Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal dan Laporan Terlengkap

Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal dan Laporan Terlengkap – Dalam pembuatan makalah, tugas, proposal maupun laporan tentunya tidak terlepas dari adanya kata pengantar singkat. Bahkan kata pengantar ini juga digunakan dalam sebuah novel, tesis dan karya tulis lainnya.

Apa itu kata pengantar?

Inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Meski sebenarnya tau maksudnya tapi tak semua bisa mengungkapkan pengertiannya. Kata pengantar menjadi salah satu komponen utama dalam sebuah karya tulis yang tidak boleh kalian lewatkan begitu saja.

Hal ini dikarenakan peran kata pengantar dalam sebuah karya tulis tersebut cukup penting. Misalnya saja jika karya tulis seperti makalah tidak disertai dengan contoh kata pengantar makalah maka akan terkesan kurang lengkap dan tidak baik.

Baca juga : Kumpulan Contoh Saran Makalah Yang Baik dan Benar (Terlengkap)

Lantas bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar?

contoh kata pengantar

Kata pengantar dalam sebuah makalah, tugas, proposal dan laporan mencakup beberapa ucapan penulis terkait penyelesaian pembuatan karya tulisnya, baik dalam bentuk kritik dan saran yang membangun, ucapan rasa syukur, maksud dan tujuan penulisan serta ucapan rasa terima kasih.

Selain itu kata pengantar juga berisi kalimat pengharapan dan penjelasan mengenai tema penulis dalam makalahnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kata pengantar makalah, tugas, proposal dan laporan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan Terlengkap

Sebenarnya materi yang membahas struktur dan cara membuat kata pengantar proposal, tugas, dan makalah bisa kita jumpai mulai jenjang SMP. Sayangnya, materi tersebut tidak terlalu mendapatkan sorotan dan sering dilewati oleh guru. Padahal menjelaskan secara detail pengertian, fungsi, dan contohnya sangatlah penting karena beberapa poin tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian.

Apakah membuat kata pengantar sangat penting?

Jawabannya adalah iya. Karena sebuah karya tulis tidak akan lengkap tanpa adanya kata pengantar. Sebenarnya jika kita tinjau dari segi fungsi kata pengantar tak terlalu memberi dampak signifikan pada hasil tulisan. Intisarinya hanya mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada pihak-pihak yang memberi kontribusi.

Meski demikian, sebagai penulis siswa tetap harus memperhatikan aspek profesionalitas. Setelah menuliskan pengantar barulah kalian bisa memasukan isi, daftar pustaka, dan bagian-bagian lainnya.

Pada dasarnya penulis makalah, tugas, proposal dan laporan mewujudkan rasa hormat kepada pembacanya dalam bentuk kata pengantar ini. Maka dari itu, pemilihan kata di dalamnya pun harus sesuai agar bisa diterima oleh pembaca. Biasanya penulis akan menggunakan bahasa baku serta menyusun kalimat lebih efektif.

Struktur Kata Pengantar

Bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar?

Kita tak bisa menampik fakta bahwa beberapa siswa masih kesulitan menyusunnya. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan serta peran guru dalam memberikan contoh secara konkret.

Struktur merupakan salah satu poin penting jika anda ingin menyusun contoh kata pengantar proposal, makalah ataupun laporan. Bisa dibilang struktur sama seperti kerangka yang mengatur bagaimana cara pembuatan kata pengantar itu sendiri.

Sebelum membagikan beberapa contoh dari kata pengantar, saya akan menjelaskan mengenai struktur kata pengantar terebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita mengerti betul bagaimana cara membuat kata pengantar yang benar.

Baca juga : 3 Contoh Surat Keterangan Aktif Mengajar di Sekolah Terperinci

Adapun beberapa struktur dalam kata pengantar yaitu meliputi:

Pembukaan

Struktur kata pengantar pertama yang harus kalian tulis adalah pembukaan. Pembukaan ialah bagian pertama dalam paragraf satu dan kedua. Dalam contoh kata pengantar ini terdapat pembukaan yang isinya ucapan tim penyusun atau penulis atas rasa syukur karena pembuatan karya tulisnya selesai.

Contohnya ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, rasa syukur kepada Allah SWT, ucapan terima kash kepada orang orang yang berjasa dalam penyelesaian karya tulis dan sebagainya.

Dalam bagian pembukaan terdapat pihak-pihak yang bersangkutan dengan urutan sesuai dengan pengaruh seberapa besar kontribusi dalam menyelesaikan karya tulis itu. Contohnya kata pengantar dalam sebuah makalah tugas berisi ucapan terima kasih kepada guru kelas terlebih dahulu. Kemudiaan dilanjutkan dengan beberapa pihak lain yang berperan besar dalam penulisan makalah tersebut.

Isi

Bagian contoh kata pengantar ini mengandung gambaran dari pembuatan isi karya tulis tersebut. Pada awalnya ditulis judul karyanya terlebih dahulu, kemudin dilanjutkan dengan pembahasan penulis dalam menceritakan isi karya tulisnya. Usahakan isi kata pengantar ini jangan terlalu rinci atau terlalu panjang. Penulisan bagian ini hanya berisi sedikit pandangan atau garis besar dari pembuatan karya tulis tersebut.

Penutup

Struktur kata pengantar selanjutnya berupa penutup. Bagian contoh dari kata pengantar ini berisi harapan dan permohonan maaf penulis dalam pembuatan karya tulisnya. Ungkapan penulis dalam permohonan maaf ini diberikan kepada pembaca jika terdapat beberapa kesalahan penulisan yang ditemukan di kemudian hari.

Maka dari itulah seseorang yang membuat sebuah karya tulis pasti tidak terlepas dari adanya kekurangan dan luput dari kesalahan. Selain itu penutup kata penulis juga berisi harapan mengenai sudut pandang topik karya tulis tersebut. Topik pembahasan ini nantinya dapat diangkat kembali dalam bentuk karya tulis baru dengan perbedaan sudut pandang.

Cara Menulis Kata Pengantar

Untuk memperoleh contoh kata pengantar yang bagus tentunya harus menggunaan metode penulisan yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan dalam kata pengantar tersebut terdapat pemikiran isi dan curahan hati penulis terhadap pembacanya. Metode penulisan kata pengantar tidak terlepas dari penggunaan struktur kata pengantar di atas.

Maka dari itu, padabagian awalnya penulis akan memberikan ucapan pujian dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya Alhamdulilah, Puji Syukur dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan bagian penjelasan singkat tentang isi pembuatan karya tulis tersebut. Kata pengantar ini dibuat dengan maksud dan tujuan dari karya tulis anda.

Setelah itu contoh dari kata pengantar ini dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut. Contohnya kepada dosen, keluarga, guru, sahabat, teman dan sebagainya.

Lalu dalam karya tulis ini juga disertai dengan penulisan harapan atau keinginan anda kedepannya. Dibagian akhir kata pengantar diberikan ungkapan permohonan maaf jika karya tulis tersebut memiliki beberapa kekurangan didalamnya. Selain itu karya tulis ini juga disertai kritik dan saran yang membangun dari para pembacanya.

Contoh Kata Pengantar

Apakah kata pengantar proposal dan kata pengantar makalah sama saja?

Sejatinya isi kata pengantar untuk makalah, tugas akademik, skripsi, laporan, proposal dan lain sebagainya sama. Yang membedakan adalah cara penyampaian dan berita yang dimuat didalamnya.

Untuk bisa membuat kata pengantar yang baik dan benar, maka kita harus mengamati contoh dari kata pengantar dalam konteks sesungguhnya. Maka dari itu, saya akan membagikan beberapa contoh kata pengantar makalah, tugas, proposal dan laporan.

Baca juga : 12 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar

Berikut beberapa contohnya yaitu meliputi:

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena kemudahan yang diberikan kepada kami dalam menyelesaikan makalah ini sehingga tepat waktu. Kami tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik tanpa adanya pertolongan dari-Nya. Sholawat dan salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan melimpah karena syafa’atnya telah kita nanti nantikan di akhirat. 

Atas limpahan sehat pikiran serta fisik dan nikmat Allah SWT, penulis mengucapkan rasa syukur kepada-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah tugas akhir dengan judul “Teori Belajar Inovatif” ini dengan tepat waktu.

Akhir kata, penulis sadar bahwa makalah ini banyak sekali kesalahan dan kekurangan serta didalamnya jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca terkait makalah ini. Dengan begitu kedepannya makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Penulis juga memohon maaf sebesar besarnya jika makalah ini memiliki banyak kesalahan didalamnya.

Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Muslimin selaku Dosen Pembimbing dan semua pihak karena telah membantu menyelesaikan penulisan makalah ini. Semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Mojokerto, 5 Mei 2019
Penyusun               

Contoh Kata Pengantar Tugas

KATA PENGANTAR 

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan berkat-Nya yang telah diberikan kepada kami sehingga dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Teori Belajar dengan tema Teori Belajar menurut Edwin Ray Guthrie. Kami mengucapkan terima kasih karena terselesainya tugas ini kepada :

Bapak Drs. Jarwono, M.Si dan Dra. Nurul Fatimah, M.Si atas bimbingan moril yang beliau berikan sehingga kami dapat memahami dan lebih bersemangat dalam menyelesaikan materi tugas ini.

Semua anggota kelompok yang telah meluangkan pikiran, kerjasama, dan waktu yang baik dalam penyusunan tugas kuliah ini. 

Demikian tugas kuliah ini kami buat dengan rasa kesungguhan dan tanggung jawab. Semoga tugas ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya. Kami juga mengucapkan permohonan maaf jika dalam tugas yang telah disusun ini masih terdapat kesalahan. Kami secara terbuka selalu menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Sekian. Terima kasih.

Purwodadi, 3 Desember 2018
Penyusun               

Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena penulis memperoleh limpahan hidayah dan rahmat-Nya, sehingga laporan yang berjudul berjudul Teori Bumi itu Bulat dapat diselesikan penulis dengan lancar tanpa suatu halangan apapun. Penulisan laporan ini merupakan syarat untuk kelengkapan tugas kuliah yang dibimbing oleh Bapak Joko Sulisno.

Menurut teori ini dalam memperoleh bukti bahwa bentuk bumi itu bulat diperlukan beberapa faktor pendukung teori dari para ahli. Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang mendukung pernyataan para ahli tersebut

Dengan disusunnya laporan ini, penulis berharap agar laporan ini dapat dijadikan pedoman pembelajaran dan bermanfaat bagi para pembaca. Akhir kata, penulis menerima saran dan kritik secara terbuka dari pembaca karena penulis menyadari bahwa laporam ini masih jauh dari kata sempurna agar nantinya laporan ini dapat ditulis lebih sempurna lagi.

Jakarta, 5 Januari 2019
Penyusun          

Demikianlah beberapa contoh kata pengantar makalah, tugas, proposal dan laporan yang dapat saya bagikan. Untuk menyusun kata pengantar yang baik dan benar, maka harus menggunakan struktur bagian kata pengantar yang tersedia.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …