7 Cara Mengatasi Hp Vivo Di Cas Tidak Masuk

Pernah mengalami HP Vivo yang sudah dicas lama namun tidak masuk? Jika pernah kamu perlu tahu penyebabnya dan perlu segera mengatasinya agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut.

Kerusakan pada HP Vivo memang bermacam-macam. Ada juga kerusakan sistem, layar, kamera dan lain-lain. Namun kerusakan yang paling sering dialami oleh pengguna HP Vivo ialah baterai.

Dimana banyak pengguna yang pernah mengalami Hp Vivo tidak bisa di cas, di cas sampai penuh namun saat pemakaian cepat drop, ada juga habis di cas baru pemakaian sebentar langsung mati dan ada juga sudah lama di cas namun tidak masuk-masuk.

Hp Vivo Di Cas Tidak Masuk

Tanda-tanda di atas biasanya disebabkan dari baterai Hp Vivo itu sendiri. Dan saat ini saya akan membahas masalah Hp Vivo di cas tapi tidak masuk. Dan sebelum ke tutorial cara mengatasinya, Saya akan menjelaskan penyebabnya.

Baca juga : 3 Cara Mengubah Emoji HP VIVO Menjadi IOS No Root

Penyebab Hp Vivo Di Cas Tidak Masuk

Untuk penyebabnya sendiri tidak pasti, Namun saya akan memberitahu penyebab yang umum terjadi ketika Hp Vivo dicas tidak masuk

Baterai rusak

Baterai rusak menjadi penyebab paling umum ketika Hp Vivo sudah di cas lama namun tidak masuk. Biasanya tanda-tanda dari baterai rusak yaitu melembung karena disebabkan baterai bocor.

Charger Bawaan Rusak

Penyebab kedua mengapa Hp Vivo tidak masuk ketika di cas yaitu karena charger rusak. Walau charger bawaan awet dan tahan lama, Namun ketika rusak bisa menimbulkan masalah.

Beda Charger

Charger yang berbeda apalagi asal-asalan juga bisa menyebabkan Hp Vivo tidak bisa maasuk ketika di cas. Karena biasanya tegangan atau kekuatan charger itu berbeda-beda. Sehingga jika Hp Vivo kamu di cas menggunakan cas milik orang lain yang asal-asalan bisa-bisa baterai tidak terisi dan Hp menjadi panas.

Cara Mengatasi Hp Vivo Di Cas Tidak Masuk

Penyebab diatas yang saya tulis berdasarkan penyebab yang kebanyakan dialami pengguna Hp Vivo. Dan memang masih ada penyebab lain yang bisa menyebabkan hal ini. Lantas bagaimana cara mengatasinya? silahkan simak berikut.

Gunakan Charger Original

Jangan coba-coba menggunakan charger lain jika tidak darurat. Karena tidak semua charger lain kecuali bawaan benar-benar cocok dengan HP kita.

Biasanya jika Hp Vivo yang kita gunakan menggunakan charger lain tidak cocok, Ada tanda-tanda Hp menjadi panas dan semakin lama di cas semakin panas.

Dan biasanya juga setelah lama di cas tidak masuk. Maka solusinya usahakan menggunakan charger bawaan Vivo atau jika lagi rusak, Maka kamu gunakan charger Vivo lainnya.

Charger Dengan Stop Kontak Berbeda

Perbedaan stop kontak dengan charger juga bisa menimbulkan baterai tidak terisi dan dicas tidak masuk. Pastinya kamu pernah merasa bukan di lain tempat dimana ketika dicolokkan ke stop kontak yang berbeda, Kecepatan isinya juga berbeda.

Nah inilah mengapa terkadang jika stop kontaknya berbeda bisa menimbulkan Hp Vivo dicas tidak masuk. Solusinya untuk ini, Usahakan charger di tempat biasanya kamu cas dan tidak mengalami masalah.

Kalibrasi Baterai

Solusi berikut ini yang perlu kamu ketahui ketika Hp Vivo tidak bisa masuk ketika dicas yaitu dengan cara kalibrasi baterai. kamu bisa gunakan bantuan aplikasi Battery Callibration.

Persiapan melakukan kalibrasi yaitu isi penuh baterai sampai 100% dan kemudian jalankan aplikasi battery callibration dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Matikan Ketika di Cas

Solusi berikutnya yaitu jangan gunakan HP ketika di cas dan matikan Hp. Karena banyak dari pengguna yang sedang cas namun tidak dimatikan, Melainkan masih digunakan.

Dan hal ini akan cukup berpengaruh pada kondisi baterai Hp dan jika terus-terusan melakukannya. Maka kondisi baterai akan semakin memburuk dan mengalami kebocoran. Sehingga hal ini bisa menyebabkan saat Hp Vivo di cas tidak masuk.

Jangan Keseringan Charger

Penyebab lain kenapa Hp Vivo tidak bisa masuk karena ponsel overcharger. Hal ini bisa terjadi ketika kamu cas berulang kali dan terlalu berlebihan dalam cas baterai HP. Hal ini bisa menimbulkan baterai rusak dan menyebabkan Hp Vivo tidak masuk ketika di cas.

Ganti Baterai

Seperti yang saya singgung diatas bahwa Hp Vivo tidak masuk ketika di cas, Bisa jadi karena baterainya. Dan jika baterai rusak apalagi sudah ada tanda-tanda melembung karena bocor. 

Maka yang pasti baterai harus segera diganti sebelum menimbulkan kerusakan pada komponen lain karena melembung. Jika baterai melembung pastinya Hp Vivo akan sulit sekali dicas dan tidak masuk. Bahkan jika sudah penuh dan saat digunakan langsung habis baterainya.

Baca juga : Cara Restart HP VIVO Agar Kinerja Semakin Lebih Baik

Bawa Ke Tukang Service

Langkah terakhir yang bisa kamu coba yaitu bawa ke tukang servicer Hp terdekat. Karena jika sudah menyangkut karena komponen dalam rusak, Maka jalan satu-satunya yaitu dibawa ke tukang service. Agar dibantu menemukan penyebab dan dibantu memperbaiki masalah ini.

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi Hp Vivo dicas tidak masuk. Semoga 7 cara diatas membantu kamu dalam menyelesaikan masalah ini dan jangan lupa share ya.

Check Also

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

5 Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Story Instagram – Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur Instagram yang …