Rumus Percepatan Dan Perlambatan Beserta Contohnya

Rumus Percepatan Dan Perlambatan Beserta Contohnya

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya – Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai percepatan dan perlambatan. Materi pembelajaran ini sering kita buktikan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja dikala kita naik sepeda di jalanan yang menurun. Sepeda tersebut akan mempunyai kecepatan yang makin bertambah dikala jalan semakin menurun. Jika kita mengerem maka kecepatannya akan melambat, sedangkan jikalau kita lepaskan remnya maka sepeda akan semakin cepat. Maka dari itu kecepatan sepeda akan bertambah dengan teratur dan berubah beraturan. Contoh percepatan dan perlambatan pada suatu benda, besarnya sanggup dihitung memakai rumus percepatan maupun rumus perlambatan.

Kita juga sanggup melihat pola percepatan dan pola perlambatan pada peluncuran sebuah kelereng. Kelereng tersebut akan bertambah cepat jikalau berada dijalan yang menurun, serta akan semakin lambat jikalau berada dijalanan yang naik. Hal ini menunjukan bahwa percepatan dan perlambatan sanggup kita lihat disekeliling kita. Kali ini aku akan membahas mengenai rumus percepatan dan rumus perlambatan besera contohnya. Langsung saja sanggup anda simak di bawah ini.

Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Hooke Beserta Contoh Soal

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Kecepatan merupakan perpindahan ataupun perubahan letak yang terjadi setiap waktu. Kecepatan tersebut berkaitan dengan percepatan. Jika sebuah benda mengalami kercepatan yang meningkat maka benda tersebut mengalami percepatan. Namun jikalau sebuah benda mengalami kercepatan yang menurun maka benda tersebut mengalami perlambatan. Dalam pola percepatan dan pola perlambatan sanggup diperoleh hasilnya memakai rumus yang ada. Untuk rumus percepatan akan memperoleh hasil nilai yang kasatmata (+). Sedangkan untuk rumus perlambatan akan memperoleh hasil nilai yang negatif (-).

Percepatan

Percepatan yaitu insiden terjadinya perubahan kecepatan setiap waktu. Namun adapula yang menyebut percepatan sebagai perubahan kecepatan yang terjadi setiap sekon. Dalam percepatan, hasil yang diperoleh niscaya mempunyai nilai “Positif”. Kita juga sanggup melihat beberapa pola percepatan disekeliling kita seperti:
  • Buah kelapa yang bergerak jatuh ke tanah. Kelapa tersebut akan mempunyai gerakan semakin usang semakin cepat.
  • Sepeda yang bergerak menuruni jalan dan kecepatannya akan semakin bertambah seiring waktu.
  • Sepeda motor yang digas kencang, maka akan mempunyai gerakan yang semakin bertambah cepat.
Kemudian untuk menghitung nilai percepatan sanggup memakai rumus yang ada. Berikut rumus percepatannya:

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Keterangan:
  a = percepatan (m/s²)
 vt = kecepatan tamat (m/s)
v0 = kecepatan awal (m/s)
   t = waktu (sekon)

Perlambatan

Perlambatan yaitu insiden terjadinya perubahan kecepatan setiap waktu. Dalam perlambatan, hasil yang diperoleh niscaya mempunyai nilai “Negatif”. Jika benda tersebut mempunyai nilai perhittungan yang negatif maka benda tersebut akan semakin melambat. Kita juga sanggup melihat beberapa pola perlambatan disekeliling kita seperti:
  • Benda yang dilempar keatas maka akan mempunyai gerakan yang semakin lambat.
  • Bersepeda di jalan yang menanjak maka akan mengalami kecepatan yang semakin pelan.
  • Benda ataupun bola yang dilemparkan ke rumput maka benda tersebut akan bergerak semakin pelan.
  • Sepeda motor yang bergerak semakin pelan dikala ada lampu merah hingga jadinya berhenti.
Untuk menghitung perlambatan sanggup memakai rumus percepatan. Karena intinya rumus perlambatan dan percepatan itu sama. Tetapi untuk hasilnya yang berbeda.
Di bawah ini tedapat beberapa pola soal dalam menghitung nilai percepatan dan perlambatan. Berikut pola perlambatan dan pola percepatannya:
1. Sebuah kendaraan beroda empat pertama tama bergerak dengan kecepatan 4 m/s sesudah 20 detik, kemudian kecepatannya bermetamorfosis 12 m/s. Berapakah  nilai percepatan kendaraan beroda empat tersebut?
Pembahasan
Diketahui : v0 = 4 m/s; vt = 12 m/s; t = 20 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.
Rumus Percepatan Dan Perlambatan Beserta Contohnya
2. Sebuah truk mula mula membisu kemudian bergerak dengan kecepatan 72 km/jam pada waktu 6 sekon. Berapakah nilai pecepatan pada truk?
Pembahasan
Diketahui : v0 = 0 m/s (karena bendanya mula mula diam); vt = 72 km/jam =  20 m/s; t = 6 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
3. Sepeda motor mula mula bergerak dengan kecepatan 12 m/s. Setelah itu didepannya terdapat kucing lewat dan jadinya kecepatannya bermetamorfosis 2 m/s dengan waktu 5 sekon. Berapakah nilai perlambatan sepeda motor tersebut?
Pembahasan
Diketahui : v0 = 12 m/s; vt = 2 m/s; t = 5 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
4. Andi mengendarai kendaraan beroda empat dengan kecepatan 72 km/jam. Lalu didepannya terdapat lampu merah maka ia menghentikan kendaraannya dalam waktu 5 sekon. Berapakah nilai perlambatan kendaraan beroda empat Andi?
Pembahasan
Diketahui : v0 = 72 km/jam = 20 m/s; vt = 0 m/s (karena kendaraan beroda empat dalam keadaan berhenti); t = 5 sekon
Ditanyakan : a = …?
Jawab.

Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya
Demikianlah klarifikasi mengenai rumus percepatan dan rumus perlambatan beserta contohnya. Untuk pola percepatan mempunyai hasil nilai yang positif, sedangkan untuk pola perlambatan mempunyai hasil nilai yang negatif. Semoga artikel sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …