Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Contohnya

Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Contohnya - Apa yang dimaksud iklan baris itu? Bagaimana unsur unsur pada iklan baris itu? Bagaimana bentuk contoh iklan baris? Secara umum iklan dapat diartikan sebagai berita pesanan yang berguna untuk membujuk dan mendorong khalayak umum agar tertarik dengan jasa dan barang yang ditawarkan.

Selain itu adapula yang mengartikan iklan sebagai pemberitahuan tentang jasa atau barang yang dipajang ataupun di jual melalui tempat umum maupun media massa kepada khalayak umum. Disisi lain Dewan Periklanan Indonesia juga mengungkapkan pengertian iklan yaitu sebuah bentuk komunikasi kepada khalayak sasarannya terkait merk dan/atau produk tertentu.

Dengan melalui iklan ini kita dapat memberikan tanggapan terkait iklan tersebut. Hal inilah yang sebenarnya tujuan dari pengiklanan.

Apakah anda tahu apa saja unsur unsur iklan baris itu?

Bagaimana contoh iklan baris?

Iklan secara umum memang dapat digunakan untuk menunjukkan informasi bisnis sebagai bentuk komunikasi dengan calon pelanggan atau konsumen. Dalam iklan ini biasanya terdapat informasi yang disuguhkan dalam bentuk tempat penyediaan produk, firma iklan, kualitas iklan dan sebagainya.

unsur iklan baris

Iklan secara umum dapat di bagi menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis iklan tersebut ialah iklan baris.

Apa yang dimaksud iklan baris?

Pengertian iklan baris ialah iklan yang mengandung beberapa baris dalam kolom sehingga pemasangannya dapat berbentuk baris baris.

Baca juga : Pengertian Teks Iklan, Contoh, Fungsi, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Untuk mengetahui jenis iklan baris ini tentunya dapat dilakukan dengan melalui karakteristik yang dimilikinya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang unsur unsur iklan baris dalam Bahasa Indonesia beserta contoh iklan baris. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Unsur-Unsur Iklan Baris Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Contohnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa iklan baris memiliki beberapa karakteristik di dalamnya. Karakteristik iklan baris ini dapat meliputi penyusunannya dalam kontak empat persegi panjang sehingga bentuknya berbaris, dimana maksimal 10 baris dan minimal dua baris.

 Dalam iklan tersebut terdapat penyajian teks yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan dalam iklan ini tidak mengandung ilustrasi atau gambar. Iklan baris juga mengandung pernyataan opini dan fakta seperti pada iklan secara umum. 

Kita tahu bahwa iklan memang mengandung opini dan iklan. Opini ialah sesuatu dengan kebenaran yang belum diketahui karena bersifat subjektif. Sedangkan fakta ialah sebuah kenyataan yang kebenarannya tidak terbantahkan.

Sebelum menjelaskan tentang unsur unsur iklan baris dan contoh iklan baris ini. Maka saya akan membahas sedikit mengenai iklan baris secara umum. Dalam iklan baris ini terdapat penyingkatan teks yang memberikan ruang menjadi lebih minim.

Di bawah ini terdapat contoh teks dalam iklan baris yang disingkat yaitu meliputi:

  • Rumah dapat disingkat RMH.
  • Hak milik dapat disingkat HM.
  • Luas tanah atau luas bangunan dapat disingkat LT/LB.
  • Jalan raya dapat disingkat Jl Ry.
  • Cocok dapat disingkat Cck.
  • Usaha atau kantor dapat disingkat u/Ush/Ktr.

Contoh contoh singkatan di atas dapat digunakan dalam iklan baris, namun penyajian informasinya harus tetap lengkap supaya iklan yang ditawarkan dapat dipahami oleh pembaca dengan mudah. Pemanfaatan iklan baris biasanya untuk perusahaan perusahaan kecil maupun perorangan.

Iklan yang disajikan dalam bentuk lisan dapat dinyatakan melalui televisi dan radio. Kemudian dalam iklan baris terdapat beberapa hal yang ditawarkan seperti jasa, properti seperti apartemen, tanah, otomotif, karir atau lowongan kerja, barang, rumah, kehilangan, ruang usaha dan sebagainya.

Baca juga : 60 Contoh Slogan Kebersihan Terbaru Inspiratif Bahasa Indonesia

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai unsur unsur pada iklan baris dan contoh iklan baris yaitu sebagai berikut:

Unsur-Unsur Iklan Baris

Penyajian penawaran iklan baris memang bentuknya singkat. Untuk itu kemampuan seorang pengiklan harus mahir dalam menulis iklan baris. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki yaitu menguasai unsur unsur pada iklan baris tersebut.

Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai unsur unsur yang ada pada iklan baris yaitu sebagai berikut:

  • Apa yang ditawarkan.
  • Spesifikasi jasa atau barang yang ditawarkan.
  • Keadaan jasa atau barang yang ditawarkan.
  • Harga
  • Lokasi
  • Posisi yang diperlukan.
  • Syarat pendidikan.
  • Nomor telepon atau alamat yang bisa di hubungi.
  • Syarat lain yang mengarah pada keterampilan atau kompetensi dan kepribadian calon pencari kerja.
  • Kode iklan yang asalnya dari redaksi.

Contoh Iklan Baris

Setelah menjelaskan tentang unsur unsur iklan baris di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh iklan baris yang memuat unsur unsur tersebut. Berikut contohnya yaitu:

  • Bth Mrktg Sabun Muka P/W min D3, max 35 thn, pglm min 1 thn, pnya mtr.
  • Lmr : Cengkareng Jl. Gajah Mada, Tmn Melati Rk Indah 5 Jakarta 44958472
  • Dicari Lulusan SMK Komputer, Mengenal Komputer, Kirim CV ke Emali : hrd@plhi.co.
  • Jual Cepat (BU) HP Samsung A10, No minus, Pemakaian baru 2 hari. Hub. 0982 7822 2811.
  • BU Tnh Pondok Indah 15 ha. Strategis Sblh Mall Cinere persis. Jln. Lebar bs utk perumahan 082134567876
  • Tanaman hias – Renovasi/buat taman, air terjun, batu alam, tamen kering, gazebo, kolam. Hp : 085726354665

Sekian penjelasan mengenai unsur unsur iklan baris dalam Bahasa Indonesia beserta contoh iklan baris. Iklan baris merupakan iklan yang mengandung beberapa baris dalam kolom sehingga pemasangannya dapat berbentuk baris baris.

Next Post Previous Post