Arti Lambang Pancasila Sila 1-5 Lengkap Dengan Penjelasannya

Arti Lambang Pancasila Sila 1-5 Lengkap Dengan Penjelasannya - PKN menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Asumsi ini muncul bukan tanpa alasan karena pada mapel inilah kalian akan bertemu berbagai materi dengan teori kompleks yang harus dihafalkan. Misalnya konstitusi negara, ideologi bangsa, hingga yang paling dasar yakni menghafal arti lambang pancasila.

Negara kita memiliki ideologi dasar berupa Pancasila yang berpegang teguh pada UUD 1945. Pancasila dapat didefinisikan sebagai pedoman dan rumusan untuk seluruh rakyat Indonesia dalam bernegara dan berbangsa. Sama seperti namanya, pancasila terdiri dari sila ke 1 sampai sila ke 5.

Masing masing memiliki kandungan makna dan arti yang berbeda-beda. Meski begitu sila pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima saling berkaitan untuk membetuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

pancasila

Pancasila tersusun oleh lima sendi utama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradap, Persatuan Indonesia. lanjut sila ke 4 yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga : Pembahasan Pancasila Secara Ilmiah

Kelima sendi utama tersebut merupakan sila pertama sampai sila kelima dalam Pancasila. Bahkan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 paragraf ke empat terdapat pernyataan sila sila Pancasila ini. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang arti lambang Pancasila, baik sila ke 1 sampai sila ke 5. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Arti Lambang Pancasila Sila 1-5 Lengkap Dengan Penjelasannya

Hampir setiap warga negara Indonesia pasti familiar dengan lambang-lambang yang tercantum pada burung garuda. Misalnya bintang, rantai emas, pohon beringin, banteng, ataupun padi kapas yang saling berhubungan. Tapi taukah kalian sebenarnya gambar tersebut dipilih karena memiliki alasan tertentu.

Materi yang sedikit banyak membahas arti lambang pancasila sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa ketika duduk di bangku SMP. Pembahasannya pun juga telah terangkum secara lengkap di buku pedoman PKN serta LKS. Sayangnya, masih ada beberapa siswa yang tak mampu menjawab saat guru meminta jelaskan arti lambang pancasila dengan benar.

Setiap sila Pancasila pada dasarnya mempunyai lambangnya masing-masing. Lambang Pancasila sila 1 sampai 5 tersebut tercantun dalam bagian tengah lambang negara Indonesia yakni Burung Garuda.

Sila pertama Pancasila dilambangkan dengan simbol Bintang. Sila kedua Pancasila dilambangkan dengan simbol Rantai. Sila ketiga Pancasila dilambangkan dengan simbol Pohon Beringin. Sila keempat Pancasila dilambangkan dengan simbol Kepala Banteng. Sedangkan sila kelima Pancasila dilambangkan dengan simbol Padi dan Kapas.

Baca juga : Makna Alinea dalam Pembukaan UUD 1945 (Alinea I, II, III, IV)

Adapun arti lambang dalam Pancasila sila ke 1 sampai 5 yaitu sebagai berikut:

Sila ke 1 Pancasila

Sila ke 1 Pancasila

Lambang sila pertama Pancasila ialah simbol bintang emas, dimana berlatar belakang hitam dan mengandung lima sudut didalamnya. Bunyi sila ke 1 Pancasila ialah “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Arti lambang Pancasila sila ke 1 yang disimbolkan bintang emas ialah cahaya kehidupan manusia yang berlandaskan pada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu simbol bintang juga melambangkan sebuah cahaya sebagai penerang untuk kelima Dasar Negara sesuai dengan alinea 4 Pembukaan UUD 1945.

Kelima tujuan negara sesuai dengan alinea 4 Pembukaan UUD 1945, serta kelima sifat negara sesuai dengan alinea 2 Pembukaan UUD 1945. Kemudian untuk latar belakang bintang yang berwarna hitam tersebut menggambarkan warna alam yang artinya rahmat dan berkat dari Allah sebagai sumber dari semua hal.

Sila ke 2 Pancasila

sila ke 2 pancasila

Lambang sila kedua Pancasila ialah simbol tali rantai, dimana berlatar belakang merah dan mengandung persegi serta bermata bulatan dibagian kiri bawah perisai. Bunyi sila ke 2 Pancasila ialah “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Rantai tersebut tersusun oleh mata rantai yang bentuknya lingkaran dan segi empat yang saling berhubungan sehingga dapat membentuk lingkaran tali rantai.

Baca juga :  Definisi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka (Pembahasan Lengkap)

Bentuk lingkaran dalam rantai melambangkan seorang wanita, sedangkan gelang persegi dalam rantai melambangkan seorang pria. Dengan kata lain arti lambang Pancasila sila ke 2 yang disimbolkan tali berantai ini ialah ikatan yang terjadi antar sesama manusia sehingga dapat saling bersatu, membantu dan bahu membahu, baik laki laki ataupun perempuan.

Sila ke 3 Pancasila

sila ke 3 pancasila

Lambang sila ketiga Pancasila ialah simbol pohon beringin, dimana berlatar belakang putih dibagian kiri atas perisai. Bunyi sila ke 3 Pancasila ialah “Persatuan Indonesia”. Pohon beringin adalah sebuah pohon yang besar.

Maka dari itu arti lambang Pancasila sila ke 3 ialah tempat yang dapat digunakan untuk semua rakyat Indonesia agar dapat berteduh dan berlindung. Akar dari pohon beringin tersebut termasuk akar yang tunggal panjang atau akar tunjang sehingga dapat masuk tumbuh ke bawah tanah bagian dalam. Hal ini menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Selain itu dalam pohon beringin juga terdapat ranting ranting yang digelantungi oleh akar akar. Hal ini menggambarkan sebuah negara kesatuan yakni negara Indonesia, meskipun dari sabang sampai merauke memiliki berbagai jenis latar belakang budaya, agama dan suku yang berbeda beda.

Sila ke 4 Pancasila

sila ke 4 pancasila

Lambang sila keempat Pancasila ialah simbol kepala banteng, dimana berlatar belakang merah dibagian kanan atas perisai. Bunyi sila ke 4 Pancasila ialah “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan”.

Baca juga : Nilai Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila, Sila Pertama Sampai Kelima

Arti lambang Pancasila sila ke 4 menggambarkan hewan berkelompok dan kuat ialah cara yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam masyarakat dengan berdiskusi, berkumpul dan bermusyawarah.

Sila ke 5 Pancasila

sila ke 5 pancasila

Lambang sila kelima Pancasila ialah simbol padi dan kapas, dimana berlatar belakang putih dibagian kanan bawah perisai. Bunyi sila ke 5 Pancasila ialah ” Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan utama yang berupa padi dan kapas tanpa melihat kedudukan dan status yang dimilikinya.

Lambang kapas menggambarkan pakaian atau sandang, sedangkan lambang padi menggambarkan makanan pokok. Maka dari itu arti lambang Pancasila sila ke 5 ialah persamaan sosial antar masyarakat Indonesia tanpa adanya kesenjangan dan perbedaan ekonomi/sosial.

Sekian penjelasan mengenai arti lambang Pancasila sila 1 sampai 5 yang dapat saya sampaikan. Dalam Pancasila ini mengandung sila sila yang makna dan lambangnya berbeda beda. Simbol dari sila sila Pancasila tersebut tercantum dalam bagian tengah Burung Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia

Next Post Previous Post