Pengertian Kalimat Efektif, Ciri-Ciri dan Contoh Kalimat Efektif

Pengertian Kalimat Efektif, Ciri-Ciri, Dan Contoh Kalimat Efektif – Pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas salah satu jenis kalimat yaitu kalimat efektif. Sebelum membahas kalimat efektif kita perlu mengetahui terlebih dahalu definisi dari kalimat itu sendiri.

Kalimat adalah kesatuan kata dalam bahasa tertentu yang dirangkai dan menyatakan sebuah makna yang lengkap. Kalimat dapat diucapkan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Setelah mengetahui apa itu kalimat, sekarang saatnya kita untuk membahas seputar materi kalimat efektif sebagai berikut.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kalimat dalam Bahasa Indonesia pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah kalimat efektif. Jenis kalimat ini memiliki definisi, ciri ciri maupun contohnya sendiri. Kalimat efektif tersebut juga sering dikaitkan dengan kalimat tidak efektif.

Lantas, apa itu kalimat efektif?

Kalimat efektif adalah kesatuan kata yang dirangkai lebih tepat sesuai dengan kaidah bahasa, jelas, serta mudah dipahami oleh pendengar maupun pembaca. Dari pengertian tersebut, kalimat efektif memiliki syarat-syarat seperti mewakili pemikiran dari penulisnya atau pembicaranya secara tepat dan akurat, serta pemahaman yang diterima oleh orang yang menulis dan membaca dan orang yang membaca dan mendengar sama.

Pengertian Kalimat Efektif, Ciri-Ciri, Dan Contoh Kalimat Efektif

Dalam sebuah karya sastra biasanya terdapat suatu kalimat yang menarik perhatian pembacanya. Kalimat ini harus memiliki unsur yang singkat dan  mudah untuk dipahami. Jika kalimat kalimatnya terlalu berputar putar dan panjang, pastinya para pembaca akan malas untuk membacanya. Terlebih lagi isi dari kalimat tersebut susah untuk dimengerti.

Kalimat efektif memang identik dengan susunan berlakunya kaidah kaidah Bahasa Indonesia yang penting bagi setiap kalimat seperti subjek dan predikat. Selain itu kata kata di dalamnya juga harus berdasar pada EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Bahkan dalam kalimatnya juga disertai dengan pemilihan kata atau diksi yang tepat.

Apa yang dimaksud kalimat efektif itu?

Agar ada lebih paham mengenai materi kalimat efektif ini, maka saya akan menjelaskan tentang pengertian kalimat efektif, ciri ciri, maupun contoh kalimat efektif. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Contoh Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Beserta Pengertiannya

Pengertian dan Ciri Ciri Kalimat Efektif

Secara umum kalimat efektif memang dapat diartikan sebagai kesatuan kata yang dirangkai lebih tepat sesuai dengan kaidah bahasa, jelas, serta mudah dipahami oleh pendengar maupun pembaca.

Selain definisi kalimat efektif tersebut, adapula ciri ciri dari kalimat efektif. Kalimat efektif memiliki beberapa ciri ciri seperti berikut ini:

  1. Kalimat efektif memiliki bentuk atau imbuhan yang sama.
  2. Hemat
  3. Kalimat efektif hanya menggunakan kata yang perlu saja.
  4. Tidak bertele-tele.
  5. Mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.
  6. Masuk akal.

Contoh Kalimat Efektif

Setelah membahas tentang pengertian kalimat efektif dan ciri ciri kalimat efektif di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh dari kalimat efektif. Adapun beberapa contohnya yaitu sebagai berikut:

  • Sejak dari kemarin dia bekerja (tidak efektif). Pembenaran: Sejak kemarin dia bekerja (efektif).
  • Oleh-oleh yang diberikan paman kami akan menerimanya (tidak efektif). Pembenaran : Oleh-oleh yang diberikan paman akan kami terima (efektif).

Sekian penjelasan mengenai pengertian kalimat efektif, ciri ciri kalimat efektif, dan contoh kalimat efektif. Kalimat efektif merupakan salah satu jenis kalimat Bahasa Indonesia.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …