Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Lengkap Dengan Contohnya – Kalimat ialah serangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan dapat dihubungkan menjadi satu hingga membentuk sebuah makna tertentu. Kalimat dalam Bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kalimat majemuk, kalimat sumbang (tidak padu), dan sebagainya.

Salah satu jenis kalimat yang sering digunakan sebagai soal soal ujian ketika masih dibangku sekolah ialah kalimat sumbang atau kalimat tidak padu. Jenis kalimat ini merupakan kalimat yang salah satunya tidak berkaitan dengan kalimat utama.

Lalu bagaimana cara menemukan kalimat sumbang? 

Apa pengertian kalimat sumbang itu?

Bagaimana bentuk contoh kalimat sumbang?

Kita tahu bahwa kalimat sumbang atau kalimat tidak padu merupakan jenis kalimat yang susunannya tidak terpadu. Maka dari itu kita harus mengurangi, menambah atau mengganti kata di dalamnya agar kalimat kalimat didalamnya menjadi lebih baik untuk dibaca.

kalimat sumbang

Kalimat sumbang pada dasarnya dapat dengan mudah dicari dan diselesaikan. Namun sebelum itu anda harus mengetahui maksud dari bacaan sebelumnya. Dengan begitu kalimat yang akan dilengkapi menjadi lebih benar dan baik.

Baca juga : Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Pengertian dan Contohnya

Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Lengkap Dengan Contohnya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kalimat dapat diartikan sebagai serangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan dapat dihubungkan menjadi satu hingga membentuk sebuah makna tertentu. Sedangkan sumbang dapat diartikan sebagai sesuatu yang kurang dan tidak semestinya. Untuk itu kalimat ini memiliki maksud yang berbeda dengan kalimat kalimat lainnya.

Kalimat sumbang pada dasarnya banyak kita temukan dalam soal soal ujian Bahasa Indonesia. Kalimat ini memang dibuat sedemikian rupa agar para siswa dapat membenarkannya menggunakan kata yang benar. Namun tidak hanya itu, beberapa bacaan juga memiliki kata sumbang yang maknanya kurang dapat dipahami dengan baik.

Dalam pembahasan ini, saya akan jelaskan menjadi dua sub menu yakni pengertian kalimat sumbang dan contoh kalimat sumbang. Untuk pengertian kalimat sumbang tersebut berisi ciri ciri kalimat sumbang dan cara menemukan kalimatnya.

Pengertian Kalimat Sumbang

Pengertian kalimat sumbang secara singkat ialah jenis kalimat yang tidak berkaitan dengan gagasan utama atau keluar dari topik pembicaraan. Adapula pengertian kalimat sumbang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu kalimat yang bertolak belakang dan tidak mendukung kalimat utamanya.

Kalimat sumbang dapat disebut sebagai kalimat tidak padu. Hal ini dikarenakan dalam menuangkan ide/gagasan terdapat kesalah pahaman penulisan sehingga membuat kalimatnya terdengar rancu (tidak jelas).

Untuk membedakannya dengan kalimat lain, kalimat sumbang memiliki ciri ciri kalimatnya sendiri. Sebelum beranjak menuju contoh kalimat sumbang atau contoh kalimat tidak padu, silahkan simak ciri ciri kalimat sumbang dibawah ini:

  • Kalimatnya bertolak belakang dengan gagasan utama yang ingin disampaikan penulis. Maka dari itu, anda dapat menemukannya dengan mudah jika teliti.
  • Kalimatnya tidak hanya bertolak belakang tetapi juga tidak nyambung dengan kalimat kalimat sebelumnya.
  • Kalimatnya keluar dari kalimat inti dalam paragraf.

Dalam pengertian kalimat sumbang ini, saya juga akan membagikan beberapa cara menemukan kalimat sumbang dengan mudah. Berikut cara menemukan kalimat sumbang :

  • Langkah pertama ialah membaca paragraf secara menyeluruh. Setelah itu carilah kalimat  utama dan kalimat penjelasnya.
  • Jika anda sudah menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas, perhatikan satu persatu kalimat kalimatnya apakah saling berkaitan/berhubungan satu sama lain. Contohnya kalimat  utamanya tidak sesuai dengan kalimat penjelasnya ataupun sebaliknya. Jika terdapat kalimat yang keluar dari topik pembicaraa (kalimat inti) maka kalimat tersebut dapat dikategorikan sebagai kalimat tidak padu (sumbang).
  • Untuk memastikannya lagi, maka baca ulang paragraf tersebut.

Contoh Kalimat Sumbang

Dibawah ini terdapat beberapa contoh kalimat sumbang yang telah saya sajikan untuk anda.

Contoh 1

Desaku memiliki alam yang asri dan nyaman (1). Disekeliling kampungpun udaranya sangat sejuk dan segar, bahkan tidak ada polusi sedikitpun (2). Disetiap rumah dan jalan juga masih ada pepohonan yang hijau dan rindang (3). Orang orang sedang lelap tertidur (4). Selain asri, desaku juga permai karena masih terdapat sawah hijau yang terbentang luas (5). Keindahan desaku tidak hanya itu karena desaku seolah olah diselimuti permadani emas dikala panen tiba (6). Apalagi didesaku juga terdapat sungai yang jernih dan terawat sehingga menambah kenyamanan disini (7).

Berdasarkan contoh kalimat sumbang diatas dapat kita temukan kalimat utamanya yaitu “Desaku memiliki alam yang asri dan nyaman”. Kemudian kalimat penjelasnya ialah kalimat nomor 2, 3, 5, 6, dan 7. Untuk kalimat nomor 4 termasuk kalimat sumbang karena keluar dari kalimat inti.

Kalimat nomor 4 ialah “Orang orang sedang lelap tertidur”. Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama, maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Kalimat Tanya Beserta Contohnya

Contoh 2

Olahraga adalah kunci kesehatan tubuh (1). Dengan berolahraga, metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan bekerja dengan baik sehingga penyerapan zat makanan dapat berjalan dengan maksimal (2). Nutrisi makanan yang telah terserap akan bermanfaat untuk organ organ dalam tubuh kita (3). Apabila organ organ tubuh kita bekerja dengan baik maka dapat membuat tubuh lebih sehat dan jauh dari berbagai penyakit (4). Maka dari itu olahraga cukup menyenangkan untuk dilakukan (5).

Berdasarkan contoh kalimat sumbang diatas dapat kita temukan kalimat utamanya yaitu “Olahraga adalah kunci kesehatan tubuh”. Kemudian kalimat penjelasnya ialah kalimat nomor 2, 3, dan 4. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat sumbang karena keluar dari kalimat inti.

Kalimat nomor 5 ialah “Maka dari itu olahraga cukup menyenangkap untuk dilakukan”. Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama, maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Contoh 3

Melinda adalah murid yang pandai dan rajin disekolah (1). Ia selalu datang pagi untuk membersihkan kelasnya (2). Selain itu, Melinda juga tidak pernah lupa untuk mengerjakan tugas tugas sekolahnya (3). Apalagi Melinda selalu mendapatkan ranking 1 dikelasnya (4). Melinda memiliki hobi memasak (5). Melinda tidak hanya pandai dalam pelajaran akademisnya tetapi dalam bidang non akademis seperti olahraga (6).

Berdasarkan contoh kalimat sumbang diatas dapat kita temukan kalimat utamanya yaitu “Melinda adalah murid yang pandai dan rajin disekolah”. Kemudian kalimat penjelasnya ialah kalimat nomor 2, 3, 4, dan 6. Untuk kalimat nomor 5 termasuk kalimat sumbang karena keluar dari kalimat inti.

Kalimat nomor 5 ialah “Melinda memiliki hobi memasak”. Hal ini tentunya tidak berkaitan dengan kalimat utama, maka dari itu dikatakan sebagai kalimat sumbang atau kalimat tidak padu.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kalimat sumbang lengkap dengan contoh kalimat sumbang. Dalam menemukan kalimat tersebut membutukan ketelitian dan ketepatan dalam memahami paragrafnya. 

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …