TrackBall : Pengertian, Fungsi dan cara Kerja TrackBall

Pengertian, Fungsi dan cara Kerja TrackBall – TrackBall adalah suatu perangkat keras (hardware) yang memiliki fungsi sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis.

Yang menjadi perbedaanya adalah jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.

Trackball berasal dari bahas inggris yang memiliki arti peranti petunjuk berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Umumnya bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern seperti saat ini

Perlu kalian ketahui, bahwa yang mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

Fungsi Trackball

Trackball memiliki fungsi utama sebagai pointing device, yakni untuk menggerakan pointer pada layar monitor baik itu personal computer (PC) maupun laptop. Namun selain fungsi tersebut, jika kita cermati lebih lanjut ternyata Trackball ini mempunyai banyak kegunaan yang sering tidak kita sadari, berikut ini adalah beberapa fungsi Trackball jika kita lihat secara detail :

1. Untuk mengeksekusi suatu program

Trackball memiliki peranan penting dalam hal ini. Kita akan sangat sering menggunakan Trackball untuk membuka file atau menjalankan program. Pada umumnya suatu file ataupun program dapat dibuka dan dijalankan dengan cara melakukan double click.

2. Untuk memilih objek

Memilih merupakan aktivitas yang tidak bisa kita hindari dalam dunia komputer. Mulai dari memilih file, folder, bahkan kata-kata dalam program penulisan seperti Microsoft Word. Dengan menggunakan Trackball kita dapat melakukan pilihan sesuai keinginan.

3. Melakukan drag dan drop

Dengan menggunakan Trackball kita seringkali melakukan proses drag and drop pada item-item di dalam komputer kita, mulai dari operasi move, cut, sampai copy. Dengan didukungnya kemampuan ini melalui Trackball , memudahkan kita dalam melakukan operasi-operasi sederhana tersebut.

4. Mendapatkan informasi melalui hover Trackball

Hover adalah keadaan dimana pointer kita berada pada menu, file, atau folder tertentu. Ketika pointer ada dalam kondisi hover, maka kita akan melihat sebuah informasi ditampilkan. Informasi inilah yang disebut sebagai tooltips.

Fungsi ini sangat berguna bagi kita untuk segera mengetahui apakah fungsi dari item yang akan kita click. Mungkin kalian kurang perhatian dengan fitur yang satu ini. Jadi ketika kalian mengoperasikan komputer atau laptop kalian , cobalah untuk melakukan eksplorasi mengenai fitur hover ini.

Cara Kerja TrackBall

Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor.

Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball.

Demikianlah Pengertian TrackBall Fungsi dan cara Kerjanya, semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.komputerdia.com/

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …