Cara Cek dan Menghapus File Duplikat / File Ganda Di Android

Cara Cek dan Menghapus File Duplikat / File Ganda Di Android

Arti file duplikat adalah suatu file yang memiliki kesamaan persis baik dari nama file, ukuran file, jenis file, serta dari tampilan file itu sendiri. File duplikat ini pastinya pernah kamu temukan bukan di penyimpanan hp android yang kamu gunakan?

Nah, berbicara mengenai file duplikat atau file ganda sebenarnya hal ini bisa berdampak positif dan juga negatif. Misalnya saja untuk positifnya yaitu kalian dengan saja menduplikat sebuah file yang tersimpan di hp android kamu, dan jika suatu saat file tersebut hilang ataupun terhapus secara tidak sengaja, maka kamu masih punya file duplikatnya atau file salinannya.

cara menghapus file duplikat atau file ganda di hp android 

Dan dari segi negatifnya, tentu akan memakan ruang penyimpanan di hp kalian secara percuma, karena ngapain juga kalau ada file ganda, atau file yang sama di penyimpanan hp kita. Dan biasanya ini terjadi ketika ada file duplikat yang tidak kita sadari yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

File duplikat ini bisa saja terdapat pada file foto, video, file dokumen, ataupun pada file mentahan aplikasi dan lain sebagainya. Mungkin jika ukuran file duplikat kecil tidak lah berpengaruh pada penyimpanan hp kita, tapi bagaimana jadinya jika file duplikat memiliki ukuran yang besar? 

Baca juga : Berikut Tutorial Atasi Memori Penuh di Android, Ponsel Lancar Tanpa Hambatan

Sehingga bisa berakibat pada memori internal pada hp android yang penuh atau hampir habis. Yang seperti kita ketahui bahwa imbas dari memori yang penuh adalah beberapa program aplikasi tidak bisa berkerja, dan kita akan mengalami gagal download aplikasi dari playstore. Dan masih banyak lagi pengaruhnya.

Selain dari pada karena file duplikat di android, mungkin kalian perlu mengetahui juga bahwa sebenarnya faktor apa saja yang bisa menyebabkan memory internal itu penuh yang menyebabkan ruang penyimpanan makin habis.

  • Terlalu banyak menginstall aplikasi
  • Jarang membersihkan file cache hasil browsing atau file gaming
  • Aktifitas penyimpnan musik,video ,foto atau file lainnnya yang berlebihan

Nah mengenai banyaknya file duplikasi, mungkin saja kalian tidak sadar menyalin beberapa file yang mana sebelumnya telah tersimpan, hanya saja pada folder lain. Tentu file duplikasi ini akan membuang buang memory penyimpanan yang seharusnya bisa diguankan untuk file lain yang lebih penting.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek file duplikat di hp android yang kalian gunakan. Supaya nantinya kamu bisa mengelola file duplikat tersebut, apakah ingin dihapus duplikatnya ataupun ingin dipindahkan ke dalam folder sebagai file cadangan.

Lalu bagaimana cara mengecek file duplikat dan bagaimana juga cara menghapus file duplikat di android? Adapun untuk tahapan cara cek file duplikat dan juga cara hapus file duplikat di android sudah kami tuliskan dibawah ini. silahkan kalian simak dan ikuti saja langkah-langkahnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android 100% Berhasil

Cara Menghapus File Duplikat di Android

Berikut langkah-langkah untuk menghapus file duplikat di android :

  • Pertama silahkan kalian download dan install aplikasi Duplicate File Fixer di google playstore (gratis).
Cara Cek dan Menghapus File Duplikat / File Ganda Di Android
  • Jika sudah silahkan kalian buka aplikasinya dan silahkan berikan izin aplikasi ini untuk mengakses semua direktory pada media penyimpanan samrtphone kalian.dan untuk itu kalian bisa menekan tombil GO IT,dan tekan Allow.
Cara Cek dan Hapus File Duplikasi Di Android
  • Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu.jika kalian ingin mencari file video yang duplikat kalian bisa menekan scan video,jika ingin mencari file gambar yang duplikasi kalian bisa menekan menu scan pictures,jika ingin mencari semua file yang duplikat, kalian bisa menekan menu FULL SCAN.
cara hapus file duplikat di android
  • Selanjutnya tinggal kalian tunggu saja hasil scan file duplikatnya,disini kalian bisa melihat secara langsung file file yang mengalami duplikasi dan bisa langsung melakukan hapus file duplikasi tersebut jika diperlukan.caranya tinggal tekan file duplikasi tersebut dan tekan tombol delete.
cara menghapus file duplikat di android
  • Selesai. Mulai sekarang kalian akan terbebas dari namanya file duplikat, sehingga memory penyimpanan kalian akan lebih lega dan tidak terisi dengan file file yang duplikat.

Oke, demikianlah cara cek dan menghapus file duplikat di android. Semoga dapat bermanfaat buat kalian semua yang mengalami masalah akan ruang penyimpanan di hp android. Terimakasih dan selamat mencoba tutorialnya.

Check Also

Cara Membuat Wallpaper 3D Keren Dengan Foto Sendiri Di HP Android

Cara Membuat Wallpaper 3D Keren Dengan Foto Sendiri Di HP Android

Cara Membuat Wallpaper 3D Keren Dengan Foto Sendiri Di HP Android – Smartphone android kini …