20 Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia – Kasus pelanggaran HAM kerap kali terjadi baik di lingkup masyarakat, Negara, hingga Internasional. Pelanggaran HAM yang terjadi umumnya terbagi kedalam dua kategori yakni pelanggaran HAM ringan dan pelanggaran HAM berat.

Dalam kehidupan sehari-hari contoh kasus dalam pelanggaran HAM tidak hanya terjadi di Indonesia saja namun juga terjadi dalam skala Internasional. Pelanggaran HAM sendiri memiliki arti sebagai penyelewengan atau pelanggaran terhadap kewajiban asasi yang dimiliki oleh seorang individu.

Dalam penggolongannya kasus pelanggaran HAM di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yakni pelanggaran HAM ringan seperti melanggar kebebasan berpendapat, melakukan pemaksaan kehendak dan melarang melakukan aktivitas.

Sedangkan kasus pelanggaran HAM berat seperti melanggar kebebasan untuk hidup (membunuh), memenjarakan orang tanpa sebab, dan melecehkan martabat seseorang. Itu merupakan sedikit contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang bersifat kecil terjadi di masyarakat.

Untuk membela hak asasi manusia pemerintah mendirikan badan lembaga khusus penegakan HAM yang bernama komnas HAM. Tugas dari lembaga ini sudah pasti untuk membela dan memperjuangkan hak asasi masing-masing individu. Namun pada kenyataanya penegakan HAM di Indonesia masih sangat lemah. Hal ini dibuktikan dengan berbagai contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia di bawah ini.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia

Hak Asasi Manusia atau yang biasa disingkat HAM merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh setiap orang sejak ia dilahirkan ke dunia. Jenis hak ini diberikan oleh Tuhan kepada masing masing orang. Bahkan HAM sendiri juga telah ditetapkan menurut UUD dan Pancasila. Meskipun HAM telah memiliki dasar hukum, namun masih adapula beberapa pelanggaran yang berkaitan dengan HAM.

Contoh contoh pelanggaran HAM di Indonesia dapat kita jumpai dalam beberapa kasus di tahun tahun terakhir ini. Kasus pelanggaran yang terjadi di Indonesia tersebut melanggar hak asasi manusia sehingga termasuk dalam pelanggaran HAM. Di bawah ini terdapat beberapa contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yaitu sebagai berikut:

Kasus Pembunuhan (Munir)

Munir Said Thalib bukanlah sembarangan orang. Ia adalah seorang aktivis pembela HAM di Indonesia yang pernah mengalami kasus pelanggaran Ham hingga merenggut nyawanya. Munir yang lahir pada tanggal 8 Desember 1965 di kota Malang ini pernah menangani kasus pelanggaran ham berat maupun ringan seperti kasus timor timur, kasus pembunuhan Marsinah dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian dan Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Sebagai seorang aktivis Ham, Munir meninggal pada 07 September 2004 silam. Ia meninggal di dalam pesawat yang tengah ditumpanginya menuju kota Amsterdam, Belanda. Isu simpang siur dan spekulasi kala itu mulai bermunculan tentang apa penyebab kematian Munir yang sebenarnya. Ada yang berpendapat bahwa Munir meninggal karena dibunuh, diberi racun, serangan jantung dan sebagainya.

contoh kasus pelanggaran HAM

Namun sebagaian orang mempercayai bahwa Munir meninggal disebabkan oleh racun arsenikum yang diberikan pada makanan di dala pesawat. Pada tahun 2005 P.Budihari Priyanto seorang pilot garuda masa itu dijatuhi hukuman selama 14 tahun penjara karena telah terbukti menjadi tersangka atas kasus pelanggaran Ham yakni pembunuhan munir. Ia dengan sengaja telah menaruh racun didalam makanan munir.

Yang lebih mengherankan lagi ternyata sampai saat ini di tahun 2017 terdapat berita yang beredar bahwa dokumen kasus kematian munir telah hilang dari dokumen pemerintahan. Hal ini menimbulkan spekulasi dan kontroversi baru tentang motif pembunuhan munir.

Pembunuhan Marsinah

Marsinah merupakan seorang aktivis buruh yang kala itu bekerja di PT.Catur Putra Surya terletak di daerah Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Permasalahan muncul ketika Marsinah beserta rekan-rekannya sesama buruh pabrik tersebut menggelar sebuah unjuk rasa. Untuk menunjang dan mensejahterakan buruh mereka menuntuk kenaikan upah pada tanggal 4 Mei 1993.

Masalah mulai memuncak ketika Marsinah yang kala itu menjadi aktivis untuk rasa menghilang tidak diketahui keberadaannya hingga pada tanggal 08 Mei 1993 Marsinah diketemukan dengan keadaan sudah tidak bernyawa lagi disebuah hutan di kecamatan willangan, kota nganjuk, jawa timur.

Tim otopsi menyatakan bahwa Marsinah meninggal karena mendapatkan penganiayaan berat dan ditemukan dengan bekas luka siksaan di sekujur tubuhnya. Kasus pembunuhan Marsinah merupakan contoh kasus pelanggaran Ham berat di Indonesia.

Penculikan Aktivis Demokrasi

Salah satu contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia yang dikategorikan sebagai kasus pelanggaran Ham berat yang selanjutnya adalah kasus penculikan aktivis pro demokrasi pada tahun 1997/1998. Pada tahun ini setidaknya 23 orang aktivis pro demokrasi telah diculik. Peristiwa ini tidak hanya dikenal sebagai kasus penculikan namun juga kasus penghapusan demokrasi.

Peristiwa ini terjadi pada saat menjelang pelaksanaan pemilu tahun 1997 dan Sidang Umum MPR RI 1998 silam. Sekitar 9 orang aktivis telah dibebaskan, satu orang diketahui meninggal dunia dan 13 lainnya belum diketahui keberadaannya hingga sekarang ini. Banyak yang berpendapat bahwa para aktivis demokrasi ini tidak hanya mengalami penculikan semata, namun juga mendapatkan penyiksaan dari anggota militer atau TNI.

Penembakan Mahasiswa Trisakti

Contoh kasus pelanggaran ham di Indonesia selanjutnya yakni penembakan mahasiswa Trisakti. Kasus pelanggaran yang satu ini merupakan bentuk kasus pelanggaran Ham kepada mahasiswa yang dilakukan oleh anggota polisi dan militer. Khususnya pada Mahasiswa Trisakti yang kala itu sedang melakukan demonstrasi.

Peristiwa yang juga dikenal dengan tragedi Trisakti ini bermula ketika para mahasiswa Universitas Trisakti melakukan unjuk rasa demonstrasi menuntut presiden Soeharto yang kala itu memimpin untuk segera lengser dari jabatannya. Pada masa itu memang sedang terjadi krisi finansial yang melanda Indonesia.

Menurut kabar yang beredar, setidaknya puluhan mahasiswa terluka karena penembakan, dan sebagian mahasiswa lain meninggal dunia. Mahasiswa yang meninggal ini kebanyakan mendapatkan tembakan peluru tajam dari anggota militer dan polisi. Peristiwa ini merupakan kasus pelanggaran Ham di Indonesia yang tidak akan pernah dilupakan dalam sejarah pendidikan.

Pembantaian Dili

Contoh kasus pelanggaran Ham di Indonesia berikutnya yakni pembantaian yang dilakukan anggota TNI atau militer dengan cara menembaki warga sipil pada tanggal 12 november 1991 di sebuah pemakaman yang bernama Santa Cruz di Dili, Timor timur. Peristiwa penembakan ini dialami oleh warga sipil yang tengah menghadiri pemakaman kala itu, Kebanyakan mereka mengalami luka-luka namun ada juga yang meninggal karena tembakan dari anggota militer.

Banyak yang menilai dan berpendapat bahwa peristiwa penembakan ini murni disebabkan oleh TNI atau anggota militer Indonesia yang merupakan bentuk penentangan timor timur yang menyatakan ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan membentuk Negara sendiri.

Peristiwa Tanjung Priok

Kasus yang terjadi pada tanggal 12 September 1984 ini merupakan kasus pelanggaran Ham di Indonesia tepatnya di tanjung priok. Peristiwa ini bermula ketika warga tanjung priok, jakarta utara tengah melakukan unjuk rasa sebagai bentuk demonstrasi yang juga disertai dengan kerusuhan. Peristiwa ini akhirnya berujung pada bentrokan antara warga dan anggota TNI dan polisi.

Banyak warga yang mengalami luka-luka bahkan meninggal karena insiden ini. Peristiwa yang dilatarbelakangi berakhirnya masa orde lama dan menuju masa orde baru ini menghasilkan keputusan yakni sebagian orang yang terlibat kerusuhan diadili dengan dakwaan telah melakukan tindakan provokatif dan subversif. Sama halnya dengan wargam pihak militer dan kepolisian juga diadili dengan tuduhan telah melanggar Ham yang berlaku.

Pembantaiaan Rawagede

Pembantaian yang terjadi di Rawagede merupakan kasus pelanggaran Ham di Indonesia berupa penembakan yang disertai pembunuhan terhadap para penduduk kampung Rawagede, jawa barat yang dilakukan tentara Belanda tanggal 9 Desember 1947 silam. Peristiwa ini merupakan bentuk dari Agresi Militer Belanda I ke Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Pada masa itu puluhan warga dibunuh dengan alasan yang tidak jelas. Pengadilan di Den Haag memutuskan bahwa pemerintah belanda sepenuhnya bersalah dalam peristiwa ini dan pihak belanda harus bertanggung jawab dan mengganti segala kerugian kepada keluarga korban pembantaian rawagede.

Peristiwa Demonstrasi 27 Juli

Pada tanggal 27 julli 1996 pernah terjadi contoh kasus pelanggaran Ham di Indonesia yang bertempat di jakarta, Yakni ketika massa pendukung megawati soekarno putri mengambil alih secara paksa kantor DPP PDIP di Jakarta pusat. Pada masa itu bentrok antara aparat TNI dan Polri dengan massa pendukung megawati tidak dapat dihindari. Aparat yang datang dengan kendaraan taktis terus dilempari batu oleh massa. Bentrokan yang terjadi akhirnya meluas hingga ke jalanan.

Massa yang kala itu terbakar emosinya ulai bertindak anarkis, merusak bangunan dan sarana umum. Dalam pperistiwa ini setidaknya lima orang tewas dan korban luka baik dari massa dan aparat diperkirakan mencapai angka ratusan. Menurut komnas ham peristiwa ini termasuk dalam contoh pelanggaran Ham.

Pembantaian Massal PKI (1965)

Peristiwa pembantaian ini menimpa sisa sisa anggota PKI pada tahun 1964. Pembunuhan dilakukan kepada mereka yang dituduh sebagai anggota partai komunis di Indonesia atau PKI. PKI pad masa itu merupakan salah satu partai komunis terbesar di seluruh dunia dengan anggota yang mencapai angka jutaan. Pihak militer dan TNI yang melakukan operasi dan penangkapan anggota komunis tersebut akhirnya melakukan penyiksaan dan membunuh mereka satu persatu.

Pada dasarnya PKI memang ditolak sekaligus dilarang di Indonesia namun anggota PKI tersebut tetaplah manusia yang memiliki hak untuk hidup. Atas peristiwa ini setidaknya satu juta lebih anggota komunis dibunuh dan lainnya tidak diketahui nasibnya. Soeharto yang kala itu menjabat sebagai presiden dinilai telah menjadi dalang atas peristiwa pebantaian ini.

Kasus Dukun Santet di Banyuwangi

Contoh kasus pelanggaran Ham di Indonesia ini terjadi pada sekitar tahun 1998 di daerah banyuwangi. Pada kala itu sedang terkenal kasus praktek dukun santet di banyuwangi. Karena dianggap meresahkan warga akhirnya warga mulai melakukan tindakan kerusuhan dengan menangkap dan membunuh orang yang diangganya sebagai dukun santet. Sejumlah warga telah menjadi korban atas peristiwa ini. Pembunuhan dilakukan dengan berbagai cara yakni, dipenggal, digantung, di bacok dengan senjata tajam hingga dibakar hidup hidup.

Polri, TNI, beserta abri tentunya tidak tinggal diam. Dengan sigap mereka dapat menyelamatkan orang-orang yang telah dituduh sebagai dukun santent dari amukan warga. Sangat jelas sekali bahwa pperistiwa ini termasuk dalam contoh kasus pelanggaran ham di indonesia yang patut ditindak lanjuti. Sebagai warga negara kita harus taat terhadap aturan hukum yang berlaku dan tidak melakukan tindakan main hakim sendiri.

Kasus Bulukumba

Kasus pelanggaran Ham ini terjadi pada sekitar tahun 2003 silam. Peristiwa yang dilatarbelakangi perluasan perkebunan oleh PT.London Sumatera ini tidak disetujui oleh warga desa sekitar. Ahirnya terjadi penembakan yang dilakukan oleh polisi pada warga bulukumba, Anggota kepolisian bulukumba dilaporkan telah menembak warga bonto biraeng kecamatan kajang pada bagian punggung hingga meninggal.

Peristiwa Abepura, Papua

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh kasus penyeragan yang terjadi di Mapolsek Abupura pada tahun 2003 silam. Polisi menyisir kawasan Abupera secara membabi buta guna menangkap pelaku penyerangan. Komnas HAM menilai bahwa tindakan polisi ini telah melanggar Ham yang berlaku.

Kerusuhan Timor Timur

Contoh kasus pelanggaran Ham di Indonesia ini terjadi pada tahun 1999 yang dilatarbelakangi Agrisi Militer. Akibat peristiwa ini puluhan warga sipil tewas dan banyak yang mengalami luka-luka.

Baca juga : Pengertian Negara Hukum, Ciri Ciri dan Unsur Negara Hukum

Kasus Timor Timur (Referendum)

Kasus pelanggaran Ham ini telah memakan setidaknya ratusan korban jiwa pada tahun 1974 hingga tahun 1999. Peristiwa ini diulai ketika terjadi Agresi Militer yang dilakukan oleh TNI terhadap pemerintah fretelin yang kala itu sah di daerah sekitar timor timur. Semenjak pengesahan tersebut, Timor timur sering menjadi daerah operasi dan rawan terjadi tindak kekerasan.

Kasus di Papua

Kasus pada tahun 1966 ini telah menelan ribuan korban jiwa dalam operasi intensif yang diseenggarakan oleh anggota militer TNI. Peristiwa ini adalah bentuk pertahanan aparat terhadap gerakan organisasi papua merdeka yang kala itu tengah meresahkan.

Kasus di Aceh (pra DOM)

Kasus ini bermula ketika Hassan D. Tito mendeklarasikan Gerakan Aceh Merdeka secara terang-terangan pada tahun 1976. Akibatnya TNI turun tangan dan terjadilah kerusuhan. Setidaknya ribuan nyawa telah melayang dalam peristiwa ini. Sejak saat itu aceh selalu mejadi taeget operasi militer dan rawan sekali terjadi tindak kekerasan.

Penembakan Misterius

Peristiwa ini terjadi antara tahun 1982 sampai 1985. Petrus merupakan sebuah peristiwa penculikan, penganiayaan dan pembunuhan dengan target para preman yang kerap meresahkan warga.

Pelaku dari peristiwa ini tidak diketahui hingga sekarang, Namun banyak yang berpendapat bahwa pelaku tersebut adalah aparat yang bergerak secara diam-diam. Kasus ini merupakan contoh kasus pelanggaran ham berat karena dengan sengaja telah menghilangkan hak asasi seseorang untuk hidup.

Kasus TKI di Luar Negeri

Kasus penganiayaan TKI turut melengkapi contoh kasus pelanggaran Ham yang terjadi dalam lingkup Internasional. TKI adalah tenaga kerja asal indonesia yang bekerja di negara lain. Umumnya TKI yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga banyak yang mendapatkan penganiayaan, pemukulan, hingga pembunuhan.

Itulah contoh kasus pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Indonesia baik berat maupun ringan yang dapat anda pelajari. Sebagai seorang warga Negara kita harus selalu mentaati hukum dan peraturan yang berlaku. Mengedepankan kewajiban sebelum meminta hak asasi kita.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …