Kebudayaan Proto Melayu Dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya

Kebudayaan Proto Melayu Dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya

Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya – Pada dasarnya asal mula nenek moyang kita di negara Indonesia berawal dari bangsa Melayu. Hal ini sesuai dengan pendapat Hogen. Pada awalnya orang orang Austronesia masuk dan menetap di Indonesia. Masyarakatnya diberi nama bangsa Melayu Indonesia atau bangsa Melayu Austronesia. Kedatangan mereka pertama kali menuju Aceh dan menjadi salah satu suku dari Aceh. Adapula yang pernah masuk ke wilayah Dayak dan menjadi suku Dayak dan sebagainya. Proses kedatangan Proto Melayu dan proses kedatangan Deutro Melayu mempunyai arah yang berbeda. Selain itu kebudayaan Proto Melayu dan kebudayaan Deutro Melayu juga berbeda.

Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya
Peta Penyebaran Proto Melayu dan Deutro Melayu

Berdasarkan Teori Antropologi, bangsa Melayu merupakan pencampuran dua bangsa yakni Proto Melayu dengan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu merupakan bangsa yang masuk ke Indonesia pada tahun 2500 – 1500 SM dan termasuk ke dalam ras Mongoloid. Sedangkan Deutro Melayu merupakan bangsa yang masuk ke Indonesia pada tahun 300 SM dan tiba dari dataran Asia Selatan maupun Asia Tengah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas perihal kebudayaan Proto Melayu, kebudayaan Deutro Melayu, beserta proses kedatangan Proto Melayu dan proses kedatangan Deutro Melayu. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya

Bangsa Proto Melayu diperkirakan berasal dari provinsi Yunnan (selatan Cina), New Guinea (Kepulauan Taiwan). Sedangkan bangsa Deutro Melayu diperkirakan memberi efek berpengaruh terhadap sejarah Indonesia dan Asia Tenggara dalam hal budaya India. Di bawah ini terdapat klarifikasi mengenai kebudayaan Proto Melayu, kebudayaan Deutro Melayu, beserta proses kedatangan Proto Melayu dan proses kedatangan Deutro Melayu.

Bangsa Proto Melayu

Bangsa Proto Melayu termasuk jenis bangsa Melayu yang cukup tua. Proses kedatangan Proto Melayu tersebut melalui dua jalur, yakni:

  • Berasal dari arah barat yakni tempat Semenanjung Malaka hingga Sumatera, kemudian menyebar ke beberapa tempat di Indonesia.
  • Berasal dari arah timur yakni tempat Semenanjung Malaka hingga Filipina dan Minahasa, kemudian menyebar ke beberapa tempat minahasa.
Kebudayaan Proto Melayu Dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya
Kebudayaan Proto Melayu

Kebudayaan Proto Melayu mempunyai tingkat lebih tinggi dari pada kebudayaan Homo Sapiens yang ada di Indonesia. Kebudayaan Proto Melayu tersebut tergolong kebudayaan Neolitikum (jaman batu). Contohnya kebudayaan di jalur timur menyerupai kapak lonjong, kebudayaan dari jalur barat menyerupai kapak persegi dan barang barangya mempunyai tekstur yang rapi dan halus meskipun berasal dari batu. Bangsa Proto Melayu mempunyai keturunan yang masih hidup hingga kini yakni suku Dayak, suku yang terdapat di Papua, suku Toraja dan suku Batak.

Bangsa Deutro Melayu

Bangsa Deutro Melayu termasuk jenis bangsa Melayu muda. Proses kedatangan Deutro Melayu dilakukan secara bergelombang melalui jalur barat pada tahun 500 SM. 

Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya Kebudayaan Proto Melayu dan Deutro Melayu Beserta Proses Kedatangannya
Kebudayaan Deutro Melayu

Kebudayaan Deutro Melayu lebih tinggi dari pada Proto Melayu. Contohnya barang barangnya dibentuk memakai materi logam menyerupai perunggu, kapak sepatu, bejana, nekara dan besi. Kebudayaan Deutro Melayu sanggup dinamakan Don Song. Deutro Melayu mempunyai keturunan yang masih hidup hingga kini yakni bangsa Batak, Melayu, Jawa, Bugis, dan Minang.

Demikianlah klarifikasi perihal kebudayaan Proto Melayu, kebudayaan Deutro Melayu, beserta proses kedatangan Proto Melayu dan proses kedatangan Deutro Melayu. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat. Terima kasih.

Check Also

Kebijakan Politik Pintu Terbuka Dalam Pemerintahan Hindia Belanda

Kebijakan Politik Pintu Terbuka Dalam Pemerintahan Hindia Belanda

Kebijakan Politik Pintu Terbuka Dalam Pemerintahan Hindia Belanda – Dalam masa penjajahan Belanda terdapat beberapa …