Macam-Macam Hak Asasi Manusia Beserta Contohnya

Macam-Macam HAM (Hak Asasi Manusia) Beserta Contohnya - Hak Asasi Manusia atau HAM ialah hak yang dimiliki oleh setiap individu sejak dalam kandungan. Menurut PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), pengertian HAM adalah hak kemanusiaan yang melekat dalam diri kita sehingga dapat membuat kita hidup sebagai manusia pada umumnya.

HAM atau Hak Asasi Manusia dapat dibagi menjadi beberapa macam. Setiap macam Hak Asasi Manusia memiliki contoh hak asasi manusia yang berbeda beda. Pada dasarnya pemahaman tentang HAM ini telah dipelajari secara mutlak karena termasuk dalam hak dasar.

Pendididikan Kewarganegaraan yang selanjutnya disingkat PKN merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa. Kalian akan menjumpainya bahkan sejak di bangku sekolah dasar sebagai bentuk tindakan agar siswa lebih mencintai Negaranya.

Dari sekian banyak materi, kita akan disuguhkan pokok bahasan tentang beberapa macam ham dan contoh hak asasi di tengah kehidupan bermasyarakat. Kendati demikian, ternyata masih ada beberapa siswa yang mengeluh tak mampu menghafalkan jenis HAM.

macam macam HAM

Pada dasarnya, Hak Asasi Manusia (HAM) ini dijadikan sebagai jati diri setiap orang sebagai makhluk intern sebagai manusia. Oleh karenanya setiap macam hak asasi manusia sudah melekat dalam diri orang itu sendiri ketika masih dalam kandungan.

Sifat dasarnya adalah aboslut karena terlepas dari asal usul etnis, bangsa, status, lokasi, agama, bahasa, dan sebagainya. Maka dari itu HAM dapat diwujudkan dalam bentuk contoh hak asasi manusia yang akan saya jelaskan. Kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam HAM (Hak Asasi Manusia) beserta contoh HAM. 

Baca juga : Sejarah Hak Asasi Manusia (HAM) di Dunia dan Indonesia

Macam-Macam HAM (Hak Asasi Manusia) Beserta Contohnya

Secara garis besar, materi yang membahas penjelasan dan contoh hak asasi manusia bisa kita jumpai pada mapel PKN di semua jenjang. Ketika berada di bangku SD siswa hanya akan diajarkan dasar-dasar HAM saja.

Tapi seiring berjalannya waktu saat sudah menginjak SMP/SMA kalian akan menjumpai pembagian jenis hak asasi. Mulai dari Hak pribadi, hak politik, ekonomi, hukum, peradilan, bahkan sampai kebudayaan sekalipun.

Kendati demikian, kalian bisa mempelajari materi HAM tersebut secara mandiri karena semua sudah tertulis rapi di buku pedoman PKN. Di lain sisi, guru pun biasanya akan mengajarkan materi hak asasi secara intensif sebagai pembekalan.

Pasalnya, tak sedikit siswa yang salah ketika diminta menyebutkan contoh hak asasi berdasarkan macamnya. Nah, berdasarkan problematika inilah akhirnya saya tergelitik untuk membuat rangkuman macam HAM menurut para ahli.

Sebelum membahas tentang macam macam HAM dan contoh HAM. Saya akan menjelaskan tentang Hak Asasi Manusia secara singkat. Pemberlakuan setiap macam hak asasi manusia pada umumnya ialah Universal.

HAM tersebut memiliki dasar dasar yang terdapat dalam UUD 1945 RI pasal 28, pasal 27 ayat 1, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 serta dituangkan dalam Declaration of Independence of USA (Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat). Dibawah ini terdapat macam macam Hak Asasi Manusia beserta contoh Hak Asasi Manusia.

Personal Rights (Hak Asasi Pribadi)

Hak asasi pribadi adalah jenis HAM pertama dan paling mendasar yang menjadi landasan untuk kita hidup. Sejatinya, Personal rights sudah melekat pada individu bahkan semenjak masih berada di dalam kandungan. Analoginya seperti seorang bayi meskipun belum lahir tapi dia berhak untuk hidup sehingga orang tuanya pun harus mempertahankan, melahirkan, dan merawatnya.

Baca juga : Penggolongan Hukum Menurut Sumber, Bentuk, Isi, Waktu Berlaku, Tempat Berlaku, Sifat, Wujud dan Cara Mempertahankannya

Contoh hak asasi pribadi pun bisa kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat, misalnya:

  1. Hak kebebasan dalam berpindah tempat, bergerak, dan bepergian.
  2. Hak kebebasan aktif dan memilih sebuah perkumpulan atau organisasi.
  3. Hak kebebasan dalam menyatakan dan mengeluarkan pendapat.
  4. Hak untuk berkembang, hidup, tumbuh dan berperilaku.
  5. Hak kebebasan dalam menjalankan, memeluk, memilih kepercayaan dan agama yang diyakini oleh setiap orang.
  6. Hak untuk tidak disiksa dan tidak dipaksa.

Meski setiap orang memiliki kebebasan untuk melakukan sesuatu tapi hak tersebut juga tak sepenuhnya bersifat mutlak. Lebih tepatnya, hak sebagai seorang individu masih dibatasi oleh hak orang lain sehingga kita tak boleh berbuat seenaknya. Sebagai bagian dari masyarakat kita harus bisa bertenggang rasa dan mengerti batasan-batasan dengan tidak melanggar hak orang lain.

Political Rights (Hak Asasi Politik)

Macam HAM selanjutnya ialah Political Rights atau Hak Asasi Politik. Hak Asasi Politik adalah jenis hak asasi manusia yang berkaitan dengan kehidupan politik. Misalnya kebebasan untuk memilih ataupun mencalonkan diri sebagai pemimpin dan berperan aktif dalam pemerintahan.

Dalam konteks kehidupan nyata, jenis HAM satu ini sering dilanggar sebagai bentuk kampanye di tengah masyarakat. Banyak penyimpangan serta kebiasaan buruk yang timbul akibat pelanggaran hak politik.

Misalnya karena tidak mempunyai pandangan sama pada saat pemilu akhirnya seorang individu dikucilkan oleh kelompok. Praktek semacam inilah yang selanjutnya menjadi pelanggaran HAM yang menjamur di tengah masyarakat.

Baca juga : Pengertian dan Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Padahal jika dijabarkan contoh hak asasi politik meliputi:

  1. Hak dipilih dan memilih dalam sebuah pemilihan.
  2. Hak mendirikan atau membuat organisasi politik dan partai politik lainnya.
  3. Hak untuk berperan serta dalam suatu kegiatan pemerintahan.
  4. Hak diangkat jabatan dalam suatu pemerintahan.
  5. Hak mengajukan dan membuat sebuah usulan petisi.

Legal Equality Rights (Hak Asasi Hukum)

Indonesia adalah negara Hukum yang seluruh peraturannya bersumber dari undang-undang dasar. Jenis hak asasi manusia satu ini memungkinkan kita untuk memperoleh kedudukan yang sama dalam pemerintahan dan di depan hukum. Sayangnya berbagai pelanggaran jenis HAM Kegal Equality Right masih sering terjadi di tengah masyarakat.

Apa saja contoh hak asasi hukum? simaklah beberapa poin di bawah:

  1. Hak untuk menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara).
  2. Hak memperoleh perlakuan sama dalam pemerintahan dan di depan hukum.
  3. Hak untuk memperoleh perlindungan dan pelayanan hukum.
  4. Hak untuk mempunyai dan memperoleh pembelaan hukum di peradilan.

Property Rights (Hak Asasi Ekonomi)

Ketika membicarakan soal ekonomi maka sah-sah saja jika saya katakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan kehidupan yang layak. Hal inilah yang menjadi tujuan serta landasan utama hak asasi ekonomi di semua negara.

Macam HAM ekonomi sedikit banyak mengatur kebabasan individu untuk memperoleh kesejahteraan yang setara dalam perekonomiannya. Adapun contoh hak asasi ekonomi yaitu meliputi:

  1. Hak kebebasan dalam mempunyai sesuatu.
  2. Hak kebebasan dalam melaksanakan kegiatan transaksi jual belai.
  3. Hak kebebasan dalam melaksanakan utang piutang dan sewa menyewa.
  4. Hak kebebasan dalam melakukan perjanjian kontrak.
  5. Hak dalam merasakan Sumber Daya Alam.
  6. Hak memperoleh dan mempunyai pekerjaan layak.
  7. Hak dalam memajukan kualitas hidup.
  8. Hak medapatkan kehidupan layak.

Procedural Rights (Hak Asasi Peradilan)

Macam HAM selanjutnya ialah Procedural Rights atau Hak Asasi Peradilan. Hak Asasi Peradilan adalah macam hak asasi manusia agar memperoleh perlakukan yang sama dalam tata cara suatu pengadilan. Hak asasi ini memiliki contoh HAM didalamnya. Adapun contoh hak asasi peradilan yaitu meliputi:

  1. Hak untuk memperoleh perlakukan yang sama dalam penyelidikan, penggeledahan, penahanan dan penangkapan dalam dunia hukum.
  2. Hak memperoleh pembelaan hukum dalam pengadilan.
  3. Hak untuk melakukan penolakan penggeledahan jika tidak memiliki surat penggeledahan yang resmi.
  4. Hak untuk mendapatkan kepastian hukum.
  5. Hak untuk memperoleh perlakukan yang adil dalam hukum.

Social Culture Rights (Hak Asasi Sosial Budaya)

Macam HAM selanjutnya ialah Social Culture Rights atau Hak Asasi Sosial Budaya. Hak Asasi Sosial Budaya adalah macam hak asasi manusia yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Hak asasi ini memiliki contoh HAM didalamnya. Adapun contoh hak asasi sosial budaya yaitu meliputi:

  1. Hak untuk memperoleh pengajaran.
  2. Hak untuk memperoleh, memilih dan menentukan pendidikan.
  3. Hak untuk melakukan kegiatan pengembangan terkait hobi.
  4. Hak untuk melakukan kegiatan pengembangan budaya sesuai dengan minat dan bakat.
  5. Hak dalam berekreasi.
  6. Hak dalam berkomunikasi.
  7. Hak dalam mendapatkan jaminan sosial.

Sekian penjelasan mengenai macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) beserta contoh HAM. Setiap macam Hak Asasi Manusia tersebut memiliki contoh yang berbeda beda. HAM atau Hak Asasi Manusia adalah hak yang dimiliki oleh setiap orang sejak dalam kandungan.

Next Post Previous Post