Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia - Seperti yang telah diatur dalam UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa seluruh rakyat Indonesia harus menghargai, menghormati dan melaksanakan hak asasi serta kewajiban dalam bermasyarakat.

Ketentuan akan hak dan kewajiban ini tertera pada UUD 1945 pasal 28J yang berbunyi “Setiap warga negara wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”.

Maksud dari pasal ini adalah sebagai warga negara sekaligus anggota masyarakat kita diharuskan untuk menghormati dan menghargai hak-hak asasi orang lain dan melaksanakan kewajiban kita sebagai warga negara sebelum menuntut hak pribadi.

Pada dasarnya sebagai manusi yang berakhlak memang seharusnya kita menghormati dan menghargai hak-hak manusia lainnya. Meskipun kita juga memiliki hak yang sama besar dengan orang lain, namun hak yang kita miliki tersebut tetaplah dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Selain menghargai dan melaksanakan hak asasi kita juga diwajibkan untuk melaksanakan kewajiban sebagai anggota masyarakat sekaligus warga negara. Pada dasarnya kewajiban warga negara adalah untuk membela bangsa dan negara dari ancaman yang datang. 

Disamping itu kita juga diwajibkan untuk taat dan patuh terhadap norma-norma dan aturan yang berlaku dalam negara kita termasuk norma dan aturan untuk menghormati, menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi manusia dalam lingkungan masyarakat.

Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

Umumnya sikap acuh terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban asasi akan mengarah pada pelanggaran HAM. Pelanggaran HAM sendiri merupakan tindakan yang dapat diklasifikasikan kedalam tindakan kriminal dan pelakunya dapat mendapatkan hukuman penjara maupun denda. Untuk menanggulangi hal semacam ini pemerintah telah membentuk badan khusus untuk melindungi hak asasi manusia (Komnas HAM).

Baca juga : Perbedaan Hak dan Kewajiban Lengkap Dengan Contohnya

Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

HAM atau Hak Asasi Manusia merupakan konsep normatif dan hukum yang menjelaskan bahwa dalam diri manusia terdapat hak yang melekat. Maka dari itu dimana saja, kepada siapa saja dan kapan saja dapat menggunakan hak asasi manusia ini karena pada dasarnya bersifat universal.

Secara umum prinsip HAM tersebut memang tidak dapat dicabut. Maka dari itu dalam masyarakat luas, HAM senantiasa dijunjung tinggi. Terlebih lagi jika berhubungan dengan hukum, maka setiap manusia dapat mengutarakan pendapatnya sesuai dengan hak hak asasi yang berlaku.

Pengertian menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban asasi manusia memiliki arti bahwa disamping menjalankan dan melaksanakan kewajiban sebagai masyarakat dan warga negara maka kita juga dituntut untuk menghormati sekaligus menghargai hak asasi manusia yang dimiliki setiap orang karena sekalipun kita memiliki hak asasi yang sama namun tetap saja hak asasi yang kita miliki memiliki batasan batasan tertentu yang tidak dapat dilanggar.

Contoh Sikap Menghargai dan Menghormati Hak Asasi Manusia dalam Lingkungan Masyarakat

Contoh perbuatan atau tindakan yang mencerminkan sikap menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam lingkungan masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Menghormati adanya perbedaan antar teman.
  • Memberikan kesempatan kepada teman yang berbeda agama untuk melakukan ibadah.
  • Menghargai dan mengapresiasi karya orang lain.
  • Tidak menjiplak karya orang lain.
  • Menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi.
  • Menumbuhkan sikap toleransi dalam kehidupan di masyakarat

Contoh Sikap Melaksanakan Kewajiban Dalam Lingkungan Masyarakat

Melaksanakan kewajiban merupakan langkah awal sebelum kita dalam meminta hak-hak kita. Sebagai seorang warga negara dan anggota lingkungan masyarakat kita diwajibkan untuk melaksanakan kewajiban kita. Kewajiban tersebut antara lain:

Baca juga : Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut UUD 1945

  • Membela bangsa dan Negara dari ancaman yang berasal dari luar.
  • Taat kepada norma dan aturan yang berlaku.
  • Tidak melanggar norma dan aturan.
  • Melaporkan tindakan kriminal yang terjadi di masyarakat.
  • Menengok tetangga atau teman yang sakit sebagai tindakan simpatik.
  • Mengabdi pada masyarakat dan negara.
  • Melaksanakan tugas tepat waktu.

Pada dasarnya terdapat banyak sekal contoh tentang pelaksanaan hak dan kewajiban manusia dalam lingkungan masyarakat. Hak dan kewajiban ini telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 dan merupakan pedoman untuk hidup rukun dalam masyarakat.

Sekian artikel kewarganegaraan yang membahas tentang pengertian dan contoh menghargai dan melaksanakan hak dan kewajiban manusia kali ini. selalu ingat bahwa sebelum meminta hak kita harus mendahulukan kewajiban terlebih dulu.

Next Post Previous Post