Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Kalimat Langsung dan Tidak Langsung, Ciri-Ciri Dan Contohnya - Apa itu kalimat? Kalimat merupakan sekumpulan kata yang dihubungkan dengan konjungsi hingga menjadi satu kesatuan. Kalimat ini pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis kalimat Bahasa Indonesia tersebut memiliki ciri khas atau karakteristik tertentu.

Lantas apa saja jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia?

Dalam pelajaran bahasa Indonesia kita sering mendengar istilah kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Bahkan tanpa sadar kita sering menggunakan kalimat tersebut dalam kehidupan sehari hari. Entah itu dalam sebuah percakapan antar teman, dengan guru, atau dengan orang tua. Hanya saja kita tidak menyadari penggunaan kalimat langsung dan tidak langsung tersebut.

Mayoritas dari kita tidak pernah memperhatikan pola kalimat yang terlontar ketika berbicara. Padahal jika dianalisa kalimat yang kita ucapkan bisa diklasifikasikan berdasarkan polanya. Baik kalimat langsung maupun tidak langsung sangat penting untuk dipelajari karena kalimat ini sering keluar sebagai meteri ujian. Langsung saja kita menuju pembahasan tentang Pengertian, Ciri-Ciri, Dan Contoh Kalimat Langsung Dan Tidak Langsung.

Pengertian Kalimat Langsung dan Kalimat Langsung, Ciri-Ciri dan Contohnya

Kalimat adalah sesuatu yang lumrah digunakan dalam percakapan. Melalui kalimat ini informasi dapat tersampaikan dengan baik. Dalam prakteknya kita memang tidak akan pernah terlepas dari penggunaan kalimat langsung maupun kalimat tak langsung. Jadi tanpa perlu mencari contoh kalimat tertentu pun sebenarnya kita sudah sering mengucapkannya.

Baca juga : 80 Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Lengkap Dengan Strukturnya

Penggunaan kalimat tersebut juga tidak hanya diucapkan dalam keseharian saja. Melainkan juga sering dipakai dalam berbagai karya tulis untuk menyatakan pendapat orang lain. Misalnya saja kita ingin mengutip nasehat orang lain, mengutip percakapan, dan lain sebagainya.

kalimat langsung dan tidak langsung

Meskipun berbagai materi tentang penggunaan kalimat telah dibahas dalam berbagai kesempatan. Namun masih banyak siswa yang kebingungan dalam menentukan struktur kalimat tersebut.

Nah, untuk menjawab segala kebingungan diatas saya telah merangkum materi yang berisi kalimat langsung dan kalimat tidak langsung. Dengan membaca artikel ini diharapkan kita bisa menentukan jenis kalimat beserta strukturnya.

Kalimat Langsung

Tanpa kita sadari sebenarnya contoh kalimat langsung sebenarnya bisa kita jumpai dengan mudah dalam keseharian. Misalnya ketika sedang berbincang bersama teman, keluarga, ataupun rekan kerja. Hanya saja kita tak menyadari hal tersebut karena tak mengetahui ciri cirinya.

Pola penggunaan kalimat yang pertama yakni bersifat langsung. Pengertian kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang menirukan perkataan atau ujaran dari seseorang secara langsung tanpa mendapatkan imbuhan maupun pengaturan terlebih dahulu.

Biasanya kalimat langsung dapat berbentuk berita, kalimat perintah, kalimat tanya, tergantung pada konteks pembicaraan. Kalimat langsung menggunakan tanda petik pada awal dan akhir kalimat sebagai penanda bahwa itu merupakan kalimat yang dikutip dari seseorang.

Ciri Ciri Kalimat Langsung

Karena kalimat dibagi berdasarkan kategorinya otomatis setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri. Kita dapat mengidentifikasi kalimat langsung jika dalamnya terdapat:

  1. Memiliki tanda petik.
  2. Bagian yang di kutip memiliki intonasi yang lebih tinggi dari bagian lainnya.
  3. Huruf pertama setelah tanda petik ditulis menggunakan huruf besar (kapital).
  4. kalimat petik umumnya berupa kalimat berita, kalimat perintah, maupun kalimat tanya.
  5. Terdapat tanda baca koma (,) sebelum petikan, jika dalam petikan tersebut menggunakan kalimat sapaan.
  6. Kalimat langsung berupa dialog yang berurutan menggunakan tanda baca titik dua (:) di depan kalimat.

Contoh Kalimat Langsung

Sebenarnya dalam berbagai kesempatan kita sering mengucapkan kalimat langsung. Ucapan kita bisa menjadi contoh otentik dari kalimat langsung disekitar kita. Selain itu jika kita rajin membaca buku maupun karangan sudah pasti bisa menemukan berbagai penggunaan kalimat ini.

Baca juga : Kalimat Sindiran : Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan dan Contoh Kalimat Sindiran

Sebagai perbandingan dan referensi saya telah merangkum beberapa contoh kalimat langsung di bawah ini:

  1. Ega berkata, “Aku tidak suka makan roti kismis”.
  2. “Ron, tutup pintu depan rumah!” kata ayah kepada Roni.
  3. “Kamu nggak boleh bepergian dulu ya, kondisimu masih belum pulih sepenuhnya,” kata ayah kepada anaknya.
  4. Bu elfa bertanya, “Adakah diantara kalian yang bercita-cita menjadi guru?”
  5. Raka berkata,” Rita berangkatnya nanti saya yang antar!”
  6. ”Kapan kamu mau pulang ke kampung?“ tanya Ibu.
  7. ”Belikan saya peralatan memasak yang baru!“ pinta ana.
  8. ”Mungkin saya akan telat“ kata totok.
  9. “Bagaimana kabar orang tuamu?” Tanya bu guru.
  10. Ibuku berkata “Cari teman sekarang harus berhati-hati”
  11. Kakak sika berkata “Ambilkan pulpen itu!”

Kalimat Tidak Langsung

Pada sesi di atas kita telah membahas materi kalimat langsung yang terdiri dari pengertian kalimat langsung, ciri kalimat langsung dan contoh kalimat langsungnya. Sekarang kita akan beranjak ke materi yang kedua yakni kalimat tak langsung.

Lantas seperti apa sebenarnya bentuk kalimat tidak langsung ?

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang memberitahukan ujaran dan perkataan orang lain. Kalimat tidak langsung diawali dengan huruf kapital di depan dan diakhiri oleh tanda baca titik (.) di belakang. Singkatnya Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang memberitahukan sebuah hasil kutipan dan disampaikan dalam bentuk kalimat berita.

Ciri Ciri Kalimat Tidak Langsung

Kita bisa mengidentifikasi kalimat tidak langsung dengan sangat mudah. Jika sebuah kalimat mengandung beberapa poin seperti di bawah sudah dipastikan menggunakan pola kalimat tidak langsung.

  1. Tidak memiliki tanda baca petik.
  2. Menggunakan Intonasi yang mendatar dan menurun di akhir kalimat.
  3. Sudut pandang dan Pelaku yang terdapat pada kalimat akan mengalami perubahan.
  4. Bagian yang dikutip berbentuk kalimat berita.

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Kalimat tak langsung banyak sekali diucapkan dalam keseharian kita. Baik itu ketika dirumah, di sekolah maupun berbagai tempat umum lainnya. Dalam artikel kali ini saya telah merangkum beberapa contoh kalimat tidak langsung sesuai dengan konteks kehidupan kita sehari hari.

  1. Ayah menyuruhku untuk mengantarkan berkas domkumen ini kepada ibu.
  2. Pejalan kaki itu bergegas menuju kantornya karena jam kerja sudah hampir dimulai.
  3. Kerusuhan yang terjadi semalam disebabkan terjadinya salah paham antara kedua belah pihak, ujar pak siswantoro.
  4. Niken berkata pada adiknya, bahwa adiknya harus makan malam.

Itulah pengertian, ciri-ciri dan contoh kalimat langsung dan tidak langsung yang dapat anda pelajari. Memahami pola kalimat memang sangat penting selain sebagai ilmu pengetahuan kita bisa menambah pengalaman kita ketika berbicara maupun menulis.

Next Post Previous Post