Pengertian Gaya Gravitasi Dan Gaya Berat Beserta Contoh

Pengertian Gaya Gravitasi Dan Gaya Berat Beserta Contoh

Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh – Dalam ilmu fisika terdapat istilah mengenai gaya gravitasi dan gaya berat. Lalu apa pengertian gaya gravitasi? Apa pengertian gaya berat. Pada dasarnya kita telah menjumpai kedua jenis gaya tersebut namun kita kurang menyadarinya. Kedua jenis gaya ini juga sering dijadikan soal soal Ujian akhir. Nah pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan mengenai pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat beserta teladan gaya gravitasi dan teladan gaya berat. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Gaya Gravitasi Dan Gaya Berat Beserta Contoh

Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contoh

Di bawah ini terdapat klarifikasi mengenai pengertian gaya gravitasi dan pengertian gaya berat lengkap dengan teladan gaya gravitasi dan teladan gaya berat. Berikut ulasan selengkapnya:

Gaya Gravitasi

Pengertian gaya gravitasi adalah salah satu jenis gaya yang dipengaruhi oleh gaya tarik sebuah benda ke sentra benda tersebut. Maka dari itu pengertian gaya gravitasi bumi adalah gaya tarik menarik sebuah benda menuju sentra bumi. Kita sanggup menjumpai teladan gaya gravitasi bumi dikala buah mangga atau buah kelapa jatuh ketanah. Lalu bagaimana bila di bumi tidak mempunyai gaya gravitasi? Jika hal ini terjadi maka di bumi tidak akan ada kehidupan. 

Berdasarkan teladan gaya gravitasi di atas sanggup kita simpulkan bahwa gaya gravitasi dipengaruhi oleh ketinggian sebuah benda. Contohnya tempat pantai (dataran rendah) dengan tempat pegunungan (dataran tinggi). Kedua tempat ini mempunyai besar gaya gravitasi yang berbeda. Untuk tempat pantai mempunyai gaya gravitasi yang besar alasannya ketinggian tempatnya rendah. Sedangkan untuk tempat pegunungan mempunyai gaya gravitasi yang kecil alasannya dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi adalah jarak tempuh suatu benda untuk jatuh setiap waktu sekon kuadrat.  Percepatan gravitasi bumi mempunyai besar 9,8 m/s² atau 10 m/s². Menurut pengertian gaya gravitasi, jenis gaya tersebut bekerjasama dengan gaya berat. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi mensugesti berat sebuah benda.

Gaya Berat

Pengertian gaya berat adalah gaya yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan massa benda. Selain itu adapula yang menyebut gaya berat sebagai banyaknya gaya gravitasi yang bekerja pada sebuah benda. Gaya berat mempunyai rumus yang dipakai untuk menghitung besar gaya tersebut. Berikut rumus gaya berat:

W = m x g

Keterangan:
W = Gaya berat (Newton atau N)
m = Massa benda (kg)
g = Percepatan gaya gravitasi bumi (nilainya 10 m/s²)

Contoh Soal Gaya Berat
Sebuah benda jatuh dari ketinggian tertentu. Apabila massa sebuah benda tersebut 4 kg. Maka berapa berat benda tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : m = 4 kg; g = 10 m/s²
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = m x g
     = 4 x 10
     = 40 N
Makara berat benda tersebut adalah 40 Newton.

Berdasarkan teladan gaya berat di atas sanggup disimpulkan bahwa berat dengan massa berbeda. Dalam ilmu fisika pun massa benda dengan berat benda mempunyai arti yang berbeda. Massa adalah banyaknya zat atau bahan yang terdapat dalam sebuah benda. Sedangkan berat adalah besarnya massa yang dipengaruhi gaya tarik dari bumi.

Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat beserta teladan gaya gravitasi dan teladan gaya berat. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …