2 Cara Menentukan Arah Kiblat di Smartphone Tanpa Aplikasi dengan Mudah

TEKNOBAE.COM - Mengetahui arah kiblat merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi seorang muslim. Karena arah kiblat dipakai untuk beribadah seperti sholat, berdoa (lebih baik) dan lain sebagainya. Kiblat bagi umat islam adalah Ka'bah.

Menentukan Arah Kiblat di Smartphone

Bisa batal ibadah sholat seorang muslim jika salah dalam menentukan arah kiblat. Maka dari itu, kita harus tahu mana arah kiblat yang benar. Mungkin jika kita berada di daerah sendiri, kita akan lebih mudah menentukan arah kiblat.

Tapi, bagaimana jika kita pergi jauh, misalnya keluar kota, entah itu ke Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya. Biasanya kita akan kesulitan dalam menentukan arah kiblat dari posisi yang sekarang ditempati. Mungkin kamu bisa bertanya dengan seseorang yang ada di sana.

Namun, dengan adanya smartphone, kini kita bisa dengan mudah menentukan arah kiblat secara akurat. Berikut ulasannya cara menentukan arah kiblat di hp tanpa aplikasi.

Cara Mencari Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Dizaman yang sudah canggih seperti sekarang ini, kita bisa mendapatkan berbagai kemudahan. Salah satunya, kita bisa mengetahui arah kiblat secara akurat bahkan tanpa aplikasi.

Di sini kita akan menggunakan layanan dari situr Qibla Finder. Situs ini dapat membantu kamu dalam mencari arah kiblat secara online dengan mudah dan cepat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi berupa jarak antara posisi kamu sekarang ke arah Ka'bah. Jadi kamu tidak perlu bersusah payah membawa kompas.

Berikut mimin akan bagikan dua cara untuk kamu yang sedang mencari arah kiblat secara online. Simak tutorialnya di bawah.

1. Melalui Web Browser

Cara yang pertama, kamu bisa mengetahui arah kiblat dari Qibla Finder melalui web browser.  Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan kalau GPS di Hp Android atau Iphone sudah menyala.
  • Berikutnya masuk ke web browser yang kamu punya. Sebagai contoh admin pakai browser Chrome.
  • Kemudian kunjungi alamat situs qiblafinder.withgoogle.com pada kolom URL.
  • Setelah itu pada tampilan utama, kamu pilih negara Indonesia, lalu tekan tombol Ayo.
  • Kemudian akan muncul keterangan permintaan izin untuk mengakses kamera dan lokasi. kamu tap aja Oke.
  • Selanjutnya akan muncul halaman kompas kiblat. Perhatikan titik putih yang ada ditengah kompas. Pastikan ia berada di area tengah lingkaran. Hal ini untuk mendapatkan arah kiblat yang akurat.
  • Garis biru merupakan petunjuk arah kiblat yang sesuai.
  • Selesai.

2. Melalui Google Asisten

Google Assistant merupakan fitur yang dikembangkan oleh Google untuk membantu pengguna ponsel agar lebih praktis. Fitur ini sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan yang dapat memuatnya melakukan perintah dari si pengguna smartphone hanya melalui perintah suara.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur Assistant Google untuk mencari arah kiblat dari hp. Biasanya untuk smartphone terbaru, fitur ini sudah otomatis aktif dan bisa langsung digunakan. Namun, kalau hp kamu belum ada bisa download dulu di play store.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama coba kalian ucapkan kalimat "OK Google" sampai nantinya muncul kolom pencarian dari Asisten Google.
  • Jika tidak berfungsi, tekan dan tahan tombol Home maka kalian akan masuk ke halaman pencarian Google.
  • Pilih menu Shapshot kemudian tap ikon microfon dan ucapkan kalinat "arah kiblat"
  • Secara otomatis Asisten google akan mengarahkan kalian ke situs Qibla Finber.
  • Kemudian lakukan langkah-langkah seperti di atas tadi.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah beberapa tutorial yang bisa kamu lakukan untuk menentukan arah kiblat tanpa aplikasi. Sekarang kamu tidak perlu takut dan bingung lagi dalam menentukan arah kiblat walaupun sedang dalam perjalanan.

Next Post Previous Post