Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan, Teknologi dan Rokok

Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan, Teknologi, Rokok Lengkap Dengan Strukturnya – Teks tantangan adalah teks yang bersifat kontroversional karena didalamnya memuat informasi berupa bantahan bantahan terhadap satu hal atau rumor yang berkembang di tengah masyarakat.

Contoh tentang teks tantangan umumnya akan dilengkapi dengan berbagai argumen yang mengacu pada data data yang bertujuan untuk memperkuat argumen tersebut. Penggunaan teks tantangan umumnya dapat dengan mudah kita temukan pada acara debat.

Pada umumnya kita juga bisa menemukan penggunaan kalimat yang bersifat menantang dalam percakapan. Selain digunakan untuk memperkuat argumen maupun menyanggah teks ini bisa juga digunakan untuk media persuasi.

Contoh teks tantangan digunakan untuk memprovokasi lawan bicara agar melakukan hal yang kita inginkan. Melalui nada tantangan kita bisa melakukan pendekatan dan akhirnya meyakinkan lawan bicara untuk melakukan apa yang kita tantangkan kepada mereka.

Secara garis besar materi satu ini mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Cakupan pembahasannya pun tak terlalu kompleks hampir sama seperti jenis teks bahasa indonesia lainnya. Sayangnya, mayoritas guru tak memberikan penjelasan secara intens kepada siswa. Sehingga saat ujian pun banyak siswa tak mampu menjelaskan apa saja unsur dari teks satu ini.

Baca juga : Teks Tantangan : Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Tantangan

Apakah anda tahu bagaimana bentuk contoh teks tantangan singkat itu? Teks tantangan tersebut dapat berbeda dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Letak perbedaannya ada pada struktur dan kaidah kebahasaan yang digunakan.

Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan dan Teknologi Lengkap Dengan Strukturnya

Materi teks tantangan memang tidak dijelaskan secara langsung ketika pelajaran. Namun penggunaan kalimat tantangan bisa kita temukan dalam teks debat. Kita akan mempelajari kaidah kebahasaan serta struktur teks tantangan sebelum menuju pada contohnya.

Dalam debat atau perdebatan baik secara kelompok maupun individu, teks tantangan seringkali digunakan untuk menyanggah sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh lawan bicara. Dalam menyanggah menggunakan teks ini kita harus memperhatikan beberapa kaidah kebahasaan yang didasari etika dan norma yang berlaku. Seperti contoh:

  • Dalam mengeluarkan sanggahan, tantangan harus disertai alasan dan bukti yang valid.
  • Sanggahan atau tantangan disampaikan secara baik.
  • Tidak terlalu offensive dalam menyampaikan bantahan.
  • Ketika anda kalah dalam berargumen tantangan maka anda harus mau mengakui kekalahan tersebut.

Contoh teks tantangan singkat sendiri dapat dikategorikan berdasarkan tema, fungsi dan tujuannya. Tema tema dari contoh teks tersebut bermacam-macam seperti dibawah ini.

  • Teks tantangan tentang sampah : Teks tantangan sampah umumnya akan membahas permasalahan yang sedikit banyak berhubungan dengan sampah seperti tantangan menanggulangi sampah, tantangan mencegah sampah dan lain sebagainya.
  • Teks tantangan tentang rokok : Teks tantangan rokok umumnya membahas seputar rokok yang menyangkut penggunaan rokok di area publik. Maupun argumen tentang hak hak perokok dan orang yang tidak merokok.
  • Teks tantangan tentang pendidikan : Contoh teks tantangan pendidikan sendiri adalah contoh teks yang paling mudah untuk ditemui karena memang permasalahan pendidikan di Indonesia sangat banyak. Mulai dari infrastruktur sekolah, kurikulum yang selalu berganti ganti, hingga uang kuliah yang mahal.
  • Teks tantangan teknologi : Teks tantangan tentang teknologi umum membahas tentang perkembangan zaman yang tengah berlangsung. Seperti penggunaan sosial media, penggunaan internet, penggunaan dan perkembangan smartphone dan gadget.

Sebenarnya masih terdapat banyak sekali contoh teks tantangan singkat tentang berbagai hal yang pada dasarnya dapat kita temukan di berbagai media masa baik media elektronik maupun media cetak. Khususnya di era teknologi sekarang ini, kita dapat mengakses internet untuk mencari kumpulan contoh teks ini dengan sangat cepat.

Sedangkan untuk struktur teks tantangan dan kaidah kebahasaan teks tantangan akan kita bahas setelah anda melihat contoh dari teks ini.

Struktur Teks Tantangan

Pada dasarnya terdapat banyak sekali contoh tantangan yang dapat kita temukan dalam kehidupan. Contoh tantangan yang paling sering kita temukan umumnya pada acara debat di televisi yang notabennya memang memberikan suguhan pembicaraan bersifat kontroversional dan mengandung baik pro dan kontra. Misalnya contoh teks tantangan tentang sampah, rokok, dan pendidikan yang dapat anda simak.

Teks tantangan sendiri tersusun atas struktur berupa orientasi, argumen dan bantahan. Untuk memahami lebih jelas, maka simaklah struktur teks tantangan dibawah ini:

  • Orientasi sering kali disebut isu yang berisi topik bahasan yang nantinya akan dibahas.
  • Argumen berisi tentang data data atau fakta yang berfungsi untuk memperkuat bantahan.
  • Bantahan berisi tentang pernyataan yang bersifat membantah.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Cara membuat teks tantangan tak mudah seperti kelihatannya. Selain menyusun topik sesuai struktur ternyata kalian juga harus memperhatikan beberapa aspek di dalamnya. Aspek inilah yang selanjutnya akan kita sebut sebagai kaidah kebahasaan yang notabennya menjadi parameter penulisan yang baik dan benar.

Baca juga : Perbedaan Teks Tantangan dan Teks Tanggapan Kritis Beserta Persamaannya

Tak sedikit siswa yang salah dalam menulis karena tak mengetahui kaidah kebahasaan teks tantangan. Padahal materi tersebut sebenarnya bisa kalian baca sendiri dari buku pedoman bahasa indonesia. Tapi, untuk mempersingkat waktu saya telah merangkumnya menjadi beberapa poin di bawah:

  • Menggunakan kalimat kompleks.
  • Menggunakan kata rujukan, yang merupakan perujuk informasi.
  • Menggunakan kata hubung dan kalimat penghubung antar paragrafnya.
  • Gagasan teks disampaikan dengan baik menggunakan pilihan kata yang tepat.

Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah

Sampah merupakan salah satu permasalahan publik yang tak kunjung terpecahkan. Fenomena satu ini terjadi karena tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah ditambah kurangnya sosialisasi dari pemerintah.

Akibatnya, ketika sampah menumpuk tanpa penyelesaian maka akan muncul problematika baru yang lebih kompleks. Misalnya menimbulkan banjir, memicu penyebaran bibit penyakit, dan tak enak dipandang.

Akhirnya banyak penulis yang membuat contoh teks tantangan tentang lingkungan sebagai bentuk sindiran publik. Ketika masyarakat menangkap makna yang ada dalam bacaan maka mereka akan tergerak dan lebih menjaga lingkungan. Nah, seperti apa contohnya?

Orientasi

Jika mendengar tentang sampah, tentunya benda ini sudah tidak asing lagi untuk kita. Jika mendengar kata ini sekilas akan terlintas setumpukan limbah yang berbau busuk melintas di benak kita. Para ahli mengartikan sampah sebagai benda atau meterial sisa hasil produksi maupun konsumsi yang sudah tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan lagi. Terkadang sampah juga sering diartikan sebagai barang yang merugikan karena dapat merusak keindahan dan aroma pada lingkungan sekitar. Maka dari itu kebanyakan orang akan membuang sampah karena sudah tidak berguna. Sampah sendiri dapat dapat dikategorikan berdasarkan bahan penyusunnya yakni sampah organik dan non organik.

Argumentasi

Jika sampah tidak dibuang pada tempatnya maupun ditumpuk tanpa sistem pengelolaan yan baik maka sampah dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan manusia disekelilingnya. Tumpukan sampah maupun sampah yang berserakan dapat mendatangkan hama dan wabah pengganggu seperti serangga lalat, kutu, kecoa, tikus, bakteri dan sebagainya yang tentunya dapat menimbulkan penyakit.

Memang sampah sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan jika berada di lingkungan terlebih lagi pada pemukiman padat penduduk. Maka dari itu, diperlukan adanya sistem pengelolaan sampah yang baik dengan melakukan daur ulang sampah untuk mencegah pencemaran lingkungan. Pada dasarnya, segala jenis sampah yang kita buang dapat kita olah kembali untuk dimanfaatkan. Seperti dijadikan bahan membuat kerajinan yang bersifat benefit dari segi ekonomi. Sistem pengelolaan sampah dapat dikategorikan menjadi 3 tahapan utama yakni tahap pengumpulan, tahap pemisahan/pengangkutan, dan tahap akhir yakni pengolahan.

