Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan – Seperti yang kita ketahui bahwa ratusan tahun yang lalu, planet planet dalam tata surya (termasuk Bumi) bentuknya lingkaran yang dibatasi oleh pepat pada dua kutubnya. Kita juga sering melihat tiruan bumi berupa globe sebagai wujud bola dunia. Di masyarakat telah beredar teori bahwa bumi sejatinya tidak berbentuk lingkaran dengan pepat di kedua kutubnya. Namun sejatinya bumi berbentuk datar. Teori ini dikenal dengan nama Teori Flat Earth. Lalu bagaimanan bergotong-royong bentuk muka bumi ini? Pastinya bumi terbentuk dari daratan dan perairan.

Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Banyak sekali bantahan wacana teori bumi itu bulat. Namun terdapat ayat maupun dalil Allah yang menyatakan bahwa bentuk dari bumi yaitu bulat. Kebenaran dari bukti tersebut sangat lemah dan bahkan kurang sanggup meyakinkan masyarakat. Hal inilah yang mendasari perdebatan wacana bentuk bumi. Nah pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan mengenai bentuk muka bumi berupa daratan dan bentuk muka bumi berupa perairan. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Di dunia ini kita mengenal bentuk bentuk muka bumi, baik berupa daratan maupun perairan. Berdasarkan miniatur bola dunia atau globe, terdapat dua warna yang menggambarkan permukaan bumi yakni warna kuning/coklat dan warna biru. Untuk warna kuning/coklat pada globe melambangkan sebuah daratan. Sedangkan untuk warna biru pada globe melambangkan perairan. Kedua bentuk muka bumi (daratan dan perairan) inilah yang membentuk sebuah kehidupan makhluk hidup didunia..

Bentuk Muka Bumi Daratan

Bentuk muka bumi yang pertama berupa daratan. Bentuk muka bumi daratan tersebut sudah kita kenal sekali. Bahkan sanggup dibilang daratan merupakan hal yang sering kita temui dan hal yang paling penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan tumbuhan, binatang dan insan sehari hari hidup dan tinggal di daratan. Wujud dari daratan tersebut sanggup berupa padang pasir, tanah, es, dan sebagainya.

Bentuk muka bumi daratan menyerupai tanah tersebut dipakai sebagai tempat tinggal insan di banyak sekali negara, termasuk negara Indonesia. Daratan yang dijadikan sebagai tempat tinggal insan mempunyai bermacam-macam bentuk yang berbeda. Bentuk daratan tersebut dikenal dengan nama relief. Relief daratan sanggup dibagi menjadi beberapa jenis menyerupai perbukitan atau bukit, jurang, lembah, pegunungan maupun gunung. Bentuk bentuk relief tersebut terdapat di negara Indonesia. Indonesia memang dikenal sebagai negara yang mempunyai bentukan alam yang luar biasa. Berikut klarifikasi mengenai masing masing bentuk relief:

Gunung

Bentuk muka bumi daratan yang pertama berupa gunung. Gunung termasuk kedalam relief daratan yang sering kita jumpai. Negara Indonesia mempunyai banyak gunung, baik gunung aktif maupun gunung pasif. Gunung yaitu permukaan bumi yang bentuknya menonjol dan menjulang tinggi. Bentuk relief yang satu ini mempunyai tiga potongan yaitu kaki gunung, lereng dan puncak gunung. Untuk jenisnya sanggup dibagi menjadi dua yaitu gunung aktif maupun gunung mati/tidak aktif.

Gunung Aktif
Gunung aktif yaitu jenis gunung yang berapi. Jenis gunung ini masih aktif bahkan sanggup mengeluarkan material material yang berasal dari permukaan bumi. Ketika gunung berapi mengeluarkan isi dari perut bumi biasanya dinamakan dengan erupsi. Proses terjadinya erupsi gunung berapi sanggup berlangsung selama satu periode. Namun setiap gunung berapi mempunyai jangka waktu erupsi yang berbeda beda. Inilah bukti bentuk muka bumi sangatlah beragam.

Ketika gunung berapi mengalami erupsi, ada yang menimbulkan tragedi besar maupun tidak. Tidak heran kalau di Indonesia mempunyai gunung aktif yang berbeda beda. Gunung gunung tersebut sanggup mengalami erupsi dalam beberapa waktu. Jenis gunung aktif di Indonesia yang sanggup kita temui menyerupai gunung Kelud, gunung Bromo, gunung Sinabung, gunung Merapi dan lain lain. Dengan banyaknya gunung tersebut menciptakan bentuk muka bumi daratan semakin banyak jenisnya.

Gunung Tidak Aktif
Selanjutnya terdapat bentuk muka bumi daratan menyerupai gunung tidak aktif. Seperti namanya, bentuk relief tersebut termasuk kategori gunung mati sebab tidak sanggup mengeluarkan isi dari perut buminya lagi. Dengan begitu, jenis gunung ini juga tidak akan mengalami erupsi. Hal tersebut sanggup terjadi sebab banyak sekali faktor. Gunung tidak aktif tersebut mungkin awalnya merupakan gunung aktif namun semakin usang keaktifan dari gunung tersebut memudar dan menjadikannya tidak aktif. Tetapi adapula gunung yang memang sama sekali tidak mengalami erupsi. Misalnya gunung Tangkuban Perahu.

Pegunungan

Bentuk muka bumi daratan selanjutnya berupa pegunungan. Bentuk relief menyerupai pegunungan ini berbeda dengan gunung walaupun namanya sama. Pegunungan yaitu kumpulan dari banyak sekali gunung yang berdekatan. Pegunungan sering kali disebut sebagai formasi dari beberapa gunung. Pegunungan sanggup dibagi menjadi dua jenis yaitu pegunungan tinggi dan pegunungan rendah. Berikut klarifikasi mengenai masing masing jenis pegunungan.

Pegunungan Tinggi
Bentuk muka bumi pegunungan yang pertama yaitu pegunungan tinggi. Pegunungan tinggi yaitu pegunungan yang mempunyai tinggi hingga 1.500 meter lebih dari permukaan laut. Adapula pegunungan tinggi yang populer di benua Asia yaitu Pegunungan Alpen.

Pegunungan Rendah
Bentuk muka bumi pegunungan yang kedua yaitu pegunungan rendah. Pegunungan rendah yaitu pegunungan yang mempunyai tinggi sekitar 500 hingga 1.500 meter dari permukaan laut. Jenis pegunugan rendah ini banyak terdapat dinegara Indonesia.

Perbukitan atau Bukit

Bentuk muka bumi daratan selanjutnya berupa perbukitan atau bukit. Perbukitan yaitu bentuk relief bumi yang bentuknya berupa tonjolan di daratan. Perbukitan atau bukit tersebut mempunyai tinggi sekitar 200 hingga 500 meter dari permukaan laut. Bentuk dari perbukitan tersebut hampir sama dengan pegunungan, tetapi tingginya lebih rendah dibandingkan tinggi pegunungan. Di perbukitan ini suhu udaranya lebih cuek dan sejuk dibandingkan dataran rendah. Daerah perbukitan terebut bahkan sanggup ditanami banyak sekali tumbuhan khas yang cocok untuk udara dingin. Misalnya tumbuhan teh maupun tembakau. Adapula perbukitan yang sengaja dijadikan sebagai tempat wisata.

Lembah

Bentuk muka bumi daratan selanjutnya berupa lembah. Lembah yaitu bentuk relief permukaan bumi yang bentuknya berupa cekungan. Lembah sanggup disebut sebagai kawasan dataran rendah disekitar perbukitan. Biasanya lembah dipakai sebagai tempat tinggal para penduduk sekitar. Hal tersebut dikarenakan udaranya yang cukup hangat dibandingkan suhu udara di pegunugan.

Bentuk Muka Bumi Perairan

Bentuk muka bumi tidak hanya berupa daratan saja, melainkan sanggup berupa perairan. Dalam miniatur bola dunia, perairan digambarkan dengan warna biru. Jika kita perhatikan warna biru di bola globe lebih secara umum dikuasai dibandingkan warna daratan. Hal tersebut dikarenakan perairan di bumi memang lebih banyak daripada daratannya. Perairan tersebut ada yang luas dan adapula yang berada didaratan. Untuk jenis perairan luas sanggup berupa lautan atau samudera. Berikut jenis jenis bentuk muka bumi perairan beserta penjelasannya :

Paparan Benua atau Dangkalan

Bentuk muka bumi perairan yang pertama berupa paparan benua atau dangkalan. Dangkalan yaitu jenis permukaan bahari yang cukup luas dengan kedalaman sekitar kurang dari 200 meter. Bentuk relief yang satu ini sanggup dikategorikan sebagai kepanjangan dari daratan benua maupun pulau. Contoh paparan benua atau dangkalan di Indonesia yaitu dangkalan Sahul dan dangkalan Sunda.

Ambang Laut

Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa ambang laut. Ambang bahari yaitu jenis relief bahari yang dangkal dan memisahkan dua lautan yang dalam. Contoh ambang bahari di dunia yaitu ambang bahari Gibraltar dan ambang bahari Sulu.

Punggung Laut

Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa punggung laut. Punggung bahari yaitu bentuk relief permukaan bahari yang mempunyai bentuk menyerupai dengan bukit. Punggung bahari merupakan bukit yang letaknya didalam laut, namun tidak muncul ke permukaan bumi.

Gunung Laut

Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa gunung laut. Gunung bahari yaitu jenis permukaan bahari yang berupa gunung. Letak gunung tersebut berada didalam laut/ bawah laut. Gunung bahari sanggup dibagi menjadi dua yaitu gunung bahari aktif dan gunung bahari tidak aktif.

Pulau Karang

Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa pulau karang. Pulau karang yaitu jenis relief permukaan bahari yang didalamnya tersusun oleh batuan atau karang yang jumlahnya banyak. Batuan karang tersebut terbentuk dari binatang bahari yang telah mati dan menumpuk menjadi satu.

Beken atau Lubuk Laut

Bentuk muka bumi perairan selanjutnya berupa beken atau lubuk laut. Beken atau lubuk bahari yaitu relief yang bentuknya berupa cekungan lebar dan besar yang cukup dalam.

Palung Laut

Bentuk muka bumi perairan yang terakhir berupa palung laut. Palung bahari sanggup disebut sebagai jurang laut. Bentuk dari palung bahari yaitu memanjang kebawah menyerupai karakter V, sempit, dan gelap. Palung bahari yaitu relief permukaan bahari yang terdalam. 

Demikianlah klarifikasi mengenai bentuk bentuk muka bumi daratan dan bentuk muka bumi perairan. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …