Rumus Periode Dan Frekuensi Getaran

Rumus Periode Dan Frekuensi Getaran

Rumus Periode dan Frekuensi Getaran – Getaran ialah kejadian sebuah benda yang melaksanakan gerakan bolak balik secara teratur dan melalui satu titik yang setimbang. Getaran sanggup disebut sebagai gerak periodik alasannya ialah dilakukan secara teratur. Kuat lemahnya gerakan sebuah benda dipengaruhi oleh banyaknya energi yang diberikan. Apabila energi yang diberikan semakin besar maka getaran yang dihasilkan juga semakin kuat. Dalam satu getaran terjadi satu gerakan benda bolak balik secara penuh. Contohnya pegas yang dimanfaatkan untuk ayunan anak. Dalam getaran terdapat periode dan frekuensi getaran. Kemudian adapula rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran yang dipakai untuk menghitung besar periode dan frekuensinya.

Rumus Periode Dan Frekuensi Getaran
Contoh Getaran

Baca juga : Rumus Energi Kinetik Beserta Contoh Soalnya

Getaran sederhana sanggup kita lihat pada gambar bandul diatas. Berdasarkan gambar tersebut sanggup kita peroleh gerakan satu getaran yaitu dari titik A – B – C – B – A. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran lengkap dengan pola soalnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus Periode dan Frekuensi Getaran

Contoh getaran sanggup kita jumpai ketika mengayunkan sebuah bandul. Bandul tersebut kita tarik dan lepaskan, maka bandul akan berayun dari titik awal penarikan dan kembali lagi hingga pada hasilnya berhenti. Pada dasarnya gerakan bandul tersebut termasuk besaran fisika yang mencakup periode dan frekuensi. Dibawah ini terdapat rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran beserta masing masing pola soalnya.

Periode Getaran

Periode getaran ialah waktu yang diharapkan oleh benda dalam melaksanakan satu kali getaran. Contohnya getaran dari titik A – B – C – B – A di atas membutuhkan waktu 1 sekon. Maka dari itu, periode getarannya ialah 1. Namun periode getaran sanggup diartikan sebagai perbandingan waktu dalam melaksanakan getaran yang berbanding terbalik dengan jumlah getarannya. Berikut rumus periode getarannya:

T = t/n

Keterangan:
T = Periode Getaran (s)
t = Waktu yang diharapkan untuk bergetar (s)
n = Banyaknya getaran

Frekuensi Getaran

Frekuensi getaran ialah banyaknya getaran yang terjadi setiap satuan waktu. Berikut rumus frekuensi getaran:

f = n/t

Keterangan:
f = Frekuensi Getaran (Hz)
n = Banyaknya getaran
t = Waktu yang diharapkan untuk bergetar (s)

Periode getaran dengan frekuensi getaran saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu terbentuklah relasi antara periode dengan frekuensi getaran. Periode getaran berbanding terbalik dengan frekuensi getaran dan begitu pula sebaliknya. Oleh alasannya ialah itu terdapat persamaan relasi antara periode getaran dengan frekuensi getaran sebagai berikut:

T = 1/f
f = 1/T

Keterangan:
T = Periode Getaran (s)
f = Frekuensi Getaran (Hz)

Contoh Soal

Dibawah ini terdapat beberapa pola soal memakai rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran.

1. Sebuah bandul membutuhkan waktu 25 sekon untuk melaksanakan getaran sebanyak 50 kali. Hitunglah periode dan frekuensi getarannya?

Pembahasan.
Diketahui : t = 25 s; n = 50 kali
Ditanyakan : T dan f = ?
Jawab:
T = t/n
   = 25/50
   = ½ sekon
f = n/t
  = 50/25
  = 2 Hz
Makara besar periode getarannya ialah ½ sekon dan frekuensi getarannya ialah 2 Hz.

2. Dalam waktu 10 sekon, bandul sanggup bergetas sebanyak 30 kali. Hitunglah periode dan frekuensi getarannya?

Pembahasan.
Diketahui : t = 10 s; n = 30 kali
Ditanyakan : T dan f = ?
Jawab:
T = t/n
   = 10/30
   = 0,3 sekon
f = n/t
  = 30/10
  = 3 Hz
Makara besar periode getarannya ialah 0,3 sekon dan frekuensi getarannya ialah 3 Hz.

3. Sebuah pegas menghasilkan periode getaran 40 s. Berapakah frekuensi getarannya?

Pembahasan.
Diketahui : T = 40 s
Ditanyakan : f = ?
Jawab:
f = 1/T
  = 1/40
  = 0,025 Hz
Makara frekuensi getarannya ialah 0,025 Hz.

Baca juga : Sifat dan Contoh Pembiasan Cahaya

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus periode getaran dan rumus frekuensi getaran beserta pola solanya. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …