Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya – Gelombang merupakan getaran yang sanggup merambat. Gelombang tersebut sanggup dibagi menjadi dua kategori yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Salah satu gelombang yang sering kita jumpai yakni gelombang transversal. Gelombang transversal yakni jenis gelombang yang mempunyai arah getaran dan arah rambatnya saling tegak lurus. Jenis gelombang ini termasuk kedalam jenis gelombang mekanik sebab perambatannya memerlukan medium. Selain itu adapula rumus gelombang transversal yang disertai dengan pola soal gelombang transversal.

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Gelombang transversal sanggup disebut sebagai Puncak Gelombang (titik paling tinggi yang terdapat dalam gelombang), Simpangan (jarak antara titik gelombang yang posisinya setimbang), Bukit Gelombang (lengkungan yang letaknya diatas dengan posisi setimbang), Amplitudo (jarak antara pucak dengan dasar gelombang yang mempunyai posisi setimbang), Lembah Gelombang (lengkungan yang letaknya dibawah dengan posisi setimbang), dan Dasar Gelombang (titik paling rendah yang terdapat di gelombang). Kali ini aku akan menjelaskan mengenai rumus gelombang transversal lengkap dengan pola soal gelombang transversal. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Sebelum membahas rumus gelombang transversal dan pola soal gelombang transversal, aku akan menjelaskan sedikit perihal pola gelombang transversal dalam kehidupan sehari hari. Contoh gelombang transversal sanggup kita jumpai pada air yang mendapat gangguan maka akan menimbulkan sebuah gelombang. Selain itu, gelombang transversal juga terdapat pada gelombang tali, gelombang yang terdapat di dalam danau, dan gelombang pada ombak laut.

Rumus Gelombang Transversal

Untuk menghitung besarnya gelombang transversal sanggup memakai rumus gelombangnya. Di bawah ini terdapat rumus gelombang transversal sebagai berikut:

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Keterangan rumus gelombang transversal di atas:

λ (Lamda) = panjang gelombang (m)
V = cepat rambat gelombang (m/s)
f = frekuensi gelombang (sekon atau detik)
n = jumlah gelombang
t = waktu (sekon atau detik)

Baca juga : Hubungan Antara Gaya dan Gerak Beserta Penjelasannya

Contoh Soal Gelombang Transversal

Untuk lebih memahami mengenai gelombang transversal, aku juga akan membagikan beberapa pola soalnya. Berikut beberapa pola soal gelombang transversal:

1. Sebuah tali digetarkan sampai membentuk gelombang yang panjangnya 50 cm. Apabila periode gelombangnya mempunyai besar 3 sekon, maka berapakah cepar rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : λ = 50 cm = 0.5 m; t = 3 sekon
Ditanya : V = ?
Jawab :
V = λ / t
   = 0,5/3
   = 0,167 m/s

2. Sebuah gelombang melaksanakan 240 kali getaran dengan waktu 2 menit. Apabila panjang gelombangnya 3 meter. Berapakah besar cepat rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : n = 240 kali; t = 2 menit = 120 sekon; λ = 3 m
Ditanya : V = ?
Jawab :
Sebelumnya kita cari nilai frekuensi gelombangnya terlebih dahulu
f = n/t
  = 240/120 = 2 Hz
Lalu masukan kedalam rumus gelombang transversal
V = λ x f
    = 3 x 2
    = 6 m/s

Demikianlah klarifikasi mengenai rumus gelombang transversal beserta pola soal gelombang transversal. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …