Pengertian Bangsa Beserta Unsur Terbentuknya Bangsa

Pengertian Bangsa Beserta Unsur Terbentuknya Bangsa - Menurut Bahasa Inggris, kata bangsa berarti “Nation”. Kemudian menurut Bahasa Latin sendiri, kata Nation berarti “Natio” yang artinya telah lahir sesuatu.

Maka dari itu artinya dapat diperluas menjadi sebuah keturunan, dimana satu garis keturunan yang ditempati oleh sekelompok orang. Setelah itu, kata nation mulai mengalami perkembangan menjadi “Nasional” yang bermakna Kebangsaan. Inilah cikal bakal dari definisi bangsa dan unsur unsur pada bangsa menurut para ahli.

Unsur terbentuknya bangsa tersebut berguna sebagai pendukung lahirnya sebuah bangsa. Suatu bangsa dapat disusun oleh ratusan hingga jutaan manusia dengan prinsip kesatuan jiwa. Terbentuknya satu bangsa dapat terjadi jika didalamnya terdapat kehendak semua manusia untuk bersatu.

Bangsa

Berdasarkan pendapat Ir. Soekarno, unsur terbentuknya bangsa tidak hanya berupa kehendak semua manusia unuk bersatu saja, melainkan masih ada satu unsur lagi yakni tanah air. Tanah air tersebut digunakan sebagai tempat tinggal semua orang yang memiliki perasaan untuk bersatu.

Sebuah bangsa yang satu tidak akan terbentuk jika semua orang yang terdapat didalamnya tidak memiliki sikap dan keinginan untuk menjalin satu kesatuan yang utuh. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian bangsa dan unsur unsur bangsa terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Baca juga : Sejarah Hak Asasi Manusia (HAM) di Dunia dan Indonesia

Pengertian Bangsa

Sebelum menjelaskan tentang unsur unsur bangsa, saya akan membahas tentang pengertian sebuah bangsa terlebih dahulu, Secara umum pengertian bangsa ialah sekelompok orang yang mengakui bahwa dirinya bagian dari kelompok tersebut dan hidup dalam sebuah wilayah dengan persamaan tertentu seperi ideologis, budaya, keturunan, fisik, dan sosiologis.

Selain pengertian tersebut, adapula beberapa pengertian menurut para ahli, pengertian menurut bahasa, pengertian menurut politis dan pengertian menurut sosiologis antropologis. Berikut penjelasannya yaitu:

Pengertian Menurut Para Ahli

Hans Kohn

Pengertian bangsa menurut Hans Kohn ialah manusia dalam sejarah yang memiliki tenaga hidup tak pernah membeku dan selalu bergelombang. Didalamnya terdapat beberapa unsur unsur bangsa. Unsur terbentuknya bangsa didasarkan pada persamaan tertentu pada masyarakat didalamnya sehingga dapat membedakannya dengan bangsa lain.

Otto Bauer

Definisi sebuah bangsa menurut Otto Bauer ialah sekumpulan manusia yang berkembang dan tumbuh dalam bangsa yang sama karena mempunyai kesamaan perangai atau karakter seperti persamaan pengalaman sejarah, budaya dan nasib.

Ernest Renant

Definisi bangsa menurut Ernest Renant ialah kesatuan jiwa dimana sekumpulan orang memiliki keinginan untuk bersatu. Terbentukya satu jiwa tersebut terjadi karena orang orang didalamnya ingin bersatu sama lain.

Lothrop Stoddard

Pengertian sebuah bangsa menurut Lothrop Stoddard ialah sekelompok orang banyak yang memiliki kepercayaan bahwa mereka termasuk dalam satu bangsa yang sama.

Ir. Soekarno

Definisi bangsa menurut Ir. Soekarno ialah sekelompok orang banyak yang memiliki karakter/watak keras serta keingnan untuk hidup dan bersatu menjadi satu unit nyata dalam sebuah wilayah.

Pengertian Menurut Bahasa

Menurut bahasa, kata bangsa memiliki beberapa arti yang berbeda beda. Kemudian dalam bahasa Inggris, kata bangsa berarti Nation yang maknanya keturunan. Didalamya terdapat unsur unsur bangsa yang perlu diperhatikan. Lalu apa saja unsur terbentuknya bangsa? Kemudian pengertian bangsa secara bahasa ialah segerombolan orang yang mempunyai persamaan keturunan.

Pengertian Menurut Politis

Menurut politis, bangsa memiliki pengertian yaitu sekelompok orang dalam sebuah negara yang berkuasa dimana mempunyai persamaan pemahaman.

Pengertian Menurut Sosiologis Antropologis

Menurut sosiologis antropologis, bangsa ialah sekelompok manusia yang bersekutu dan tinggal dalam wilayah tertentu karena mempunyai persamaan ciri jasmani, keturunan, budaya dan ras.

Ciri Ciri Bangsa

Setelah membahas tentang pengertian bangsa, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri ciri bangsa. Namun saya juga tidak lupa untuk menjelaskan unsur unsur bangsa atau unsur terbentuknya bangsa. Di bawah ini terdapat beberapa ciri ciri sebuah bangsa yaitu meliputi:

Baca juga : Hubungan Antara Hukum dan Kekuasaan Beserta Pengaruhnya

  • Rasa kebersamaan yang dimiliki oleh sekelompok orang atau self belonging together.
  • Belum mempunyai pemeritahan sendiri, namun sudah mempunyai wilayah tertentu.
  • Ingin berada atau membentuk pemerintahannya sendiri dengan kehendak bersama.
  • Memiliki sifat nasionalitas atau kebangsaan dalam sistem keanggotaan orangnya.
  • Waktu kelahirannya tidak dapat diterangkan secara pasti. Misalnya suku bangsa Betawi yang telah muncul atau mulai kapan telah ada secara pasti belum diketahui.
  • Terbentuknya bangsa dikarenakan persamaan bahasa, budaya dan agama sehingga memiliki perbedaan dengan bangsa lainnya.

Unsur Terbentuknya Bangsa

Selanjutnya saya akan membahas tentang unsur terbentuknya bangsa. Sebuah bangsa dapat dibentuk dengan beberapa unsur di bawah ini yaitu seperti:

Bayangan Mengenai Komunitas Politik

Unsur unsur bangsa yang pertama ialah bayangan mengenai komunitas politik. Bayangan komunitas politik dalam sebuah bangsa dapat terjadi karena anggota anggotanya yang tidak saling kenal, bahkan bangsa terkecil sekalipun.

Unsur terbentuknya bangsa ini meskipun tidak saling kenal tetapi anggota sebuah bangsa tersebut menganggap bahwa orang lain adalah saudara setanah air dan sebangsanya. Pada akhirnya akan timbul sikap rela mati dalam diri anggotanya demi komunitas politik yang dibayangkan melalui persamaan sebangsa tersebut.

Batas Wilayahnya Jelas

Unsur unsur sebuah bangsa selanjutnya ialah kejelasan dalam batas wilayahnya. Unsur terbentuknya bangsa ini diibaratkan sebagai sebuah hakikat yang sifatnya terbatas. Bahkan wilayah yang jelas tersebut dimiliki oleh negara terbesar sekalipun dengan ratusan juta jiwa penduduk didalamnya.

Kemudian akan ditemukan bangsa lain dengan wilayahnya sendiri di luar perbatasan tersebut. Tidak ada bangsa satupun yang memiliki bayangan untuk mempunyai seluruh umat manusia di bumi sebagai penduduknya.

Berdaulat

Unsur unsur bangsa selanjutnya ialah berdaulat. Unsur terbentuknya bangsa harus berdaulat karena sebuah negara memiliki kekuasaan dibawahnya dengan keseluruhan bangsa dan wilayah didalamnya.

Untuk itu dalam sebuah wilayah terntentu, sekelompok manusia harus memiliki identitas, memiliki perasaan bersatu, ciri khas budaya, dan karakter. Selain itu adapula persamaan cita cita, nasib dan tujuan bersama dalam sebuah bangsa yang diwujudkan dalam bentuk mematuhi aturan tertentu.

Berdasarkan penjelasan unsur terbentuknya bangsa di atas. Kita dapat menyimpulkan beberapa unsur terbentuknya sebuah bangsa yakni meliputi:

  • Terdapat sekelompok orang yang memiliki kemauan bersatu.
  • Terletak di sebuah wilayah tertentu.
  • Memiliki kehendak untuk berada dan membentuk pemerintahannya sendiri.
  • Memiliki persamaan secita cita, senasib, setujuan dan sepenanggungan secara psikologis.
  • Memliki perbedaan dengan bangsa lainnya yang berwujud persamaan budaya, karakter, bahasa, identitas dan sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian bangsa dan unsur unsur bangsa terlengkap. Pada dasarnya unsur terbentuknya bangsa mencakup kehendak semua manusia untuk bersatu yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Next Post Previous Post