pada amalan puasa yang di laksanakan , berikut ialah doanya secara lengkap.

Doa Berbuka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamarroohimiin

Artinya : Ya Tuhan keranaMu gue berpuasa , dengan Mu gue beriman , kepadaMu gue berserah dan dengan rezekiMu gue berbuka (puasa) , dengan rahmat MU , Ya Tuhan Tuhan Maha Pengasih.


Baca juga : Niat Qadha puasa ramadhan beserta terjemahnya

Demikian lah pembahasan perihal doa niat puasa ramadhan lengkap berbuka dan makan sahur yang membatalkan , pengertian , makalah , keutamaan puasa ramadhan , senin kamis , syarat dan rukun , hukumnya , puasa ganti , puasa ramadhan sebulan , puasa idul adha dan lain sebagainya. Semoga apa yang kami sampaikan ini termasuk suatu amal yang baik yang ridhoi oleh allah swt. Jika ada kesalahn dalam pembahasan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya itu semua dari kebodohan kami.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …