Tujuan Administrasi Beserta Fungsi dan Unsur Unsur Administrasi

Tujuan Administrasi Beserta Fungsi dan Unsur-Unsurnya - Administrasi bisa didefinisikan sebagai sebuah kegiatan dan usaha dalam menggapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan pengelolaan kebijaksanaan.

Dalam arti sempit, administrasi adalah kegiatan yang memuat surat menyurat, pembukuan ringan, agenda, catat mencatat, ketik mengetik, surat menyurat dan sebagainya yang sifatnya teknis ketatausahaan.

Sedangkan definisi administrasi dalam arti yang lebih luas adalah semua proses kerjasama dalam menggapai tujuan diantara dua orang atau lebih dengan menggunakan fasilitas infrastruktur tertentu secara berhasil guna maupun berdaya guna.

Kita sering mendengar istilah administrasi ini dalam sebuah perusahaan atau kantor. Untuk itu bagian administrasi harus dimiliki oleh setiap perusahaan ataupun kantor. Semua itu juga berkaitan dengan tujuan administrasi, fungsi administrasi dan unsur-unsur administrasinya.

Pada umumnya administrasi berguna sebagai pemegang peranan dalam menggapai sebuah usaha kegiatan yang sangat penting agar berjalan lancar atupun pelaksanaan kegiatan dalam organisasi atau perusahaan.

tujuan administrasi

Administrasi dapat dinyatakan sebagai sebuah urat nadi dari sebuah perusahaan karena keterangan dan fakta yang diperlihatkan membutuhkan keterangan/data dan perencanaan secara rinci seperti suatu laporan, akurat dan formulir tugas administrasi itu sendiri.

Tujuan Administrasi Beserta Fungsi dan Unsur-unsurnya

Administrasi sering kita jumpai dalam sebuah perusahaan atau kantor. Hal ini tentu tidak dapat dilepaskan dari adanya fungsi administrasi dan unsur-unsur administrasi di dalamnya. Bahkan di kantor atau perusahaan tersebut memiliki bagian administrasi khusus yang sangat penting perannya.

Secara umum definisi dari administrasi adalah kegiatan dan usaha dalam menggapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan pengelolaan kebijaksanaan. Selain definisi secara umum, para ahli juga telah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi dari administrasi. Berikut beberapa pengertian dari administrasi yang dikemukakan oleh para ahli.

Baca juga : Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Pengertian Administrasi

Ada banyak pakar atau ahli yang mendeskripsikan administrasi sebagai sebuah proses yang berhubungan dengan pembukuan. Hal ini sejalan dengan definisi administrasi dalam kamus besar bahasa Indonesia. Berikut beberapa pakar yang telah memberikan teori terkait administrasi. diantaranya adalah :

Ulbert

Menurut Ulbert, administrasi adalah catatan dan susunan informasi/data yang berasal dari luar maupun dalam secara berurutan sehingga pemerolehan kembali dapat dimudahkan serta keterangan dapat disediakan tujuannya, baik secara menyeluruh ataupun sebagain. Dalam arti sempit, administrasi didefinisikan sebagai Tata Usaha.

WH Evans

Menurut WH Evans, administrasi adalah sebuah hal yang berkaitan dengan pengarahan dan manajemen mengenai pengolahan materi ingatan, keterangan dan komunikasi organisasi di semua bagian operasi dalam perusahaan.

Arthur Grager

Menurut Arthur Grager, administrasi adalah fungsi tata penyediaan untuk pelayanan surat dan komunikasi dalam sebuah organisasi.

Edwin Robinson dan William Leffingwell

Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell, administrasi adalah cabang ilmu manajemen yang perlu dilakukan secara efisien, dimana dan kapan, namun berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan di perkantoran tersebut.

George Terry

Menurut George Terry, administrasi adalah pengorganisasian, perencanaan dan pengendalian pekerjaan perkantoran serta melakukan gerakan yang menstabilkan dalam penggapaian tujuannya.

Tujuan Administrasi

Setelah membahas mengenai pengertian administrasi, selanjutnya akan kita bahas mengenai tujuan dari administrasi. Berikut beberapa tujuan dari administrasi.

  • Agar aktivitas administrasi dalam perusahaan dapat dipantau oleh seorang usaha.
  • Agar kegiatan pengorganisasian dalam perusahaan dapat dinilai oleh seorang pelaksana usaha.
  • Agar program peningkatan kegiatan dan usaha pengorganisasian dapat disusun oleh seorang pelaksana usaha.
  • Agar kegiatan organisasi dan usaha dalam perusahaan dapat diamankan oleh seorang pelaksana usaha.

Fungsi Administrasi

Di atas kita telah membahas mengenai pengertian administrasi dan tujuan administrasi, selanjutnya akan kita bahas mengenai fungsi administrasi. Berikut beberapa fungsi administrasi :

Planning atau Perencanaan

Fungsi yang pertama yaitu planning atau perencanaan. Perencanaan adalah sebuah perencana yang disusun untuk kegiatan administrasi. Contohnya penyusunan perencanaan, pengumpulan data dan pengolahan data.

Organizing atau Pengorganisasian

Organizing adalah sebuah aktivitas dalam menggapai target tujuan dalam kesatuan usaha melalui pembangunan dan penyusunan komunikasi kerja diantara anggota anggotanya.

Coordinating

Coordinaing adalah pelaksanaan sejumlah aktivitas yang berupa sebagian fungsi manajemen sehingga terjadinya kekosongan, kekacauan dan bentrok dalam aktivitas dapat dijauhi dan berjalan dengan baik melalui hubungan, penyesuaian dan penyatuan yang dilakukan dalam pekerjaan bawahan. Dengan begitu, sebuah usaha dapat direncanakan dengan kerjasama yang baik sehingga tujuan organisasinya dapat dicapai.

Reporting

Reporting adalah manajemen tentang hasil atau perkembangan yang disampaikan dari pelaksanaan kegiatan melalui fungsi dan tugas dalam sebuah laporan yang diberikan kepada para pejabat tinggi, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Dengan begitu, laporan yang diterima dapat menjelaskan gambaran tugas orang untuk melakukan pemberian laporan.

Budgeting

Budgeting adalah sebuah aktivitas dalam merencanakan dan mengelola anggaran atau keuangan yang berkepanjangan.

Unsur-Unsur Administrasi

Administrasi memiliki beberapa unsur di dalamnya, diantaranya adalah :

Baca juga : Pengertian Akuntansi Manajemen Berserta Fungsi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Unsur Administrasi Menurut The Liang Gie

Administrasi menurut The Liang Gie memiliki beberapa unsur seperti di bawah ini :

  • Unsur statis yang berupa manajemen, informasi, finansial, relasi publik, organisasi, material, komunikasi, dan personalia.
  • Unsur dinamis yang berupa tata pimpinan, tata keterangan, tata keuangan, tata humas, tata keragaman, tata perbekalan, tata hubungan, dan tata kepegawaian.

Unsur Administrasi Secara Umum

Secara umum, administrasi memiliki beberapa unsur seperti berikut ini :

  • Manajemen
  • Kepegawaian
  • Perbekalan
  • Hubungan Masyarakat
  • Organisasi
  • Ketatausahaan
  • Komunikasi
  • Keuangan

Demikianlah penjelasan pada artikel kali ini mengenai tujuan administrasi beserta fungsi dan unsur-unsur administrasi. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post