5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia - Indonesia dikenal sebagai negara majemuk yang terdiri dari banyak suku bangsa di dalamnya. Hal ini pun akhirnya menyebabkan perbedaan ras, agama, budaya, dan norma di setiap daerahnya.

34 provinsi dan ratusan pulau menjadi bukti yang seolah bersifat absolut atas pernyataan tersebut. Meski demikian, masyarakat tetap saling hidup berdampingan karena faktor keberagaman menjadi salah satu kelebihan Negera kita.

Keberagaman sendiri merupakan kondisi dimana di dalam sebuah masyarakat terdapat banyak perbedaan baik dari segi ras, agama, suku bangsa, ekonomi, budaya dan lain sebagainya.

Namun dari keragaman masyarakat di indonesia inilah alasan kita menganut semboyan bhineka tunggal ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan ini memiliki makna bahwa meskipun bangsa kita terbentuk dari keragaman masyarakat namun semua keberagaman tersebut melebur menjadi satu menjadi Indonesia.

5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia pada dasarnya dapat kita temui dalam pelajaran pendidikan kewarga negaraan. Lebih tepatnya ketika kita menginjak jenjang SMP maupun SMA sederajat.

Penyebab keberagaman masyarakat Indonesia berasal dari beberapa faktor seperti letak geografis, perbedaan kondisi alam dan lingkungan, banyaknya pulau dan sebagainya. Karena latar belakang yang berbeda tersebut akhirnya indonesia menganut semboyan bineka tunggal ika. Dengan harapan agar keberagaman masyarakat indonesia bisa membawa dampak positif.

Baca juga : Pengertian Masyarakat Madani, Ciri, Unsur, Syarat dan Karakteristik Masyarakat Madani

5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat di Indonesia

Keberagaman masyarakat merupakan sesuatu yang lumrah terjadi di berbagai negara. Di indoensia sendiri keberagaman dianggap indah oleh masyarakat karena ibarat kebun bunga, akan lebih indah jika terdapat beragam jenis dan warna bunga yang menghiasi kebun tersebut. 

Namun sebagian orang juga menganggap keberagaman merupakan sebuah ancaman yang dapat memecah belah negara Indonesia. Dengan keragaman dan banyaknya suku bangsa dapat menjadi ancaman jika terjadi kesalahpahaman atau terjadi hasutan dari pihak luar. Seperti halnya sewakti perang sampit yang melibatkan melibatkan suku dayak dan madura.

Menurut saya sendiri, keberagaman masyarakat yang terjadi di indonesia merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi karena tidak dapat dipungkiri bahwa negara indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentuk dari banyak suku bangsa yang berbeda beda. 

Salah satu cara untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan hidup rukun dalam keberagaman dan saling menghormati antar suku bangsa maupun umat beragama. Jika tantangan tersebut dapat dilalui maka tidak menutup kemungkinan Indonesia akan menjadi negara maju yang damai dan penuh tolenranasi.

Keragaman masyarakat indonesia memang dipengaruhi oleh beberapa faktor utama. Mulai dari faktor internal suatu suku hingga faktor eksternal seperti teritorial. Dalam artikel inilah kita akan mengupas tuntas faktor penyebab perbedaan masyarakat di negara kita. Berikut adalah faktor yang menyebabkan keberagaman masyarakat di Indonesia.

Indonesia Adalah Negara Kepulauan

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau terpisah. Dengan keadaan ini tentunya akan menimbulkan kesenjangan komunikasi antar penduduk antar pulau. Setiap penduduk antar daerah pun akan menganut kebudayaan, agama, dan bahasa yang berada di pulau tersebut. Hal inilah yang menjadi latar belakang penyebab keberagaman masyarakat di indonesia.

Baca juga : 34 Nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya

Kalian bisa menjumpai perbedaan tersebut dalam berbagai aspek mulai dari hal kecil sekalipun. Misalnya jenis makanan pokok di jawa adalah nasi sedangkan di papua adalah papeda yang notabenya terbuat dari sagu. Pakaian adat sebagai bentuk budaya pun juga memiliki perbedaan signifikan pada setiap daerah.

Jika ditinjau dari peta sejarah indonesia merupakan negara yang terbentuk dari pecahan benua australia dan asia. Sehingga kita memiliki keberagaman dari dua benua tersebut. Hal ini bisa dibuktikan dengan persebaran flora dan fauna yang sangat mencolok. Kita bisa menemukan beberapa satwa endemik benua australia di indonesia bagian timur. Begitu juga dengan bagian barat yang endemik dengan persebaran flora fauna asia.

Tidak hanya flora fauna saja yang terpengaruh dampaknya saja melainkan masyarakat di dalamnya pun juga demikian. Kita memiliki berbagai suku dengan adat, bahasa, dan latar belakang yang berbeda. Setiap pulau memiliki keragaman budaya dan penduduk yang berbeda pula. Ini bisa menjadi bukti faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia yang otentik.

Letak yang Strategis

Indonesia menjadi negara yang strategis karena terletak di antara dua samudera yakni samudera pasifik dan hindia. Selain itu, negara kita juga diapit oleh dua benua yakni asia dan australia. Letak geografis yang strategis itu akhirnya membuat Indonesia dilintasi oleh jalur perdagangan internasional.

Hal ini memiliki pengaruh signifikan terhadap kebudayaan dan keragaman masarayakat di berbagai aspek. Karena perdangan tak serta merta memberikan komoditas saja melainkan juga menyebarkan pengaruh agama serta kebudayaan dari luar.

Di lain sisi, menetapnya imigran yang berbeda ras, agama, budaya, dan bangsa juga menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya keberagaman masyarakat indonesia. Dalam beberapa kasus, percampuran kebudayaan dari dalam dan luar akhirnya menyebabkan asimilasi dan timbulah kebudayaan baru.

Secara garis besar, letak geografi yang strategis sedikit banyak memang memberikan dampak terhadap keragaman penduduk di dalamnya. Guru pun berkali-kali menyampaikan materi tersebut sebagai bekal untuk siswa menjawab pertanyaan saat ujian.

Perbedaan Keadaan Alam

Tanpa kita sadari ternyata keadaan alam yang berbeda juga menjadi penyebab begitu majemuknya bangsa kita. Namun beberapa siswa tak menyadarinya karena tak mampu merelasikan hubungan antara keadaan alam dengan keragaman. Padahal faktor keberagaman satu ini juga dicetuskan pula dalam buku pedoman siswa.

Kondisi atau keadaan alam tiap daerah dan pulau di Indonesia berbeda-beda. Seperti masyarakat pesisir pantai, dataran tinggi, pegunungan, dan lembah akan memiliki perbedaan dalam kehidupan mereka. Hal ini disebabkan karena penduduk akan menyesuaikan kondisi alam yang terjadi disekitar mereka. Perbedaan ini mencakup berbagai aspek mulai dari ekonomi, mata pencaharian, budaya, dan lain sebagainya.

Contoh nyatanya bisa kalian perhatikan dari beragai aspek seperti cara hidupnya. Di daerah pesisir biasanya warga lebih banyak menggantungkan ekonomi dari sektor perikanan. Lain halnya dengan orang yang tinggal di pegunungan yang memenuhi kebutuhannya dari sektor sayur mayur.

Namun dalam pemenuhan kebutuhan justru hal semacam ini bisa melengkapi satu sama lain. Bisa dibilang faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia karena faktor alam sangatlah menguntungkan. Oleh karenanya kita harus menjalin kerjasama antar daerah guna meningkatkan taraf hidup bersama. 

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasaranan yang dimaksud disini adalah transportasi yang ada disetiap pulau. Transportasi merupakan suatu hal yang penting karena dapat menunjang komunikasi antar daerah dan antar pulau.

Umumnya transportasi setiap daerah akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Transportasi sendiri dapat menggambarkan tingkat kemajuan suatu daerah. Faktor inilah yang nantinya dapat menjadi penyebab keberagaman masyarakat di indonesia.

Bisa dibilang tingkat kemajuan suatu daerah dapat ditinjau dari sarana dan prasarana yang ada. Semakin lengkap fasilitas yang ada maka bisa dipastikan semakin maju pula daerah tersebut. Hal ini pun juga berlaku sebaliknya untuk tingkat fasilitas rendah. Di indonesia sering sekali hal semacam ini menimbulkan perbedaan pola pikir antar daerah. Hingga akhirnya menjadi penyebab keberagaman masyarakat indonesia.

Perubahan dan Kemajuan

Perubahan kemampuan mengikuti perkembangan jaman merupakan parameter suatu negara dapat dikatakan maju atau berkembang. Umumnya tingkat perubahan dan kemajuan di setiap daerah akan berbeda-beda tergantung pada masyarakat di setiap daerah tersebut apakah dapat menerima perubahan yang baru tersebut atau tidak. Sikap dan tanggapan inilah yang dapat menjadi faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

Baca juga : Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampak Globalisasi

Di lain sisi, kita pun bisa melihat begitu jelasnya kesenjangan sosial yang terjadi antar daerah. Contohnya infrastruktur serta pembangunan di pulau jawa dan bali lebih maju karena menjadi pusat pemerintahan.

Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan kemajuan infrastruktur di kalimantan atau papua yang berjalan lebih lamban. Disinilah harusnya pemerintah berperan aktif menyelesaikan kesenjangan perubahan dengan cara meratakan pembangunan negeri.

Perbedaan masyarakat merupakan hal yang lumrah di suatu negara. Tidak hanya di indonesia melainkan negara lain seperti amerika, jerman, dan brazil pun juga mengalaminya. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia bukanlah suatu hal untuk ditakuti namun ini merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi.

Pada dasarnya perbedaan atau keragaman inilah yang dapat menjadi senjata kita untuk melawan gempuran ancaman dari luar. Dengan catatan masyarakat itu sendiri dapat hidup rukun saling menghormati dan bertoleransi.

Next Post Previous Post