Sampah tidak harus selalu dibuang begitu saja, melainkan harus dipilih berdasarkan jenisnya yang nantinya dapat dijadikan bahan daur ulang. Hal ini tentunya lebih baik dan ekonomis daripada hanya membuangnya saja di tempat pembuangan akhir. Hal ini diperkuat dengan pernyataan bahwa tempat pembuangan sampah akhir yang bercampur menjadi satu akan mengurangi dan bahkan merusak estetika lingkungan sekitarnya. Terlebih lagi jika sampah tersebut hanya dibakar. Tentunya penyelesaian semacam ini malah akan menimbulkan perasalahan baru.

Baca juga : Pengertian Teks Tanggapan Kritis, Struktur Dan Contoh Teks Tanggapan Kritis

Simpulan (bantahan)

Sampah merupakan hasil akhir dari proses aktivitas manusia dan menjadi sebuah konsekuensi yang harus ditanggung. Namun banyak sekali manusia yang mengabaikannya dan tidak mau andil dalam mengolah sampah yang notabennya mereka hasilkan sendiri. Hal ini terjadi karena mereka selalu beranggapan sampah merupakan hal yang biasa dalam kehidupan yang sah sah saja meskipun tidak ikut dalam proses penanggulanannya.

Maka dari itu, cara paling tepat untuk mengatasi permasalahan sampah yang pertama dan utama berasal dari manusia itu sendiri. Peran serta dan kesadaran yang dimiliki semua orang sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Hal ini dapat terwujud bila setiap orang memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab untuk mengolah sampah yang mereka hasilkan sendiri.

Contoh Teks Tantangan Tentang Teknologi

Teknologi menjadi salah salah satu tema yang cukup menarik untuk dibahas. Mengapa demikian? Karena perkembangannya yang tak terbendung dan memberi dampak signifikan bagi masyarakat. Baik buruknya dampak yang timbul tergantung bagaimana cara pengguna menyikapinya.

Contoh teks tantangan satu ini bertujuan untuk mengingatkan kita agar tak terlalu bergantung pada teknologi. Karena intensitas pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan dampak buruk bagi penggunanya. Misalnya mampu menciptakan kesenjangan sosial pergaulan, menurunnya aktivitas fisik, dan menimbulkan efek ketergantungan.

Orientasi

Internet dapat dikatakan sebagai salah satu teknologi yang memberikan layanan untuk mencari informasi tertentu yang dibutuhkan manusia. Penggunaan internet sendiri sudah sangat umum dan menjadi viral karena internet memberikan kemudahan akses informasi untuk mempermudah kehidupan manusia. Namun tidak sedikit yang beranggapan bahwa penggunaan internet memberikan kerugian dan dampak negatif bagi banyak pihak. Hal ini dapat ditandai ketika seseorang sudah merasa dimanja internet dan menjadi lupa waktu dan hanya menghabikan kesehariannya dengan untuk bermain internet mencari kesenangan sendiri.

Argumentasi

Namun sebenarnya tidak sepenuhnya penilaian di atas benar. Penggunaan internet pada dasarnya memang dapat membantu dan mempermudah akses dalam mencari intormasi yang dibutuhkan oleh penggunanya hanya dalam hitungan detik saja. Selain itu untuk menggunakan internet ini sangat mudah karena anda hanya memerlukan smartphone, tablet, maupun laptop saja sebagai medianya.

Dulu kita memang sering disibukkan membaca koran dan buku hanya untuk mengetahui berita atau informasi terbaru yang tengah terjadi. Namun dengan adanya internet tentunya dapat membantu kita mengatasi permasalahan keterlambatan informasi tersebut. Internet dinilai lebih efisien dan lebih efektif digunakan untuk mengetahui informasi dan kondisi tentang hal yang tengah berlangsung. Dengan adanya internet kita dapat mengakses informasi secara real time. Dalam artian jik tengah terjadi suatu peristiwa di suatu tempat kita dapat langsung mengakses beritanya saat itu juga melalui berbagai layanan internet seperti google, sosial media dan sebagainya.

Selain digunakan untuk mendapatkan informasi secara kilat, internet juga dapat digunakan untuk berbagai sarana seperti promosi bisnis, usaha dan produk tertentu yang tengah kita kelola. Hal ini dapat terjadi ketika kita mempromosikan bisnis kita pada jejaring sosial tertentu seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Selain itu kita juga dapat mendapatkan pundi pundi uang dengan cara mengikuti program periklanan online (online advertisement program) yang banyak diselenggarakan oleh pihak pihak tertentu. Jika kita mendapati internet hanya digunakan untuk keperluan tidak senonoh oleh penggunanya maka pengguna tersebut belum benar benar paham tentang manfaat dari penggunaan internet.

Kesimpulan (bantahan)

Internet memang sudah seharusnya menjadi sebuah sarana yang memberikan keuntungan berupa kemudahan dalam mengakses informasi. Namun internet justru menjadi sarana yang menghancurkan moral dan mengurangi kualitas kepribadian seorang individu.

Contoh Teks Tantangan Tentang Pendidikan

Di zaman yang serba maju sekarang ini, pendidikan telah menjadi tolak ukur perkiraan tingkat kesuksesan seorang individu di masa mendatang. Dengan memiliki pendidikan yang tinggi maka seseorang dapat memiliki pekerjaan yang lebih baik. Pendidikan sendiri juga berfungsi sebagai senjata untuk menghadapi persaingan di dunia kerja. Mengingat tingginya tingkat persaingan kerja saat ini, maka menjadikan tingkat pendidikan sangat penting.

Baca juga : 9 Contoh Teks Tanggapan Kritis Lengkap Dengan Strukturnya

Contoh teks tantangan tentang pendidikan menurut saya sangat penting agar bisa membangun kualitas proses KBM lebih baik. Selain itu, lewat penyampaian argumentasi dan fakta diharapkan juga mampu meningkatkan kesadaran baik guru maupun murid.

Orientasi Teks

Pendidikan yang kita kenal di Indonesia terbagi menjadi beberapa kategori yakni SD, SMP, SMA, SMK sederajat dan perguruan tinggi. Untuk mencapai tingkatan perguruan tinggi bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan tingkat persaingan perguruan tinggi di Indonesia semakin meningkat tiap tahunnya. Hal ini bukan tanpa alasan, kesadaran akan pentingnya tingkat pendidikan seseorang menjadikan orang tersebut merasa harus untuk meneruskan sekolahnya ke perguruan tinggi.

Argumentasi

Umumnya tamatan perguruan tinggi memang menjadi prioritas dalam dunia kerja, hal ini karena mereka telah dianggap benar benar menguasai suatu bidang tertentu yang telah dibuktikan dengan ijazah perguruan tinggi mereka. Tidak heran jika dalam dunia kerja ketika orang yang hanya lulusan SMA dan lulusan sarjana bertemu, maka orang dengan ijazah sarjana yang akan diprioritaskan.

Untuk menjawab tantangan kerja semacam ini, kita harus membekali diri dengan pendidikan yang tinggi. Pada dasarnya untuk meraih pendidikan di tingkat universitas tidaklah terlalu sulit seperti yang dibayangkan. Siswa hanya perlu tekun dan telaten dalam belajar. Dengan belajar siswa akan bertambah pandai dan mampu bersaing secara kompetitif dengan siswa lainnya untuk masuk ke suatu perguruan tinggi.

Kesimpulan (bantahan)

Pada dasarnya tingkat pendidikan tidak hanya menjadi satu satunya acuan utama untuk menentukan tingkat kesuksesan seseorang di masa mendatang. Selain tingkat pendidikan, soft skill atau keahlian juga sangat berpengaruh dalam dunia kerja. Akan menjadi percuma jika seorang yang berpendidikan tinggi hanya mengetahui teori namun tidak bisa mengaplikasikannya kedalam skill atau keahliannya. Hal ini diperkuat dengan adanya uji praktek dala suatu proses melamar kerja. Maka dari itu untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Tidak hanya menenyam pendidikan setinggi mungkin saja, namun mereka juga harus menguasai keterampilan dasar atau soft skill.

Selain teks tantangan ini, sebenarnya masih terdapat berbagai teks teks lainnya yang sebelumnya telah kita bahas dalam artikel yang berjudul Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh.

Itulah materi yang dapat saya sampaikan tentang Contoh Teks Tantangan Singkat Tentang Sampah, Pendidikan, Teknologi, Beserta Struktur teks tantangan pada artikel kali ini. Ingat bahwa teks tantangan sangat berbeda baik dengan teks argumentasi mapun teks opini, karena tantangan bersifat menantang argumen dengan mencantumkan data dan fakta yang kuat.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …