11 Gambar Pola Jaring-Jaring Kubus Beserta Unsur dan Rumusnya

11 Gambar Pola Jaring-Jaring Kubus Beserta Unsur dan Rumusnya - Kubus merupakan bangun ruang yang tersusun dari enam sisi berbentuk persegi yang kongruen, yaitu sama besar atau ukuran dan bentuknya. Dalam bangun ruang kubus terdapat delapan titik sudut dan 12 rusuk yang panjang sama. Contoh benda yang berbentuk kubus adalah rubik, kotak makanan, kardus, kotak tisu dan lain sebagainya.

Jika bangun ruang kubus dibongkar maka akan terlihat jaring-jaring atau kerangka yang menyusun kubus. Definisi dari jaring-jaring kubus adalah bangun datar dari bukaan bangun ruang menurut rusuknya.

kubus

Unsur-Unsur Kubus

Setiap hal terbentuk dari beberapa penyusun, begitu juga dengan kubus. Kubus memiliki beberapa bagian penting yang terdiri dari :

  • Sisi atau bidang kubus yaitu bagian yang membatasi kubus. Kubus memiliki 6 sisi.
  • Diagonal bidang atau diagonal sisi yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang berhadapan pada setiap bidang atau sisi kubus. Kubus memiliki 12 diagonal bidang atau diagonal sisi.
  • Rusuk yaitu garis potongan antar dua sisi bidang kubus dan terlihat seperti kerangkan yang menyusun kubus. Kubus memiliki 12 rusuk.
  • Titik sudut yaitu titik potongan antara dua atau tiga rusuk. Kubus memiliki 8 titik sudut.

Gambar Jaring-Jaring Kubus

jaring jaring kubus

Jaring-jaring kubus di atas apabila dirangkai kembali maka:

  • Tidak ada satu pun hasil guntingan yang berupa daerah persegi tersebut yang menutup persegi lainnya.
  • Hasil pengguntingan tidak boleh terlepas yang satu dengan yang lain.

Jadi, yang dimaksud dengan jaring-jaring kubus adalah suatu rangkaian yang terdiri dari enam daerah persegi yang apabila digabungkan kembali (diimpitkan sisi-sisi perseginya) maka akan membentuk kubus.

Jaring-jaring kubus terdiri dari 6 buah persegi yang sama dan kongruen, maka untuk menghitung rumus luas permukaan kubus adalah 6s².

Volume Kubus

Yang dimaksud dengan volume kubus adalah ruang yang ditempati oleh kubus. Untuk menghitung volume kubus bisa dilakukan dengan mencari panjang rusuk kubus.

Dalam menentukan volume kubus, ada rumus yang berbeda berdasarkan parameter yang berbeda. Menghitung volume kubus dapat dilakukan dengan menggunakan panjang sisi atau ukuran diagonal kubus dan dinyatakan dalam satuan panjang kubik. Berikut rumus untuk menghitung volume kubus:

  • Menghitung Volume Kubus (berdasarkan panjang sisi) = a pangkat 3 di mana a merupakan panjang sisi kubus.
  • Menghitung Volume Kubus (berdasarkan diagonal) = (√3×d 3 )/9 di mana d merupakan diagonal kubus.

Menghitung Volume Kubus Menggunakan Rumus Sisi

Untuk menghitung volume kubus bisa mengan mengalikan panjang rusuk tiga kali. Misalnya, terdapat sebuah kubus dengan panjang rusuk 4, maka volumenya adalah 4 pangkat 3. Rumus untuk menghitung volume kubus adalah sebagai berikut:

Volume kubus = s pangkat 3, di mana 's' adalah panjang sisi kubus.

Konsep yang digunakan untuk mendapatkan rumus volume kubus dapat dipahami dengan cara berikut ini:

  • Siapkan selembar kertas berbentuk persegi.
  • Sekarang, luas yang dicakup oleh lembaran persegi ini akan menjadi luas permukaannya yaitu panjang dikali lebar. Adapun persegi, karena panjang dan lebarnya sama, maka luas permukaannya adalah "s pangkat 2".
  • Sebuah kubus dibuat dengan menumpuk beberapa lembar persegi di atas satu sama lain sehingga tinggi menjadi sama dengan panjang dan lebar, yaitu, satuan "s".
  • Ini memberi kita tinggi atau ketebalan kubus sebagai "s"

Kesimpulannya bahwa seluruh ruang yang dicakup oleh kubus, yang merupakan volume, akan menjadi luas alas dikalikan dengan tingginya.

Menghitung Volume Kubus Menggunakan Rumus Diagonal

Menghitung volume kubus juga bisa dilakukan dengan mengetahui panjang diagonal kubus. Diagonal kubus diberikan sebagai, 3s, di mana 's' adalah panjang sisi kubus. Dari rumus ini, kita dapat menulis 's' sebagai, s = diagonal/√3.

Dengan demikian, rumus volume kubus menggunakan panjang diagonal dapat diberikan sebagai:

Volume kubus = (√3×d pangkat 3 )/9, di mana d adalah panjang diagonal.

Luas Permukaan Kubus

Ada dua jenis luas permukaan kubus, yaitu luas permukaan lateral dan luas permukaan total. Berikut penjelasannya.

Luas Permukaan Sisi Kubus

Luas sisi kubus merupakan jumlah dari seluruah luas sisi-sisi kubus. Ada 4 sisi-sisi kubus, jadi jumlah luas keempat sisi kubus tersebut adalah luas sisinya. Luas lateral kubus juga dikenal sebagai luas permukaan lateral dan diukur dalam satuan persegi.

LSA Kubus = 4a² 

a adalah panjang sisi.

Luas Permukaan Total Kubus

Luas permukaan kubus adalah luas alas dan luas permukaan vertikal kubus. Karena semua permukaan kubus terdiri dari persegi dengan dimensi yang sama, luas permukaan kubus akan menjadi luas permukaan satu wajah yang ditambahkan lima kali.

Ini diukur sebagai “jumlah unit persegi” (sentimeter persegi, inci persegi, kaki persegi, dll). Jadi, rumus matematika mencari luas permukaan kubus adalah:

Luas Permukaan Total (TSA) Kubus = 6a²

Next Post Previous Post