Rumus Pemantulan Suara Beserta Contoh Soalnya

Rumus Pemantulan Suara Beserta Contoh Soalnya

Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya – Bunyi merupakan getaran yang sanggup merambat dalam zat cair, gas maupun padat. Bunyi yang merambat dalam zat (cair, padat, gas) mempunyai kecepatan yang berbeda beda. Untuk zat cair mempunyai kecepatan perambatan bunyi sekitar 1400 meter per sekon dengan suhu 15ᵒC. Sedangkan untuk zat gas mempunyai kecepatan perambatan bunyi sekitar 340 meter per sekon dengan suhu 15ᵒC. Tetapi kalau suhunya 0ᵒC akan menciptakan pelambatan kecepatan sekitar 332 meter. Semua itu sanggup dicari memakai rumus pemantulan bunyi. Selain itu anda juga sanggup memahaminya dalam pola soal pemantulan bunyi.

Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Bunyi juga sanggup dipantulkan menuju dinding pemantul. Prinsip dalam perambatan dan pemantulan bunyi diterapkan dalam alat yang dipakai untuk mengukur kedalaman laut. Selain itu, prinsip ini juga dipakai untuk mengukur jarak antara dua kawasan yang mempunyai tebing/dinding pemantul. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai rumus pemantulan bunyi beserta pola soal pemantulan bunyi. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Pemantulan bunyi sanggup bermanfaat dalam kehiduoan sehari hari ialah untuk memilih jarak keretakan logam yang terdapat pada mesin atau pipa, untuk memilih kesehatan dan jenis kelamin pada bayi memakai gelombang ultrasonik pada alat USG, dan untuk mengukur dalamnya maritim melalui gelombang sonar. Dibawah ini terdapat rumus pemantulan bunyi untuk mengetahui jarak atau kedalaman dari sumber bunyi menuju bendanya.

Rumus Pemantulan Suara Beserta Contoh Soalnya

Keterangan Rumus Pemantulan Bunyi di atas:
S = jarak sumber bunyi dengan bendanya (m)
v = cepat rambat bunyi melewati medium (m/s)
t = waktu pemantulan (sekon)

Contoh Soal Pemantulan Bunyi

Untuk lebih memahami rumus pemantulan bunyi di atas, aku akan memperlihatkan beberapa pola soal pemantulan bunyi. Berikut pola soal pemantulan bunyi :

1. Sebuah kapal memancarkan gelombang sonar menuju dalam maritim untuk mencari harta karun. Cepat rambat bunyi sonar tersebut sekitar 2.800 m/s. Apabila dalam waktu 4 sekon gelombang tersebut sanggup ditangkap kembali oleh receiver. Maka berapakah kedalaman lautnya?

Pembahasan
Diketahui : v = 2800 m/s; t = 4 sekon
Ditanyakan : S = ?
Jawab:
S = (v x t) / 2
   = (2.800 x 4) / 2
   = 11.200/2
   = 5.600 m = 5,6 km

2. Sebuah kapal maritim sanggup memancarkan sonar dalam waktu 3 detik sesudah gelombangnya kembali diterima dengan kedalaman 3000 meter. Berapakah besar cepat rambat bunyi sonar didalam laut?

Pembahasan
Diketahui : S = 3.000 m; t = 3 sekon
Ditanyakan : v = ?
Jawab:
       S = (v x t) / 2
3.000 = (v x 3) / 2
6.000 = v x 3
       v = 6.000/3 = 2.000 m/s

3. Ketika Riko sedang mendaki gunung ia berteriak didepan tebing. Kemudian ia mendengar suaranya kembali dalam waktu 3 detik. Berapakah jarak antara Riko dengan tebing tersebut? (Jika cepat rambat bunyi yang berada diudara sekitar 360 m/s)

Pembahasan
Diketahui : v = 360 m/s; t = 3 sekon
Ditanyakan : S = ?
Jawab:
S = (v x t) / 2
   = (360 x 3) / 2
   = 1.080/2
   = 540 m

4. Ani berteriak didepan dinding pantul dan sanggup mendengarkan suaranya lagi. Apabila Ani bangun didepan dinding dengan jarak 150 meter serta besar cepat rambat bunyi diudara 300 m/s. Berapakan waktu pemantulan bunyi Ani?

Pembahasan
Diketahui : v = 300 m/s; S = 150 m
Ditanyakan : t = ?
Jawab:
    S = (v x t) / 2
150 = (300 x t) / 2
300 = 300 x t
    t = 300/300
    t = 1 sekon

Baca juga : Contoh Gelombang Transversal dan Longitudinal

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus pemantulan bunyi beserta pola soal pemantulan bunyi. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Pada dasarnya rumus bunyi ini juga sanggup kita pelajari dengan gampang melalui media buku pegangan siswa yang terdapat di sekolah.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …