Pengertian Piezoelectric Buzzer, Fungsi, Simbol dan Cara Kerja Piezoelectric Buzzer

Pengertian Piezoelectric Buzzer – Salah satu komponen yang dapat digunakan dibidang audio adalah Buzzer. Buzzer merupakan sebuah komponen elektronika yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi getaran suara, yang penggunaannya sering dijumpai pada meteran listrik yang menggunakan pulsa, oven, sepeda motor, jam dan lain sebagainya.

Prinsip kerja dari buzzer yaitu apabila terdapat suatu aliran listrik yang mengalir ke buzzer, maka akan terjadi pergerakan mekanis yang terjadi pada buzzer tersebut. oleh karena itu terjadilah perubahan energi listrik menjadi energi suara yang dapat didengar oleh manusia.

Buzzer memiliki dua jenis yaitu active buzzer yang sudah memiliki suaranya sendiri saat diberikan teganan listrik dan passive buzzer yang tidak memiliki suara sendiri. Dan untuk komponen ini memeiliki 3 spesifikasi yaitu buzzer piezoelectric, buzzer kaki pin negatif, buzzer kaki pin positif. Dimana piezoelectric bagian berbentuk tabung yang berwarna hitam yang digunakan sebagai sumber suara.

Pada artikel ini akan dibahas tentang buzzer piezoelectric yang memiliki pengertian yaitu suatu komponen elektronika yang dapat memanfaat efek dari piezoeletrik dengan mengubahnya menjadi energi mekanik yang berupa tekanan men jadi energi listrik

Jenis buzzer yang sering digunaka pada perangkat audio salah satunya adalah buze piezoelectric. Buzzer jenis ini dikenal denan harganya yang lebih murah dan relatif ringan dan mudah saar digabungkan dengan rangkaian elektronika lainnya. Jenis spesifikasi ini termasuk dalam buzzer dari keluarga tranduser yang sering juga disebut dengan beeper.

Pada komponen ini terdapat efek piezoelectri yang awal ditemukan oleh dua fisikawan prancis pada tahun 1880 yang bernama pierre curie dan jacques curie. Hadil dari penemuan tersebut lalu dikembangkan oleh perusahaan jepang menjadi piezo electric buzzer dan komonen ini mulai populer digunakan di berbagai negara pada tahun 1970 – an.

Cara Kerja Piezoelectric Buzzer

Sesuai dengan namanya, piezoelectric buzzer merupakan jenis buzzer yang menggunakan efek piezoelectric untuk menghasilkan suara atau bunyinya. Tegangan listrik yang diberikan ke bahan piezoelectric akan menyebabkan gerakan mekanis, gerakan tersebut kemudian diubah menjadi suara atau bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia dengan menggunakan diafragma dan resonator.

Berikut gambar bentuk dan struktur dasa dari piezoelectroc buzzer :

piezoelectric buzzer

Jika dibandingkan dengan Speaker, Piezo Buzzer relatif lebih mudah untuk digerakan. Sebagai contoh, Piezo Buzzer dapat digerakan hanya dengan menggunakan output langsung dari sebuah IC TTL, hal ini sangat berbeda dengan Speaker yang harus menggunakan penguat khusus untuk menggerakan Speaker agar mendapatkan intensitas suara yang dapat didengar oleh manusia.

Piezo Buzzer dapat bekerja dengan baik dalam menghasilkan frekuensi di kisaran 1 – 5 kHz hingga 100 kHz untuk aplikasi Ultrasound. Tegangan Operasional Piezoelectric Buzzer yang umum biasanya berkisar diantara 3Volt hingga 12 Volt.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …