7+ Cara Mengganti Font di HP Android Agar Lebih Menarik

TEKNOBAE.COM - Saat pertama kali kita membeli sebuah smartphone entah itu dari merk Xiaomi, Oppo, Samsung dan lain sebagainya, semua pengaturan yang tersedia pada ponsel tersebut sudah tersetting secara default, baik itu tampilannya, wallpaper ataupun fontnya. Nah, terkadang kita sebagai pengguna merasa bosan dengan tampilan font yang gitu-gitu aja.

Cara Mengganti Font Android
Source: Pixabay

Font sendiri biasanya digunakan saat kita sedang mengirim pesan, chatting, bermain sosial media, intinya semua hal yang berhubungan dengan tulisan font akan digunakan dalam hal itu. Sebenarnya banyak pengguna smartphone yang ingin merubah font pada ponsel mereka namun kebanyakan belum tahu caranya.

Nah, buat kamu yang masih belum tau caranya, kamu sangat beruntung karena pada artikel kali ini mimin akan membagikan beberapa tutorial cara mengganti font android yang bisa kamu terapkan nantinya. Yang masih penasaran, yuk! langsung saja simak ulasannya berikut.

Cara Mengganti Font Android

Pada pembahasan kali ini akan mimin jelaskan bagaimana cara merubah font android dan tentunya tanpa harus root ponsel. Caranya pun cukup mudah, apakah kamu penasaran? Yuk! langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini, kamu bisa pilih salah satu langkah di bawah ini

1. Melalui Menu Pengaturan

Di beberapa hp android, biasanya sudah tersedia fitur bawaan untuk mengganti font. Fitur ini berada di dalam pengaturan tiap-tiap ponsel. Adapun langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pergi ke menu Pengaturan yang ada di ponsel.
  • Kemudian gulis ke bawah dan pilih Wallpaper dan Huruf, kemudian masuk ke menu Huruf lokal.
  • Di dalamnya ada terdapat beberapa font yang tersedia. Pilih salah satu font kemudian terapkan.
  • Kalian juga bisa mengatur ukuran font sesuai keinginan.

Tutorial yang mimin bagikan di atas menggunakan hp Vivo. Mungkin akan ada perbedaan tampilan pada hp lain. Namun, biasanya menu pengaturan untuk mengubah font android ada di menu Tampilan. Jika masih tidak ditemukan di pengaturan, kamu bisa coba cara selanjutnya di bawah ini.

2. Menggunakan Aplikasi Go Launcher

Go Launcher menjadi solusi paling mudah untuk membuat tampilan smartphone jadi lebih keren dan menarik. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan berbagai perubahan seperti wallpaper, tema dan juga font.

Berikut langkah-langkah untuk mengganti font android dengan aplikasi Go Launcher:

  • Silahkan download aplikasi Go Launcher terlebih dahulu kemudian install.
  • Jika sudah buka aplikasi Go Launcher dan jadikansebagai tampilan Hp.
  • Berikutnya tekan dan tahan area kosong di homescreen sampai muncul beberapa opsi. Di sini kalina pilih Pengaturan Go / Go Setting kemudian pilih menu Font.
  • Langkah selanjutnya tap tombol Select Font di pojok kiri bawah, setelah itu akan muncul beberapa font yang bisa kamu pakai.
  • Pilih salah satu font yang diinginkan kemudian tekan tombol Scan font.
  • Nah sekarang kamu sudah berhasil menganti font dengan bantuan Go Launcher.

3. Menggunakan Aplikasi Zfont 3

Selain Go Launcher, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Zfont 3. Selain menggubah font android, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah emoji mirip seperti iPhone tanpa rooting. Aplikasi ini support untuk semua ponsel dan tentunya bisa kamu unduh secara gratis di Play Store.

Adapun tutorial menggunakannya berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Zfont 3 di Hp.
  • Setelah itu buka aplikasinya dan masuk ke menu Stylish di bagian atas.
  • Piih font yang diinginkan dan kamu download dulu font-nya.
  • Jika sudah tekan tombol Set dibagian bawah untuk menerapkan font.

4. Menggunakan Aplikasi HiFont

Selanjutnya kamu juga bisa merubah font pada hp android menggunakan aplikasi Hifont. Aplikasi ini sudah tersedia di Play Store dan bisa kamu download secara gratis. Berikut tutorialnya:

  • Download aplikasi Hifont terlebih dahulu kemudian install sampai selesai.
  • Setelah itu buka aplikasinya dan kamu akan melihat beberapa font yang tersedia. Pilih salah satu font yang diinginkan.
  • Kemudian download fontnya, tunggu hingga selesai. Jika sudah tekan tombol Use untuk menerapkan.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi untuk mendownload aplikasi Swift Launcher – Custom Font. kamu tekan aja tombol Use Swift. Maka kamu akan masuk ke play store untuk menginstall.
  • Hal ini terjadi karena sebenarnya Hifont digunakan untuk perangkat yang sudah di root. Jadi dengan menginstall aplikasi Swift Launcher – Custom Font kamu tidak perlu merooting Hp.
  • Jika sudah berikutnya kamu kembali lagi ke aplikasi Hifont, pilih font yang sudah di download tadi dan tekan tombol Use lalu Change Swift Fonts.
  • Selesai.

5. Menggunakan Aplikasi PerappFonts

Caraberikutnya bisa dengan menggunakan aplikasi Perappfont yang memiliki fitur sediikit berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Jika tutorial di atas akan mengganti font android secara keseluruhan, berbeda dengan aplikasi yang satu ini yang bisa mengubah font pada tiap aplikasi satu persatu.

Sehingga setiap aplikasi akan memiliki jenis font yang berbeda-beda. Terdapat beberapa jenis font yang tersedia pada aplikasi ini dan bisa digunakan secara gratis.

6. Menggunakan Font Installer

Yang terakhir ada aplikasi Font Installer. Aplikasi ini telah menyediakan ratusan font yang dapat digunakan untuk mengubah font android.

Pengguna dapat melakukan custom font sendiri yang nantinya bisa dibagikan. Namun perlu diingat aplikasi ini hanya bisa dijalankan ketika ponsel sudah di root. Aplikasi ini menjadi salah satu alternatif terbaik cara mengganti font android dengan cepat.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengubah font android supaya smartphone kamu jadi lebih menarik. Sekian saja tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Next Post Previous Post