Pengertian Kerjasama Regional, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Kerjasama Regional

Pengertian Kerjasama Regional, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Kerjasama Regional - Hidup bermasyarakat menjadi sebuah kerharusan dan bukan pilihan yang harus dijalani oleh setiap orang. Sebagai manusia kita akan hidup dalam lingkup sosial yang notabenya saling membutuhkan satu sama lain. Dalam konsep kehidupan sosial inilah kita mengenal istilah kerjasama baik berskala kecil, menengah, bahkan internasional sekalipun.

Dalam konteks yang lebih besar kita bisa menjumpai bentuk kerjasama regional sebagai bentuk dari interaksi sosial. Tanpa saya jelaskan pun harusnya kalian sudah tau bahwa setiap negara menjalin hubungan dan kerjasama yang saling menguntungkan di berbagai bidang. 

Misalnya bidang keamanan, ekonomi, teknologi, hingga perdagangan yang diwujudkan oleh kegiatan ekspor impor. Interaksi semacam inilah yang selanjutnya disebut sebagai kerjasama regional dalam konteks pendidikan.

kerjasama regional

Itulah pertanyaan yang sering muncul di benak siswa. Secara garis besar bentuk kerjasama satu ini masuk dalam mata pelajaran PKN (pendidikan kewarganegaraan). Materi yang berisi definisi, tujuan, manfaat, serta contoh kerjasama internasional sendiri sudah mulai berikan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Meski memiliki cakupan pembahasan lumayan luas tapi materi yang sederhana membuatnya mudah untuk kita hafalkan.

Baca juga : Perjanjian Internasional: Pengertian, Jenis dan Tahapan Perjanjian Internasional

Pengertian Kerjasama Regional, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Kerjasama Regional

Secara garis besar kerjasama regional merupakan bentuk interaksi sosial yang saling menguntungkan para pelakunya. Tak hanya berada di lingkup kecil saja tapi aktivitas ini juga bisa meluas ke ranah internasional.

Sebagai contoh indonesia menjual minyak goreng ke singapore untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sana. Begitu juga dengan singapore yang turut serta membantu negara kita melakukan evakuasi dan meminjamkan teknologi sewaktu terjadi bencana.

Berdasarkan beberapa karakteristik pada umumnya kerjasama antar negara dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Karakteristik ini digolongkan berdasarkan jumlah anggota dan wilayahnya. Nah salah satu jenis kerjasama antar negara tersebut adalah kerjasama regional. 

Apa Itu Kerjasama Regional?

Pengertian kerjasama regional adalah interaksi saling menguntungkan antar dua negara atau lebih yang dilakukan disebuah wilayah berdekatan atau kawasan tertentu. Kita bisa menjumpai contoh kerjasama regional terjadi oleh satu negara dengan negara tetangganya. Misalnya indonesia dengan singapore, malaysia dan brunei, filipina dengan malaysia, dan lain sebagainya.

Secara konsep bentuk interaksi yang melibatkan dua kepentingan memang harus menghasilkan manfaat untuk semua pihak. Oleh karenanya ditetapkanlah beberapa poin penting menjadi sebuah perjanjian antara para pelakunya.

Setelah menjelaskan tentang pengertian kerjasama regional tersebut, kemudian saya akan membahas sedikit mengenai isi kerjasama regional tersebut. Sebuah kerjasama atau perjanjian pada dasarnya berisi hak pelaku kerjasama itu sendiri. Untuk itu isi yang dimiliki oleh setiap kerjasama Internasional memiliki pembahasan yang berbeda beda.

Tetapi dalam pokok pembahasan kerjasama regional biasanya memiliki beberapa poin penting didalamnya berisi kebijakan tertentu yang bermunculan. Di bawah ini terdapat hasil kebijakan Internasional yang memunculkan beberapa kebijakan seperti berikut:

  • Penetapan perjanjian dan peraturan dalam menanamkan modal sehingga posisi tawar menawar antar negara dapat diperkuat saat negara lebih maju dapat dihadapi. 
  • Memproteksi pengusaha domestik sehingga persaingan dari luar kawasan dapat dihadapi.
  • Membentuk kawasan perdagangan bebas sehingga tarif bea masuk dapat dihilangkan sehingga skala pasar Internasional dapat meningkatkan barang dari sesama negara anggota.

Tujuan Kerjasama Regional

Kerjasama regional pada dasarnya memiliki tujuan yang banyak sekali. Tujuan ini didasarkan pada keperluan setiap wilayah. Tujuan kerjasama regional secara umum ialah membuat negara anggotanya menjadi lebih maju yaitu negara yang letaknya disebuah wilayah. Tujuan dari kerjasama regional tersebut sebenarnya masih dapat dibagi lagi menjadi lebih rinci.

Baca juga : 10 Bentuk Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Ekonomi dan Politik

Di bawah ini terdapat beberapa tujuan dari kerjasama regional yaitu diantaranya:

  • Membuat produk negara anggota menjadi dipasarkan.
  • Memperoleh bahan kebutuhan jika tidak diproduksi oleh negaranya sendiri.
  • Membuat hubungan ekonomi dan stabilitas kawasan antar negara anggota menjadi meningkat.
  • Membuat persahabatan antar negara tetangga menjadi terjalin.

Manfaat Kerjasama Regional

Setelah menjelaskan apa itu kerjasama regional dan tujuan kerjasama regional pada sesi sebelumnya. Selanjutnya saya akan membahas tentang manfaatnya secara spesifik. Meski semua pihak pasti mengharapkan dampak positif tapi kita tak bisa menyamaratakan manfaat tersebut. Mengapa demikian? hal ini mengacu kembali pada isi dari perjanjian yang telah disepakati.

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat dari kerjasama regional yaitu meliputi:

  • Membuat keuntungan negara menjadi bertambah.
  • Membuat hubungan antar negara menjadi semakin erat.
  • Membuat produk dalam negeri dapat dipasarkan.
  • Membuat kesejahteraan ekonomi menjadi meningkat.
  • Membuat perdamaian dan ketertiban di wilayah tersebut menjadi terwujud.
  • Membuat teknologi dan ilmu pengetahuan meningkat.

Contoh Kerjasama Regional

Selain pengertian kerjasama regional, tujuan kerjasama regional dan manfaat kerjasama regional di atas. Adapula contoh kerjasama regional. Di dunia ini terdapat kerjasama regional yang dapat dinyatakan dalam contoh seperti berikut:

Uni Eropa atau European Union (EU)

Uni Eropa ialah organisasi antara anggota negara Eropa dengan pemerintahan. Dalam bidang pemerintahan terdapat gerakan dari organisasi ini sebagai organisasi Internasional dan badan otonom antar negara federal.

Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)

Contoh kerjasama regional selanjutnya ialah Asia Pasific Economic Cooperation. Asia Pasific Economic Cooperation ialah organisasi kerjasama ekonomi yang sifatnya tidak mengikat, terbuka dan informal sejak tahun 1989 saat pembentukannya. Organisasi ini memiliki anggota yang berupa negara di kawasan Asia Pasifik.

Assocition of Southeast Asian Nations (ASEAN)

ASEAN ialah kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara. Berdirinya ASEAN dipelopori oleh Ir. Soekarno selaku pemimpin negara Indonesia. Tujuan organisasi ASEAN ialah untuk membuat kerjasama regional antar negara di Asia Tenggara menjadi semakin kukuh. Hal inilah yang tercantum dalam pengertian kerjasama regional di atas.

North America Free Trade Area (NAFTA)

Bentuk kerjasama regional selanjutnya ialah North America Free Trade Area (NAFTA). NAFTA ialah kerjasama dalam perdagangan bebas yang ada dikawasan Amerika Utara. NAFTA tersebut termasuk organisasi di negara Amerika Utara yang memberlakukan perdagangan bebas.

Asean Free Trade Area (AFTA)

AFTA ialah organisasi yang terdapat dalam negara anggota ASEAN untuk melakukan perdagangan bebas. AFTA sendiri mulai berjalan efektif sejak tahun 2014 hingga kini kita bisa merasakan dampaknya terlepas baik ataupun buruk.

Misalnya harga handphone serta alat elektronik impor yang semakin murah di pasaran. Tapi contoh kerjasama regional satu ini juga menimbulkan dampak negatif bagi pelaku usaha kecil di negeri sendiri karena tak mampu bersaing dengan produk impor.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kerjasama regional, tujuan kerjasama regional, manfaat kerjasama regional dan contoh kerjasama regional. Kerjasama regional dapat diartikan sebagai kerjasama antara dua negara atau lebih yang dilakukan disebuah wilayah berdekatan atau kawasan tertentu.

Next Post Previous Post